J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perbandingan Google Meet vs Zoom, Mana yang Lebih Unggul?

Kamis, 21 Jan 2021, 14:00 WIB
Persaingan Google Meet vs Zoom semakin sengit di era pandemi. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, mana yang lebih unggul?

Berbagai aplikasi meeting online telah menjadi primadona sejak awal tahun 2020 karena pandemi memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah dengan harus tetap terhubung dengan kehidupan profesional.

Nah, dari sekian aplikasi, nama Google Meet dan Zoom menjadi yang paling populer. Tetapi, jika Google Meet vs Zoom dibandingkan secara langsung, yang mana yang unggul?

Sebenarnya, setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing-masing.

Coba baca ulasan berikut agar kamu bisa memutuskan mana yang lebih cocok untukmu, ya!

Perbandingan Google Meet vs Zoom

Jika kamu perhatikan, kedua platform ini tak pernah berhenti berlomba untuk memperebutkan posisi pertama sebagai aplikasi video call PC terbaik.

Tak hanya fitur utamanya saja, fitur pendukung yang ada di masing-masing aplikasi ini juga terus bertambah, lho. Kita bandingkan langsung, yuk!

1. Antarmuka aplikasi

Google Meet Vs Zoom 3f118

Urusan tampilan visual, Zoom dianggap lebih unggul berkat antarmukanya yang lebih sederhana dan rapi sehingga pengguna dari segala usia dapat segera beradaptasi dalam menggunakan Zoom.

Sedangkan, Google Meet memiliki antarmuka yang lebih rumit dan cenderung 'berantakan' sehingga beberapa pengguna yang baru menggunakannya merasa bingung.

Bagi yang sudah terbiasa, tentu cara menggunakan Zoom dan Google Meet cukup sederhana dan terasa tak jauh berbeda.

2. Kuota peserta

Google Meet Vs Zoom Review 6f7b5

Sama-sama dapat digunakan untuk rapat maupun kegiatan belajar mengajar, Zoom dan Google Meet memiliki kapasitasnya sendiri-sendiri.

Untuk meeting rutin dengan kuota yang tidak terlalu besar, pengguna dapat memilih Google Meet yang bisa memuat hingga 250 orang.

Sementara itu, aplikasi Zoom biasanya menjadi pilihan untuk acara-acara besar seperti webinar, rapat berskala besar, dan lain sebagainya karena memungkinkan 500 orang peserta untuk bergabung.

Keduanya bisa menggunakan ID atau link room yang sama untuk berkali-kali penggunaan, tak perlu membuat yang baru setiap kali rapat.

3. Durasi pertemuan

Google Meet Vs Zoom Kuota A6465

Dalam versi gratis, baik Google Meet maupun Zoom memiliki durasi yang berlaku untuk satu sesi video call.

Dalam hal ini, Google Meet unggul dengan durasi 60 menit sedangkan rivalnya hanya menyediakan waktu 40 menit untuk setiap sesi gratis.

Untuk mendapatkan durasi meeting yang lebih lama, pengguna dapat memilih opsi berlangganan.

4. Fitur tambahan

Kelebihan Google Meet Vs Zoom 69436

Salah satu fitur tambahan yang sempat menjadi primadona adalah virtual background. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengubah latar belakang video dengan foto atau video tertentu.

Awalnya, virtual background hanya dimiliki oleh Zoom, tapi kemudian Google Meet menyusul dengan menghadirkan fitur ini. Cara mengganti background di Google Meet juga sama sekali tidak sulit.

Dengan hadirnya fitur tambahan yang hanya dapat dilakukan di PC tersebut, kelebihan Zoom dan Google Meet kembali seimbang.

Fitur pendukung lainnya adalah merekam video atau screen recording yang tersedia secara gratis di Zoom.

Lain halnya dengan Google Meet yang menyediakan fitur ini di mode berbayar untuk pelanggan G Suite.

Di sisi lain, kedua aplikasi tersebut juga menyediakan mikrofon yang dapat dinyalakan dan dimatikan, hanya saja di aplikasi Zoom ada opsi untuk mematikan mikrofon peserta yang dapat dilakukan oleh host.

Lebih jauh, Google Meet dan Zoom memiliki fitur unggulan yang tak dimiliki satu sama lain, yaitu filter Touch Up My Appearance milik Zoom dan percakapan yang langsung tersambung ke Google Hangout milik Google Meet.

5. Harga berlangganan

Google Hangouts Meet Vs Zoom 4f8ad

Persaingan Google Hangouts Meet vs Zoom berikutnya adalah di sektor harga berlangganan.

Yep, jika kamu sering menggunakan dua aplikasi ini, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli versi berbayarnya.

Google Meet membanderol layanan berlangganannya dengan harga USD10 atau sekitar Rp140 ribuan untuk mengakses fitur-fitur G Suite secara penuh.

Zoom sendiri mematok harga berlangganan paling murah sebesar USD16 atau sekitar Rp225 ribuan per bulannya.

Akhir Kata

Menurutmu, siapa yang memenangkan persaingan Google Meet vs Zoom ini? Tentu semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan preferensimu sebagai pengguna.

Oh ya, kamu pasti ingat ada rumor bahwa aplikasi Zoom berbahaya. Hmmm, tapi apakah Google Meet memberikan keamanan yang jauh lebih baik?

Diskusi di kolom komentar, yuk!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal