J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Google Assistant VS Bixby: Mana yang Lebih Baik Untuk Android?

              Google Assistant VS Bixby: Mana yang Lebih Baik Untuk Android?

              00
              Sabtu, 15 Jul 2017, 15:30 WIB
              Asisten pintar merupakan salah satu software yang beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi pembahasan netizen karena dianggap merupakan sebuah software revolusione

              Asisten pintar merupakan salah satu software yang beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi pembahasan netizen karena dianggap merupakan sebuah software revolusioner yang bisa membantu pengguna smartphone Android mengoperasikan perangkat mereka dengan lebih mudah. Mulai dari kemuncul asisten pintar Siri di iPhone kemudian disusul asisten pintar Google Assistant yang kemudian disusul lagi oleh asisten pintar Bixby milik Samsung Galaxy S8 semakin memanaskan persaingan asisten pintar ini.

              Manakah dari kedua asisten pintar tersebut yang lebih baik? Daripada berspekulasi, langsung aja simak pembahasan dari Jaka kali ini seputar perbandingan asisten pintar Google Assistant dan Bixby.

              BACA JUGA
              • Cara Jitu Pakai Google Assistant Di Semua HP Android Tanpa Root
              • Lebih Canggih dari Siri! Begini Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow
              • Canggih! Asisten Bixby Bisa Jalan di Semua Aplikasi Bawaan Galaxy S8

              Google Assistant VS Bixby: Mana yang Lebih Baik Untuk Android?

              1. Google Assistant

              623dc1fce22593eb411ca42274c4c228
              Foto: androidpit.com

              Google Assistant merupakan aplikasi asisten pintar yang diluncurkan oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Sebelum diluncurkan, aplikasi ini memiliki versi preview yang disebut Google Allo dan versi pendahulu yaitu Google Now.

              Asisten pintar ini sendiri tergolong sangat canggih dan bermanfaat karena pengguna bisa menanyakan dan memerintahkan banyak hal dengan menggunakan suara seperti meminta Google Assistant membacakan berita untuk kalian, membuat pengingat, mendapatkan informasi lalu lintas dan bahkan memutar musik atau video tanpa perlu browsing lagi.

              Ec3398c84de07d498946d47d75e5f4f6

              Google Assistant ini juga memungkinkan kalian mengontrol berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan Google seperti misalnya Google Photos. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang satu ini juga memiliki selera humor seperi ketika kalian membandingkan dirinya dengan aplikasi Siri. Tidak ketinggalan sejumlah mini-game yang bisa kalian mainkan melalui aplikasi ini seperti Crystal Ball.

              Kemampuan menangkap perintah suara dari aplikasi ini juga tergolong baik jika kalian bisa mengeja bahasa Inggris dengan benar (baik lafal British maupun lafal Amerika).

              2. Bixby

              465ae74b588e85d08cbb72decb6ec3e3
              Foto: androidcentral.com

              Lalu bagaimana dengan Bixby? Seperti yang sudah saya jelaskan Bixby merupakan asisten pintar dari Samsung yang dirilis bersamaan dengan Galaxy S8. Hampir sama dengan Google Assistant, aplikasi yang satu ini dibekali dengan kemampuan menerima perintah suara yang baik, update cuaca, pemberitahuan seputar berita dan fitur yang mampu melakukan tracking pada aktivitas kalian serta Bixby Vision.

              5468c771815f2301c158ef8941383216
              Foto: makeuseof.com

              Apa itu Bixby Vision? Bixby Vision merupakan fitur untuk mengenali suatu objek yang kalian foto dan kemudian aplikasi ini akan mencari objek serupa secara online di internet.

              3. Manakah Asisten Pintar yang Terbaik?

              Nah, jika kalian menanyakan asisten pintar mana yang menjadi pemenang dari duel ini, jawaban dari Jaka adalah keduanya. Kenapa?

              Kecepatan Respon

              Dari sisi kecepatan respon, Google Assistant memiliki kecepatan respon perintah suara yang lebih cepat ketimbang dengan Bixby.

              Kemampuan Menerima Perintah Kompleks

              Bagaimana dengan kemampuan menerima perintah kompleks? Bixby sedikit lebih baik dari Google Assistant karena mampu menerima lebih dari satu perintah yang diucapkan dalam satu kalimat. Sebagai contoh, Bixby dapat menerima perintah membuka aplikasi medsos dan melakukan posting sekaligus sementara jika kalian melakukan perintah yang sama ke Google Assistant, aplikasi tersebut akan mengarahkan anda ke pencarian Google.

              3349a08bacad1ab10b5d6b62827f5157
              Foto: cnet.com

              Contoh lainnya adalah ketika kalian memerintahkan Bixby untuk mencari dan menyatukan foto ke dalam satu folder, maka Bixby akan melakukan hal yang sama persis seperti permintaan kalian.

              Kemampuan Merespon Percakapan Sehari-hari

              Meskipun kalah dari segi perintah kompleks, Google Assistant memiliki keunggulan dalam merespon percakapan sehari-hari dan bahkan mampu mengenali subjek orang dari kalimat kalian (dalam bahasa Inggris). Misalnya ketika kalian mengatakan 'Movies Starring Rebecca Ferguson' lalu kemudian kalian bertanya 'How Old is She?, Google Assistant akan mengenali kata 'She' sebagai Rebecca Ferguson dan akan melakukan pencarian umur sesuai permintaan kalian.

              Nah, setelah melihat keunggulan masing-masing, menurut kalian manakah asisten pintar yang lebih baik? Kalau menurut Jaka pribadi, kedua asisten pintar ini memiliki kelebihan masing-masing sehingga untuk menentukan yang terbaik, kalian harus memahami kebutuhan kalian akan fitur asisten pintar itu sendiri.

              Akhir kata, sampai jumpa dan pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.

              APPS TERKAIT
              Youtube Icon
              YouTube
              Apps Google Inc.
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Capsa Royale Icon
              Capsa Royale 3.1.1
              Games 88 Entertaiment

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal