J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli SSD

Rabu, 12 Agt 2015, 09:00 WIB
SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Berhubung harga SSD cukup mahal, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli SSD.

Banyak yang sekarang ingin membeli SSD untuk dipasang di komputer dan laptop miliknya agar proses aktifitas lebih cepat dan juga meningkatkan performa komputer dan laptop. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Berhubung harga SSD cukup mahal, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli SSD. (Baca juga: Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Dalam Menyimpan Data Kamu?)

Hal Penting Sebelum Beli Ssd 3

5 Hal Penting Sebelum Beli SSD

1. Harga

SSD mahal karena memberikan performa yang lebih tinggi dibanding HDD biasa. Harga SSD juga bergantung pada performa yang diberikan, harga HDD sebesar 1TB bahkan lebih murah dari harga SSD 500GB.

Jika kamu hanya memiliki dana terbatas sebaiknya gunakan saja HDD seperti biasa, jangan memaksakan membeli SSD tetapi spesifikasi komputer kamu yang lain menurun. Jika kamu memang ingin membeli SSD sebaiknya dipastikan jangan membeli kapasitas yang terlalu kecil, minimal beli yang 250 GB.

2. Spesifikasi

Ketika kamu ingin membeli SSD, pastikan kamu mengerti spesifikasi dari SSD yang ingin kamu beli. SSD saat ini biasanya berukuran 2,5 inci yang menjadi standar untuk bisa digunakan di slot HDD laptop. Tetapi untuk dipasang di PC biasanya memerlukan ukuran 3,5 inci sehingga untuk menggunakannya bisa membeli SSD mount dari ukuran 2,5 inci ke 3,5 inci.

Hal Penting Sebelum Beli Ssd 1 1
Untuk yang ingin memasang SSD di laptop pastikan tebal dari SSD juga tidak terlalu tebal sehingga bisa dipasang di laptop, untuk ketebalan SSD antara 9.5 mm sampai 7 mm. SSD juga tidak berisik ketika digunakan berbeda seperti HDD.

3. Performa

Hal Penting Sebelum Beli Ssd 2
Seperti yang sudah disebutkan di atas performa dari SSD, kecepatan read dan write dari SSD juga bisa 10 kali lebih cepat dibanding HDD. Kecepatan read dari sebuah SSD bisa mencapai 557 MB/s dan kecepatan write dari sebuah SSD mencapai 507 MB/s

4. Kapasitas Storage

Yang menjadi sebuah pertimbangan dari HDD dan SSD adalah storage atau kapasitas penyimpanannya. HDD bisa menggunakan Disk Defrag untuk merapikan file yang berantakan, tetapi SSD tidak bisa. Ketika data dibuat di SSD, data yang ditulis disebut Chunks dan kumpulan data tersebut disebut Block. Kapasitas storage dari SSD berbanding lurus dengan harganya, semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal harganya.

5. Umur

Menurut penelitian, umur dari sebuah SSD berkisar antara 5 sampai 7 tahun tergantung dengan aktifitas yang dilakukan. Semakin sering melakukan proses write, maka semakin kecil umur dari SSD tersebut.

Jadi untuk yang ingin menggunakan SSD sebaiknya dipikirkan dulu apa yang ingin kamu lakukan sehingga memerlukan SSD tersebut. Performa yang diberikan SSD memang meningkat drastis dibandingkan dengan HDD tetapi apakah aktifitas kamu memerlukan SSD?

20121226072943_148
Auslogics Disk Defrag 7.0.0.0
Apps System Tuning Auslogics Software Pty Ltd
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Mudah Menjaga Performa SSD Tetap Ngebut

3 Cara Mudah Menjaga Performa SSD Tetap Ngebut

Siapkan Kocek, SSD 6 TB 2,5 Inci Siap Dipasarkan

Siapkan Kocek, SSD 6 TB 2,5 Inci Siap Dipasarkan

Video Lucu Ini Menunjukan Kemampuan SSD dengan Cara yang Ekstrim

Video Lucu Ini Menunjukan Kemampuan SSD dengan Cara yang Ekstrim

Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Menyimpan Data Kamu?

Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Menyimpan Data Kamu?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal