• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game Warnet Paling Ikonik di Tahun 2000-an, Sampai Rela Nginep!

7 Game Warnet Paling Ikonik di Tahun 2000-an, Sampai Rela Nginep!

00
Senin, 3 Feb 2020, 20:00 WIB
Siapa dulu yang pas pulang sekolah langsung merapat ke warnet? Pasti kalian kenal dengan 7 game warnet paling ikonik di tahun 2000-an berikut!

Rp3.000 sejam dan biasanya ditemani dengan gorengan dan Teh Botol. Anak 90-an yang kerjaannya sepulang sekolah berkunjung ke warnet pasti kenal situasi di atas.

Waktu tingkat penetrasi internet di Indonesia masih rendah, warung internet atau warnet menjadi satu-satunya tempat untuk menikmati game berjenis MMO, geng!

Jaka pribadi juga dulu akhirnya sampai membuat kelompok pertemanan dengan penghuni warnet lainnya yang aktif di game yang sama dengan Jaka.

7 Game Warnet Paling Ikonik di Tahun 2000-an

Dengan banyaknya game berkualitas yang sekarang sudah tersedia di HP, sayangnya budaya warnet sudah hilang dari anak-anak zaman sekarang.

Waktu Jaka SMP, Jaka masih ingat di satu deretan ruko di dekat rumah Jaka sampai ada 3 warnet berbeda dan semuanya selalu penuh di jam pulang sekolah, geng!

Meskipun masa-masa warnet sudah menjadi masa lalu, kenangan 7 game warnet paling ikonik di tahun 2000-an berikut masih sangat membekas di hati Jaka loh.

1. Gunbound

Gunbound 6a168

Dari anak ayam, berubah menjadi palu kayu. Dari palu kayu, berubah menjadi palu batu lalu menjadi kapak biasa, kapak perak, dan seterusnya.

Itulah logika aneh di Gunbound, game online populer yang mengusung gameplay mirip seri Worms yang dibuat oleh developer asal Korea Selatan, Softnyx.

Gunbound adalah game online pertama Jaka dan meskipun Jaka sudah nggak pernah menyentuh game ini selama 15 tahun, Jaka masih nggak melupakan game ini loh.

Bagi kalian yang dulu pernah dibikin susah dengan pemain bernama fikray yang biasanya menggunakan kendaraan Mage, Jaka minta maaf ya, geng!

2. Ragnarok Online

Ragnarok Online Dacea

Ragnarok Online (RO) mungkin bukan MMORPG pertama yang masuk di Indonesia, Nexia masih lebih senior, tapi RO adalah game MMORPG pertama yang meledak.

Diadaptasi dari manhwa karya Lee Myung-Jin, game ini menempatkan kamu di dunia Rune-Midgard yang mengambil inspirasi dari mitologi Norse.

Dibuat oleh Gravity asal Korea Selatan, game ini mengizinkan kamu untuk memilih 1 dari 11 kelas yang ada seperti Thief dan Archer.

Meskipun sudah sangat berumur, kepopuleran game ini tidak pernah padam dan sampai sekarang, server Indonesia dari game ini masih bisa diakses, geng!

3. GetAmped

Get Amped 53e98

Alih-alih turun ke jalan dan ikut tawuran, Jaka dan teman Jaka lebih suka menyelesaikan masalah melalui game keroyokan GetAmped, geng!

Dibuat oleh developer asal Jepang, CyberStep, game ini memiliki gameplay keroyokan yang mirip dengan seri crossover Super Smash Bros. dari Nintendo.

Di game ini, pemain dapat memilih untuk bertarung dalam tim atau di mode free-for-all yang pada dasarnya adalah sesi tawuran massal, geng.

Jaka sendiri nggak terlalu aktif main game yang satu ini tapi memang bisa jadi pelepas stress yang sangat efektif di masa sekolah.

4. Pangya

Pangya 071b0

Golf adalah jenis olahraga yang biasanya terbatas untuk sultan tapi kita nggak membutuhkan banyak modal untuk bisa menikmati game golf online Pangya, geng!

Bagi Jaka yang waktu kecil sering banget main game Fuji Golf bawaan Microsoft Windows, game ini bisa dibilang adalah versi lebih canggih dari Fuji Golf, geng!

Dibuat oleh perusahaan Ntreev Soft asal Korea Selatan, game ini dulu sering bikin Jaka girang-girang sendiri ketika Jaka berhasil mendapatkan hole in one.

Sayangnya, game ini sudah menghilang dari pasaran tapi buat kalian yang memiliki konsol PS3 atau PS4, seri Everybody's Golf bisa dijadikan alternatif loh.

5. AyoDance

AyoDance 47f36

Dunia warnet dulu identik dengan bocah laki-laki tapi developer T3 Entertainment asal Korea Selatan mencoba membawa perubahan dengan game AyoDance, geng!

Dirilis dengan nama Audition Online di negara asalnya, game ini adalah game kompetisi menari yang terinspirasi dari seri Bust a Groove.

Dengan iringan soundtrack lagu K-Pop populer dan gameplay yang unik, AyoDance berhasil menarik kaum hawa ke dunia game online di Indonesia.

Game ini juga akhirnya mendapat reputasi sebagai game peruntungan jodoh karena banyak bocah laki-laki yang menggunakan game ini sebagai modus pendekatan, geng!

6. RF Online

RF Online 91569

Nggak banyak MMORPG di Indonesia yang bisa menyaingi kepopuleran RO tapi RF (Rising Force) Online mungkin adalah yang paling mendekati.

Berbeda dengan RO yang mengusung grafis 2D yang imut-imut, RF Online dari developer asal Korea Selatan, CCR, memiliki grafis 3D yang berkualitas tinggi.

Di game ini, kamu diharuskan untuk memilih satu dari 3 bangsa yang ada, Bellato Union, Holy Alliance of Cora, atau Accretian Empire.

Tiap bangsa tersebut memiliki kelebihan mereka masing-masing dan di sini, kamu harus membela bangsa kamu sendiri melawan kedua bangsa lainnya, geng.

7. Battle Realms

Battle Realms E2b55

Jaka dulu kurang suka dengan game real-time strategy (RTS) tapi Jaka jadi ketularan gara-gara dulu dicekokin game Battle Realms, geng.

Berbeda dengan game RTS lain seperti Warcraft III, Battle Realms memiliki gameplay yang relatif lebih simpel yang membuatnya menjadi favorit Jaka.

Dibuat oleh developer Liquid Entertainment asal Amerika, game ini mengizinkan kamu untuk memilih 1 dari 4 klan yang ada, Dragon, Serpent, Wolf, dan Lotus.

Selain itu, game ini juga memiliki mode singleplayer di mana kamu berperan sebagai Kenji, putra tahta dari klan Serpent yang harus menentukan takdirnya sendiri.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 game warnet paling ikonik di tahun 2000-an yang juga menjadi langganan Jaka. Jaka menulis artikel ini jadi ikut nostalgia juga.

Kalau kalian tertarik, RF Online kabarnya akan dibangkitkan kembali yang rencananya akan dirilis di bulan Maret 2020, geng!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Serial Anime Legendaris Banner C2c40

10 Serial Anime 90-an yang Paling Melegenda, Bikin Kangen Masa Kecil!

03674371a9b2d30ac23228924ff05ae0

15 Game Jadul Populer yang PASTI Dirindukan Oleh Anak Generasi 90-an

Banner E65c0

5 Game Nokia Jadul yang Bikin Nostalgia, Gak Pake Internet Tapi Seru Abis!

Video Game2141739b

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

Film Dan Serial Tv Jadul Banner 0fa30

7 Film & Serial TV Jadul yang Hanya Diketahui Anak 90-an | Anak Zaman Now Bingung!

Banner 535f8

7 Situs Jadul yang Masih Aktif Sampai Sekarang, Penggunanya Masih Banyak?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal