Gurah Mesin Mobil, Biaya dan Manfaatnya demi Performa Kencang

Default

Gurah mesin mobil adalah salah satu istilah di dunia otomotif yang gunanya meningkatkan performa. Tentu proses gurah mesin ini harus dilakukan dengan benar dan oleh ahlinya.

Solusi ini menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang mendambakan performa kencang dan tanggap. Mengingat, mesin mobil yang turun tentu mengganggu bagi pengendaranya.

Performa yang turun menimbulkan beberapa efek, seperti mobil tidak bisa melaju kencang, tarikan kurang, boros bahan bakar, hingga mesin kasar. Maka dari itu, gurah mesin mobil dianggap jadi salah satu upaya mengatasi masalah tersebut.

Kali ini, Jaka sajikan pengertian, manfaat, dan biaya gurah mesin mobil. Selain itu, buat kamu yang penasaran apa cairan dan alat yang digunakan, simak juga di bawah ini.

Apa Itu Gurah Mobil?

Gurah Mobil Pengertian 37773
Sumber foto: Shutterstock/r.classen

Gurah mobil adalah proses pembersihan kerak karbon (Carbon Cleaner Engine) untuk mobil berbahan bakar bensin. Proses ini terjadi di ruang bakar mesin dari kotoran karbon dan endapan kotoran lainnya.

Lalu, bagaimana endapan kerak karbon pada mesin mobil bisa terjadi? Soalnya, itulah penyebab yang membuat performa mesin menurun dan bisa dikatakan knocking atau mesin mengelitik.

Kerak karbon biasanya disebabkan dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang telah direkomendasikan. Misalnya, mobil kamu seharusnya menggunakan oktan 92, tapi kamu malah memilih oktan yang lebih rendah. Selain itu penumpukan kerak karbon juga bisa disebabkan karena setingan pengapian yang kurang pas.

Dalam proses gurah mobil, harus dipastikan cairan kimia dan kerak karbon berhasil keluar semua dan mesin dalam keadaan bersih.

Manfaat Gurah Mesin Mobil

Gurah Mesin Mobil Manfaat Ec34c
Sumber foto: Carmudi

Apa saja manfaat gurah mesin mobil? Gurah mesin bisa menjadi alternatif untuk masalah-masalah kendaraan. Selain lebih hemat waktu dan biaya, juga untuk mengembalikan performa mesin. Gurah mesin mobil membawa dampak positif. Berikut manfaatnya.

  • Mampu meningkatkan performa mesin sehingga lebih tanggap.

  • Gurah membersihkan sampah-sampah dan kotoran kimiawi yang ada di dalam mesin, sehingga wajar jika gurah bisa menjaga ketangguhan mesin.

  • Sama halnya dengan pelumas, gurah juga akan mengalirkan sisa pembakaran ke luar mesin.

  • Selain mengangkat kerak, gurah juga mampu membawa kotoran dalam wujud lebih kecil seperti partikel karbon.

  • Dijadikan sebagai alternatif perawatan mobil jangka pendek.

Meski begitu, gurah mesin ada juga meninggalkan efek negatif. Salah satunya adalah potensi terkontaminasinya cairan gurah yang dipakai dengan amonia berbahaya. Maka dari itu, memilih tempat gurah mobil yang terpercaya juga wajib kamu perhatikan.

Biaya Gurah Mesin Mobil

Gurah Mesin Mobil Biaya Ef4a3
Sumber foto: GridOto

Mengetahui kelebihan yang lebih banyak dibandingkan risikonya, tak heran jika proses ini jadi salah satu pilihan alternatif. Lalu, berapa, sih, biaya gurah mesin mobil?

Harga gurah mobil di KDS Auto Service mulai dari Rp275.000. Harga bisa jadi berubah, dilihat dari keadaan mobil yang ingin dibersihkan.

Dengan biaya gurah mobil tersebut, estimasi waktu pengerjaan sekitar 40 menit, bahkan kurang dari satu jam.

Pengerjaannya juga dilakukan tanpa bongkar mesin, caranya dengan menembak dari lubang busi dengan cairan carbon cleaner ke ruang bakar.

Cairan dan Alat Gurah Mesin Mobil

Gurah Mesin Mobil Cairan Gurah Mobil C1984
Sumber foto: Carmudi

Beberapa orang memilih untuk gurah mobil sendirian. Hal ini kurang dianjurkan, karena berpotensi timbul risiko akibat proses yang kurang tepat.

Maka dari itu, dianjurkan melakukan pembersihan mesin ini di bengkel dengan ahlinya. Selain itu, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih cairan dan alat gurah mesin mobil.

Banyak orang ternyata belum mengetahui tentang cairan gurah mesin mobil, yakni carbon cleaner. Cairan carbon cleaner ini mampu membersihkan ruang pembakaran pada mobil dari berbagai kerak.

Soalnya, kerak yang ada pada ruang bakar biasanya akibat pembakaran yang kurang maksimal. Sehingga terjadi penumpukan kerak di bagian dalam mesin.

Perlu diperhatikan, pemakaian carbon cleaner harus teliti, karena berbahaya. Mengingat, tidak semua carbon cleaner mengandung bahan yang bisa membuat mesin mobil menjadi lebih sehat.

Untuk penggunaan cairan gurah mobil yang tepat sebaiknya digunakan pada setiap 20.000 km atau bisa juga bersamaan dengan servis besar. Proses gurah mesin juga akan semakin optimal jika dilakukan bebarengan dengan penggantian oli mesin.

Prose gurah mesin juga tidak berpatokan pada usia mobil. Mobil baru jika selepas pemakaian performanya turun, juga bisa digurah.

Akhir Kata

Itulah pengertian, manfaat, dan biaya gurah mesin mobil. Jika mesin mobil kamu mulai rewel? Coba lakukan gurah mesin di bengkel, karena lebih hemat biaya dan waktu.

Sekarang, mending kamu cek, deh, kesehatan mesin kendaraanmu. Pengecekan ini guna kenyamanan dan keselamatan kamu selama berkendara.

Baca juga artikel seputar Otomotif atau artikel menarik lainnya dari Nural.

ARTIKEL TERKAIT
Ilustrasi Uji Emisi Fe0c3
Daftar Bengkel Uji Emisi Mobil Terdekat di Jakarta, Hindari Sanksi Tilang!
Aksesoris Mobil 49b9f
Daftar Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Punya, Keren & Berguna Banget!
Cara Cek Pajak Kendaraan 01528
Cara Cek Pajak Kendaraan Online Terbaru 2021 | Aman dan Mudah!
Obeng Online Bengkel 61e9e
Motor Kamu Ngadat? Aplikasi Ini Akan Mudahkan Kamu Mencari Bengkel
Transportasi Masa Depan Bannerx Adde7
10 Kendaraan Masa Depan yang Lebih Canggih dari MRT, di Indonesia Sudah Ada?
Komponen Sistem Pendingin Mesin Mobil 357d7
8 Komponen Sistem Pendingin Mesin Mobil dan Fungsinya, Wajib Tahu!
Tags Terkait: mobilmotorKendaraan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal