J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Google Hangouts vs Facebook Messenger : Mana yang Terbaik?

Google Hangouts vs Facebook Messenger : Mana yang Terbaik?

Kamis, 28 Nov 2013, 11:00 WIB
Google Hangouts vs Facebook Messenger : Mana yang Terbaik? Sebagai 2 aplikasi messaging paling populer di dunia, dengan basis pengguna yang besar.

Google Hangouts for Android baru saja mendapat update integrasi SMS, sedangkan Facebook Messenger for Android belum lama ini mengalami update interface. Sebagai 2 aplikasi messaging terbaik, tentu saja hal ini membuat kamu sebagai pengguna mungkin merasa bingung memilih aplikasi messaging terbaik mana yang ingin digunakan.

Sekilas, keduanya serupa, namun jika diperhatikan lebih dalam, terdapat beberapa perbedaan besar diantara keduanya.

Basis Pengguna

Untuk mengirim pesan melalui Messenger atau Hangouts, tentunya kamu dan orang yang ingin kamu kirim pesan harus memiliki akun pada layanan tersebut (kecuali jika kamu menggunakan fitur SMS di Hangouts). Artinya, aplikasi sebagus apapun tidak berguna apabila tidak banyak temanmu yang menggunakannya.

Facebook memiliki pengguna yang lebih banyak daripada Google+ sehingga dari sisi ini, Facebook Messenger lebih unggul.

Pemenang : Facebook Messenger

User Interface (UI)/ Antarmuka Pengguna

Hangouts memiliki tampilan modern khas Google. Layar pertama menampilkan menu slide-out di sebelah kiri yang menampilkan semua pesan. Jika kamu memilih Hangouts sebagai aplikasi SMS, nantinya pesan SMS akan diberi label secara otomatis.

Swipe pada menu slide-out dan kamu bakal dihadapkan dengan pilihan teman lainnya. UI Hangouts cukup aneh, karena tampilan utamanya berupa menu slide-out. Anehnya lagi, tidak jarang conversation yang kamu swipe masuk ke archive tanpa sengaja karena UI yang terlalu rumit ini.

Hangouts Vs Facebook 3
Facebook Messenger memiliki 3 tab di bagian atas : recent messages, contacts dan settings. Tombol new message terdapat di bagian bawah dan muncul di setiap tab. Di daftar teman, tombol F akan berwarna biru di samping nama teman yang juga menggunakan Facebook Messenger, sedangkan bagi teman yang tidak menggunakannya, tombol F akan tampil berwarna abu-abu.

Kamu dapat melihat siapa teman yang sudah membaca pesanmu. Tanda centang berarti pesan sudah dibaca dan tanda panah memutar berarti pesan sudah terkirim, tapi belum dibaca dan apabila tidak ada icon, berarti pesan terakhir adalah pesan dari mereka yang dikirimkan ke kamu.

Hangouts Vs Facebook 5
Meski Google Hangouts memiliki UI yang modern dan menawarkan pengalaman yang unik, namun Facebook Messenger memberikan kemudahan dalam penggunaan bagi sebagian besar orang dan inilah yang penting.

Pemenang : Facebook Messenger

Pengalaman Pengguna

Hangouts menyediakan emoticon dan pada group chat, terdapat informasi siapa saja yang sudah membaca pesan yang kamu kirimkan.

Hangouts Vs Facebook 1
Facebook sepertinya menggunakan tampilan seperti iOS7, pesan terkirim berwarna biru dan pesan yang diterima berwarna abu-abu, dengan latar belakang berwarna putih.Di bagian atas layar, kamu dapat melihat apakah orang tersebut menggunakan Facebook Messenger atau tidak. Jika mereka tidak menggunakan Facebook Messenger, maka akan muncul tombol Invite yang mengajak mereka untuk download dan menggunakannya.
Hangouts Vs Facebook 7
Fitur Chat Head juga merupakan nilai tambah bagi Facebook Messenger karena dapat dengan mudah dibuka dari manapun. Selain itu, fitur Seen at this time juga membuat Facebook Messenger sepertinya menjadi lebih baik daripada Hangouts.

Pemenang : Facebook Messenger

Video/ Audio Call

Hangouts support video call, namun tidak support audio call dan Messenger support audio call pada koneksi Wi-Fi namun tidak support video call. Tampilan Video Call Google Hangout dan Audio Call Facebook Messenger :

Hangouts Vs Facebook 4
Google tampaknya menang di bagian ini dengan adanya dukungan video call.

Pemenang : Google Hangouts

Fitur Tambahan

Kelebihan terbesar Hangout saat ini adalah integrasi SMS yang dimiliki versi lama Facebook Messenger namun malah tidak dimiliki versi terbarunya. Sepertinya Facebook sedang mengembangkan versi terbaru integrasi SMS pada Messenger sehingga fitur ini dihilangkan untuk sementara.

Tetapi, integrasi SMS Hangouts ternyata masih banyak kekurangan. Contohnya, meski contact yang kamu miliki memiliki akun Google+ dan nomor telepon di dalam daftar contact, tetapi pesan yang diterima dari orang tersebut melalui SMS dan Hangouts dipisah. Hal ini dirasa justru tidak berguna bagi sebagian besar orang. Selain itu, terdapat pilihan send location dan juga dukungan animated GIF.

Hangouts Vs Facebook 2
Facebook Chat Head adalah fitur tambahan yang menonjol dan bahkan dapat muncul diatas aplikasi lain seperti Google Map. Ukurannya terasa pas sehingga tidak mengganggu dan dapat dipindahkan kemanapun pada layar dengan mudah.
Hangouts Vs Facebook 6
Informasi pengguna yang menggunakan Facebook Messenger dan yang tidak juga berguna untuk memahami pesan mana yang nantinya bakal dibalas dengan lebih cepat. Kamu juga dapat mematikan status online jika sedang tidak ingin chat.

Meski tampak sederhana, Facebook Messenger terasa lebih mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup banyak.

Pemenang : Facebook Messenger

Kesimpulan

Facebook Messenger menang 4-1.

Google perlu memperbaiki fitur integrasi SMS, mengubah UI menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan, serta mengintegrasikan Google Voice untuk panggilan suara/ audio call. Jika Facebook bisa menerapkan video-messaging dan integrasi SMS, Messenger bakal jadi pilihan aplikasi messaging terbaik saat ini.

Bagaimana pendapat kamu mengenai kedua aplikasi messenger ini? Manakah yang lebih baik?

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Hangouts For Android Icon
Hangouts for Android 4.2.102354210
Apps Social & Messaging Google
DOWNLOAD
Facebook Messenger Icon
Facebook Messenger For Android
Apps Browser Facebook, Inc.
DOWNLOAD
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Sebentar Lagi, Fitur Chatting Facebook akan Dihapus

Sebentar Lagi, Fitur Chatting Facebook akan Dihapus

Facebook Messenger Hadirkan Fitur Grup dan Panggilan Suara

Cara Telpon Gratis Lewat Internet Menggunakan Facebook Messenger

Cara Telpon Gratis Lewat Internet Menggunakan Facebook Messenger

Ini Alasan Mark Zuckerberg Memisahkan Facebook dengan Messengernya

Ini Alasan Mark Zuckerberg Memisahkan Facebook dengan Messengernya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal