J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Awas! Kunci Smartphone Kamu Ternyata Bisa Di-hack Lewat Speaker

              Awas! Kunci Smartphone Kamu Ternyata Bisa Di-hack Lewat Speaker

              00
              Selasa, 11 Sep 2018, 08:00 WIB
              Hacker tampaknya selalu menemukan cara untuk menerobos segala sistem keamanan. Buat kamu pengguna setia sistem kunci menggunakan pola alias pattern lock. Kayaknya kamu perlu mengganti sistem kunci karena kunci pola bisa ditembus melalui speaker smartphone.

              Sensor sidik jari alias fingerprint kini jadi salah satu fitur wajib yang ada di smartphone keluaran terbaru. Meski begitu, ternyata masih ada aja pengguna yang lebih suka menggunakan kunci pola (pattern lock) di smartphonenya.

              Padahal, menggunakan kunci pola tergolong sangat rawan lho. Kombinasi pattern lock kamu bahkan bisa di-hack lewat komponen speaker!

              BACA JUGA
              • Gak Cuma Buka Kunci, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Dilakukan Menggunakan Fingerprint Sensor
              • Cara Membuka Android yang Lupa Kunci dengan SMS
              • Cara Kunci Aplikasi Android Paling Anti-Mainstream dengan StepLock

              Ternyata Kunci Pola (Pattern Lock) Bisa Di-hack Lewat Speaker Smartphone

              kunci-pola-mudah-dihack
              Sumber foto: Edgy Labs

              Buat beberapa orang, menggunakan fingerprint mungkin terkesan menyusahkan. Belum lagi kalau sensor gak bisa membaca sidik jari dengan akurat dan malah membuat proses pembukaan kunci berlangsung lama. Banyak yang lebih menyukai kunci dengan menggunakan pattern lock. Sayangnya, situs Fossbytes baru-baru ini mengungkap kalau penggunaan kunci pola kini bisa ditembus dengan cukup mudah.

              Aplikasi Sidik Jari Terbaik Android di Sini!
              Fitur sidik jari atau fingerprint kini jadi fitur wajib dimiliki smartphone Android. Berikut Jaka ulas 15 aplikasi sidik jari Android terbaik.
              LIHAT ARTIKEL

              Penelitian di sebuah universitas di Swedia dan Inggris belum lama ini mengungkap kalau ternyata bentuk kunci pola yang kamu gunakan di smartphone bisa dengan mudah di-hack melalui speaker dan microphone yang ada di smartphone tersebut. Ya. Gak cuma hacker, mungkin saja orang-orang disekitarmu nantinya bisa membuka kunci smartphonemu dengan mudah jika sudah mengetahui cara ini.

              Begini Lho Caranya!

              Para hacker ternyata kembali menemukan cara baru untuk menerobos sistem keamanan smartphone Android yang masih menggunakan pattern lock. Dengan memanfaatkan sistem sonar melalui gelombang suara yang dihasilkan speaker smartphone, mereka bisa mengidentifikasi kebiasaan posisi jari kamu saat membuka kunci pola smartphone.

              sonarsnoop

              Teknik di atas kemudian populer dengan sebutan SonarSnoop. Ya, SonarSnoop membutuhkan bantuan aplikasi jahat (malicious app) yang berjalan di smartphone target untuk dapat mendeteksi dan merekam gelombang pergerakkan jari selama si pengguna membentuk pola saat membuka kunci smartphone. Perekaman proses itu terjadi pada bagian speaker yang ada di smartphone tersebut.

              App lock - Real Fingerprint, Pattern & Password 34.0
              Apps Utilities Kohinoor Apps
              DOWNLOAD

              Gelombang yang bisa ditangkap aplikasi berkisar antara 18-20 kHz nyatanya cukup buat para hacker mengidentifikasi dan membaca pola yang menjadi kunci smartphone pengguna dengan tingkat akurasi yang kabarnya mencapai hingga 70%! Bukan sembarang angka, data tersebut telah teruji di Lancaster University (Inggris) dan Linkoping University (Swedia) yang keduanya melakukan tes menggunakan Samsung Galaxy S4.

              Akhir Kata

              Jadi itulah bahaya yang perlu kamu ketahui dari menggunakan kunci pola alias pattern lock sebagai jenis kunci untuk smartphone Android kamu. Kini ada baiknya sensor sidik jari atau sistem kunci baru lainnya agar lebih aman. Ya, sistem penguncian baru yang diciptakan pasti didasari bukan dengan sembarang inovasi, tapi juga mengedepankan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Setuju?

              Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Hi Locker - Your Lock Screen 1.7.3
              Apps The Lockdown Team
              Money Locker 1.3.7
              Apps Money Locker
              DIY Locker - Tattoo Locker
              Apps DIY Mobile
              GO Locker 5.03
              Apps GO Launcher Dev Team
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!