J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Hal Terlarang Internet yang Biasa Kamu Lakukan Sehari-hari

10 Hal Terlarang Internet yang Biasa Kamu Lakukan Sehari-hari

Jumat, 3 Nov 2017, 14:30 WIB
Internet sudah jadi bagian hidup dalam melakukan aktivitas. Tapi secara nggak sadar, ada loh 10 hal terlarang internet yang biasa kamu lakukan sehari-hari

Internet sudah menjadi bagian nggak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kebanyakan orang di masa kini. Banyak bidang yang mulai memanfaatkan kecanggihan dan kecepatan internet, mulai dari pendidikan, transportasi, dan masih banyak lagi.

Di balik kecanggihannya, kamu pasti pernah atau sering melakukan hal-hal yang sebenarnya nggak diperbolehkan di internet. Dilansir dari Bright Side, berikut Jaka kasih tahu 10 hal terlarang internet yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Awas keciduk!

BACA JUGA
  • 8 Tempat Terlarang untuk Pake Smartphone
  • 6 Hero Terlarang di Mobile Legends, Jangan Asal Pake!
  • 6 Hal Terlarang yang Jangan Dilakukan Pada Smartphone Android

10 Hal Terlarang Internet yang Biasa Kamu Lakukan Sehari-hari

1. Download File di Torrent

Torrent Hal Terlarang Internet

Torrent bisa dikatakan menjadi layanan download segala jenis file paling besar di dunia. Dengan komunitas yang cukup besar, kamu dapat dengan mudah dan cepat men-download film, lagu bahkan game favorit kamu di sana.

Tapi kamu tahu nggak kalau download di Torrent itu ilegal? Jelas, karena yang kamu download merupakan file-file bajakan yang diedarkan secara nggak resmi loh. Kebayangkan di saat yang lain beli original kamu bisa menikmatinya secara gratisan.

U Torrent
uTorrent for Android
Apps Downloader & Plugin BitTorrent
DOWNLOAD

2. Membobol dan Menggunakan Wi-Fi Publik

Hack Wifi Hal Terlarang Internet

Saat berada di tempat umum biasanya hal yang kamu cari pertama adalah Wi-Fi bukan? Tetap terhubung ke internet apalagi gratis siapa sih yang nggak mau. Tapi beberapa orang malah mencoba membobol jaringan Wi-Fi.

Asal kamu tahu hal terlarang ini tentu melanggar ketentuan publik. Di mana orang lain membayar mahal untuk mendapatkan akses internet, sementara kamu tinggal menikmatinya secara gratis. Jangan diulangi lagi ya guys.

3. Berbohong di Situs E-Commerce

Ecommerce Hal Terlarang Internet

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan kebanyakan orang saat ini adalah berbelanja online. Dengan pilihan beragam barang yang bisa kamu cari lewat smartphone, kamu bisa berbelanja kapanpun dan dimanapun.

Tapi banyak orang juga loh berbohong dengan nggak mencantumkan ketentuan yang wajib dipatuhi. Misalnya saja membayar pajak dari barang pembelian kamu. Wah bisa merugikan negara kalau begini caranya.

4. Memakai Nama Palsu di Sosial Media

Nama Palsu Hal Terlarang Internet

Pernahkah kalian merasakan masa-masa alay? Memakai nama-nama yang aneh dan nggak sesuai dengan nama asli pasti pernah kalian lakukan kan? Mulai dari zaman Friendster, Facebook, hingga Twitter pasti kamu pernah merasakannya.

Banyak orang yang membuat nama palsu di sosial media dan sebenarnya ini adalah sebuah tindakan yang ilegal. Bahkan bagi para pelakunya bisa dituntut secara hukum dan masuk penjara loh.

5. Streaming TV Online

Streaming Tv Hal Terlarang Internet

Di era internet ada beberapa benda yang fungsinya teralihkan berkat adanya perangkat smartphone, salah satunya televisi. Sekarang kamu pun bisa dengan mudah menikmati tayangan TV dengan melakukan streaming online.

Padahal melakukan streaming online merupakan salah satu hal terlarang internet yang kamu lakukan sehari-hari. Tapi buat kamu yang mau streaming selalu gunakan layanan yang disediakan secara resmi ya.

6. Menggunakan Konten Copyright

Copyright Hal Terlarang Internet

Banyak konten yang dapat kamu gunakan di sosial media, mulai dari foto, gambar, musik dan cuplikan video. Namun beberapa sosial media memiliki aturan yang cukup ketat berkaitan dengan copyright, misalnya Instagram dan YouTube.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan berbagai konten itu untuk kebutuhan kamu. Banyak kok penyedia konten free copyright di internet. Kalau butuh gambar tinggal cari di Pexels atau Unsplash, jika butuh musik tinggal cari konten gratis di Soundcloud. Gampang kan?

7. Bermain Smartphone Saat Mengemudi

Smartphone Mengemudi Hal Terlarang Internet

Di era modern seperti saat ini smartphone memang menjadi kebutuhan dan bahkan nggak bisa lepas dari genggaman. Tapi sebaiknya kamu harus tahu juga menggunakan smartphone saat mengemudikan kendaraan sangat dilarang di berbagai negara.

Termasuk di Indonesia, bermain smartphone bisa menyebabkan kamu ditilang oleh pihak yang berwajib guys. Selain menganggu konsentrasi berkendara, melakukan hal terlarang ini berisiko besar mengakibatkan kecelakaan fatal.

8. Berbagi Password di Internet

Password Hal Terlarang Internet

Password adalah salah satu kunci keamanan yang seharusnya bersifat rahasia dan private yang seharusnya hanya pemilik yang mengetahuinya. Berbagi dengan orang di sekitar saja dilarang apalagi berbagi password di internet.

Kamu pun harus berhati-hati saat berselancar di dunia maya. Banyak layanan subscriptions yang berupa phising yang bisa menjebak kamu dengan memasukkan alamat email beserta password. Hati-hati guys!

9. Bersosial Media di Bawah Umur

Batas Usia Anak Hal Terlarang Internet

Saat berada di bawah umur ada beberapa larangan, termasuk membuat akun dan bersosial media di internet. Umumnya, kebanyakan sosial media membatasi penggunanya harus berusia minimal 13 tahun saat pertama kali membuka akun.

Tapi untuk mengakalinya, banyak orang malah memalsukan umurnya di internet. Bukan lagi hal asing, hal terlarang internet ini bisa berujung pada konten-konten berbahaya loh seperti terorisme atau pornografi.

10. Memalsukan Gender

Gender Hal Terlarang Internet

Terakhir pasti kamu sering menemukan orang yang memalsukan gender di internet. Baik itu di sosial media ataupun saat bermain game online. Beberapa orang pun menyebut para pelaku dengan sebutan hode dan sebagainya.

Kalau untuk bersenang-senang sih belum menjadi masalah, tapi memalsukan gender bisa jadi hal terlarang di internet. Soalnya ada beberapa orang memanfaatkannya untuk pemalsuan dan mendapatkan uang loh.

Akhir Kata

Nah itu dia 10 hal terlarang internet yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Mulai dari sekarang kamu harus berhati-hati saat menggunakan dan berselancar di dunia maya. Punya tips aman di internet? Share pada kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Perbedaan Kecepatan Internet Banner

Internet Lambat? Cek Perbedaan Mbps dengan MBps!

2be9057324060395b60a79f6450387e4

5 Media Sosial Jaman Dulu yang Pernah Heboh di Internet

Cara Akses Situs Yang Diblok Dengan Google Banner

Cara Akses Internet yang Diblokir Menggunakan Google

Yang Terjadi Di Internet Setiap Menitnya Banner

16 Fakta yang Terjadi di Internet Setiap Menitnya

Banner Shutterstock Netcepat

Dijamin Ngebut! Cara Maksimalkan Internet Ala Network Engineer

APPS TERKAIT
Icon Idm 86581
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Internetspeedtest Icon
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
15 Foto Ini Buktikan Media Sosial Memang Penuh Kebohongan

15 Foto Ini Buktikan Media Sosial Memang Penuh Kebohongan

Sumber Kejahatan Tanpa Batas Dan 4 Dampak Buruk Internet Yang Paling Parah

Sumber Kejahatan Tanpa Batas Dan 4 Dampak Buruk Internet Yang Paling Parah

6 Hal Ajaib yang Bisa Dilakukan Smartphone Android Tanpa Internet

6 Hal Ajaib yang Bisa Dilakukan Smartphone Android Tanpa Internet

10 Fakta Menakjubkan di Internet yang Jarang Diketahui, Nomor 8 Mengerikan!

10 Fakta Menakjubkan di Internet yang Jarang Diketahui, Nomor 8 Mengerikan!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal