J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Game dengan Konsep Unik Karya Hideo Kojima, Absurd Tapi Bagus Banget!

5 Game dengan Konsep Unik Karya Hideo Kojima, Absurd Tapi Bagus Banget!

Senin, 16 Des 2019, 14:00 WIB
Hideo Kojima memang adalah salah satu desainer game paling berpengaruh di abad ini. Meskipun begitu, game buatan Kojima seringkali dianggap unik atau aneh oleh banyak orang

Mungkin hanya beberapa di antara kalian yang belum kenal dengan Hideo Kojima. Namun, kalau kamu adalah gamer lama, pasti kamu sudah nggak asing dengan figur satu ini.

Hideo Kojima merupakan salah satu desainer game paling berpengaruh sepanjang masa. Kejeniusannya berhasil melahirkan banyak sekali game-game keren dan berkualitas.

Lihat saja franchise Metal Gear yang telah memenangkan banyak penghargaan game prestisius dalam skala internasional. Nggak mengecewakan, deh!

5 Game dengan Konsep Unik Karya Hideo Kojima

Kojima memang jenius banget, namun nggak jarang orang yang bertanya-tanya soal konsep game yang dibuat oleh desainer Jepang ini.

Pasalnya, Kojima selalu menambahkan elemen-elemen unik di dalam game-nya. Misteri dari game terbaru Kojima yang berjudul Death Stranding pun hingga kini masih berusaha dipecahkan oleh para gamer.

Jaka telah merangkum beberapa game "unik" yang dibuat oleh Hideo Kojima. Daripada makin penasaran, langsung saja, geng!

1. Death Stranding (2019)

Dari sekian banyaknya game yang pernah dibuat oleh Hideo Kojima, nampaknya Death Stranding menjadi game yang paling unik dan aneh, deh.

Game yang rilis pada akhir tahun 2019 ini menjadi game yang paling dinantikan semenjak Kojima hengkang dari Konami.

Setelah rilis, gamer pun terbagi menjadi 2 kubu. Kubu pertama adalah yang mendukung game ini dan kubu lainnya adalah para gamer yang nggak ngerti dengan konsep game ini.

Pasalnya, game ini memiliki plot yang aneh banget, geng. Ber-setting di dunia post apocalypse, kamu bakal berperan sebagai Sam Bridges, seorang kurir yang bertugas mengantarkan barang.

Dialog rumit, jalan cerita membingungkan, serta minimnya aksi menjadi alasan kenapa game ini nggak mendapatkan review sempurna.

Bahkan, gamer pun bingung dalam mengklasifikasikan genre Death Stranding. Namun, kalau kamu adalah penyuka game dengan plot mendalam, kamu pasti suka, deh, sama game ini.

Grafik realistis, cast yang bertabur bintang, serta pengalaman bermain yang imersif jadi kekuatan dari game berkonsep unik satu ini.

2. Metal Gear (1987)

Pasti kamu bingung, kan, kenapa Jaka memasukkan franchise game terbaik Konami ini ke dalam daftar? Unik maksud Jaka bukan berarti buruk, lho.

Metal Gear versi pertama merupakan game aksi yang cukup unik di masanya, geng. Alih-alih mengandalkan pertarungan dan tembak-tembakan, game ini malah menawarkan hal sebaliknya.

Kamu dituntut untuk mencari jalan agar kamu bisa menghindari musuh-musuh yang ada di sekitarmu. Kamu juga bisa bersembunyi dan menyerang musuhmu ketika mereka sedang tidak awas.

Yup, Metal Gear merupakan game pertama yang melahirkan konsep game stealth. Di zaman tersebut, game action biasanya berisi pertempuran secara langsung dengan musuh.

Kesuksesan game yang disutradarai, diproduseri, sekaligus ditulis oleh Kojima ini membuat perusahaan lain mencoba untuk membuat game yang sama.

Genre stealth pun lahir berkat pemikiran jenius seorang Hideo Kojima yang menginspirasi franchise seperti Assassin's Creed. Memang mantap banget om yang satu ini, geng!

3. Snatcher (1988)

Snatcher merupakan game petualangan yang diproduseri, didesain, serta ditulis oleh Hideo Kojima. Game satu ini memiliki tema cyberpunk.

Berlatar di masa depan di mana robot humanoid membunuh manusia dan berpura-pura menjadi si korban. Kamu berperan sebagai detektif amnesia yang bertugas memburu para "Snatcher" tersebut.

Game ini memiliki plot yang terinspirasi dari film action berjudul Blade Runner (1982) yang dibintangi oleh Harrison Ford.

Berbeda dengan game Kojima lainnya, game ini memiliki format seperti graphic novel di mana kamu bakal menikmati cerita sambil memilih opsi dalam game yang bakal menentukan jalannya cerita.

Oh iya, meskipun grafisnya sederhana, namun game ini memiliki plot yang bagus banget. Sayangnya, review positif serta keunikan game ini nggak bisa menyelamatkan penjualan Snatcher.

4. Policenauts (1994)

Mirip seperti Snatcher, Policenauts yang rilis pada tahun 1994 ini juga adalah game graphic adventure di mana kamu bakal mengikuti cerita sambil memilih opsi terbaik dalam menentukan cerita.

Meskipun terlihat sederhana, namun game petualangan ini menyimpan hal-hal unik dibaliknya, geng. Dalam mendesain Policenauts, Kojima berusaha mendalami isu-isu kemanusiaan.

Kojima melakukan riset mendalam tentang penjualan organ tubuh secara ilegal serta terinspirasi dari Toyohiro Akiyama, orang Jepang pertama yang pergi ke luar angkasa.

Kojima juga mendapatkan inspirasi dari film-film Amerika Serikat serta debat kontemporer yang membahas mengenai topik sentimen anti-Jepang.

Dari hal-hal diatas, Kojima berhasil menciptakan Policenauts yang bertujuan untuk mengeksplor bagaimana hidup di luar angkasa dapat memengaruhi hidup seseorang, baik secara sosial maupun psikologis.

Menceritakan tentang mantan astronot yang ditemukan setelah mengapung dan beku di luar angkasa selama 24 tahun akibat kecelakaan di koloni luar angkasa.

Astronot bernama Jonathan Ingram kemudian kembali ke bumi dan menjadi seorang detektif. Ia kemudian menginvestigasi kematian mantan istrinya dan suami barunya.

Namun, investigasi tersebut membawanya kembali ke koloni luar angkasa di mana ia kecelakaan 24 tahun lalu. Kasus tersebut ternyata berkaitan dengan penjualan organ tubuh ilegal.

5. Silent Hills (Cancelled)

Pada bulan Agustus tahun 2014, gamer di seluruh dunia dibuat ketakutan berkat sekuel Silent Hill berjudul Silent Hills P.T. (Playable Teaser) yang dirilis KONAMI di PS4 Store.

Meskipun cuma demo, namun P.T. menyajikan kengerian-kengerian serta jump scare yang bakal bikin kamu kaget setengah mati.

Game ber-genre survival horror ini disutradarai langsung oleh Hideo Kojima dan Guillermo del Toro. Oh iya, game ini juga menggunakan aktor Norman Reedus sebagai pemeran utama, lho.

Sayangnya, perseteruan antara Kojima dengan Konami membuat Kojima harus hengkang dari perusahaan tempat ia berkarya selama puluhan tahun.

Hal tersebut membuat game Silent Hills nggak jadi dirilis dan mengecewakan banyak penggemar game horor. Tentunya, keputusan Konami membawa kejatuhan bagi perusahaan tersebut.

Yang aneh dalam entry ini bukanlah game-nya, melainkan keputusan Konami yang melarang Kojima menghadiri Game Awards 2015 di mana game buatannya, Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain memenangkan penghargaan.

Logo Kojima Productions juga dicabut dari website Silent Hill, geng. Oh iya, dengar-dengar, domain website Silent Hill juga dijual oleh Konami, lho.

Keunikan lain dari game ini adalah hampir semua orang yang terlibat dalam game gagal rilis ini dilibatkan kembali dalam proyek game Death Stranding buatan Kojima Productions.

Norman Reedus kembali ditunjuk sebagai pemeran utama game Death Stranding bersama Guillermo del Toro dan figur-figur terkenal Hollywood lainnya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 game dengan konsep terunik karya Hideo Kojima. Meskipun dianggap nggak umum oleh banyak orang, namun Kojima selalu dapat menghadirkan game berkualitas dengan sepenuh hati.

Kalau kamu punya komentar atau pendapat mengenai artikel Jaka barusan, kamu bisa tulis di kolom komentar yang terdapat di bawah, geng.

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT

15 Game PS4 Terbaik dan Terbaru 2019 | Hadirnya Masterpiece Karya Hideo Kojima!

Logo Kojima Production Dicabut dari Website Silent Hills!

7 Desainer Game Paling Legendaris di Dunia, Gamenya Keren Parah!

5 Fakta Menarik Game Death Stranding, Bukan Game untuk Anak-Anak!

Aktor Terkenal yang Bergabung di Cast Game Death Stranding, Bertabur Bintang!

7 Video Game Absurd dengan Judul Paling Aneh

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal