J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game dengan Strategi Marketing Paling Aneh, Bikin Developernya Bangkrut?

7 Game dengan Strategi Marketing Paling Aneh, Bikin Developernya Bangkrut?

Kamis, 23 Jan 2020, 12:00 WIB
Tanpa strategi marketing yang baik, mungkin game keren pun nggak akan dikenal dan laku keras di kalangan gamer. Namun, apa jadinya jika strategi yang dijalankan malah nggak masuk akal?

Membuat video game merupakan hal yang sangat sulit dan terkadang mengorbankan kehidupan pribadi para anggota tim developer. Itu pun belum tentu game yang mereka buat mampu memuaskan penggemar.

Namun, seringkali kita melupakan jasa dari tim marketing atau pemasaran game. Tanpa mereka, mungkin kita nggak akan pernah tahu bahwa game tersebut eksis.

Tim marketing harus selalu menyusun strategi dan campaign agar game yang dibuat oleh developer dapat dikenal namanya dan dapat terjual dengan baik.

7 Game dengan Strategi Marketing Paling Gak Masuk Akal yang Pernah Ada

Tim marketing harus selalu menyiapkan gimmick yang unik agar produk mereka dapat mudah dikenali dan diketahui oleh konsumen potensial.

Sayangnya, nggak semua strategi marketing bisa berjalan mulus sesuai rencana. Bukannya untung, malah jadi buntung, geng.

Contohnya, ketujuh game dengan strategi marketing paling aneh ini, nih. Nah, kalau kamu penasaran, langsung saja, yuk, simak artikel Jaka berikut ini!

1. Dante's Inferno

1 91de4

Dante's Inferno merupakan sebuah game yang terlihat seperti ripoff dari franchise God of War. Karena kurang populer, tim marketing berupaya untuk mencari sensasi, geng.

EA sebagai publisher game ini menyewa beberapa demonstran palsu yang ditempatkan persis di depan venue tempat E3 2009 sedang berlangsung.

Mereka dibuat seolah berasal dari organisasi keagamaan dan membawa atribut yang menentang game Dante's Inferno. Strategi ini pun gagal total seperti game-nya. Makanya jangan suka nipu!

2. God of War II

2 D93d1

Kalau tadi Jaka membahas soal Dante's Inferno, kini Jaka mau bahas tentang game action God of War II. Ternyata, game ini juga menggunakan strategi marketing yang aneh banget.

Dalam pesta peluncuran God of War 3 oleh Sony di Yunani, terdapat banyak banget makanan dan minuman seperti biasa. Yang mengundang perhatian adalah terdapat bangkai kambing tanpa kepala serta wanita bertelanjang dada di mana-mana.

Yap, Sony yang menampilkan kambing yang telah "dikorbankan" sebagai pajangan. Organisasi pecinta hewan pun mengutuk keras tindakan Sony.

3. Splinter Cell

3 0f2b6

Pada tahun 2010, kepolisian Selandia Baru mendapatkan panggilan darurat dari sebuah bar.

Berdasarkan laporan, terdapat seorang pria yang terluka lengkap dengan perbannya dan mengacungkan pistolnya di tengah bar.

Pria tersebut terlihat nggak stabil dan membahayakan. Eh, ternyata pria tersebut adalah seorang aktor yang disewa Ubisoft New Zealand untuk mempromosikan game Splinter Cell terbaru saat itu.

Kebayang nggak, sih, betapa paniknya orang-orang di dalam bar tersebut? Game perang Splinter Cell akhirnya masuk berita, namun bukan untuk hal yang membanggakan.

4. Watch Dogs

4 D33b8

Satu lagi game buatan Ubisoft dengan strategi marketing yang membahayakan dan cukup bodoh. Peluncuran game Watch Dogs di Australia sempat membuat gempar satu negara.

Ubisoft mengirimkan sebuah paket misterius ke sebuah kantor berita di Australia. Di dalamnya terdapat sebuah brankas kecil dan catatan yang menginstruksikan reporter untuk mengecek voicemail.

Sayangnya, reporter yang dituju oleh paket tersebut nggak menggunakan voicemail. Ketika dicoba untuk dibuka, brankas tersebut membunyikan alarm yang membuat seisi gedung panik.

Skuad bom polisi pun dipanggil dan ditugaskan untuk menjinakkan bom tersebut. Ketika berhasil terbuka, ternyata isi brankas tersebut adalah kaset game Watch Dogs. Waduh, kacau banget, nih!

5. Resident Evil 6

5 E86ef

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan game survival zombie terpopuler di dunia satu ini? Mungkin kamu bingung kenapa franchise sebesar ini bisa masuk ke dalam daftar.

Ceritanya, Capcom membuat sebuah toko daging bernama Wesker & Son Resident Evil Human Butchery dalam rangka mempromosikan game Resident Evil 6.

Semua daging yang dijual adalah daging biasa hanya saja dibuat menyerupai potongan tubuh manusia. Meskipun unik, namun konsumen malah pada jijik, geng.

Selain itu, strategi ini dianggap aneh karena Albert Wesker dan Jack, anaknya, bukanlah seorang kanibal yang memakan daging manusia.

6. Fallout 76

6 454ce

Fallout 76 bisa dibilang merupakan game terburuk yang pernah dirilis oleh Bethesda. Hal ini dikarenakan Fallout 76 mengusung tema MMO yang nggak sesuai dengan ciri khas franchise ini.

Demi memperbaiki kesalahan mereka, Bethesda merilis Fallout 76 The Power Armor Edition, yakni edisi premium untuk para kolektor. Salah satu benda yang dijanjikan adalah Duffel Bag berbahan kanvas.

Namun, fans makin kecewa setelah mereka mendapati duffel bag yang mereka dapatkan cuma berbahan nilon yang harganya nggak seberapa.

Memang jahat, udah bayar mahal tapi dapat barang "murahan"! Namun, selang beberapa bulan Bethesda akhirnya meminta maaf dan menggantinya dengan tas berbahan kanvas, geng.

7. Semua Game dari Acclaim

7 Aee2d

Acclaim merupakan perusahaan developer game yang berada di balik game Turok, Burnout 2, Virtua Tenis 2, Shadowman, dan lain-lain. Strategi marketing mereka terbilang eksentrik dan bodoh banget.

Acclaim menawarkan diri untuk membayar denda tilang yang didapatkan konsumen akibat kebut-kebutan untuk membeli game Burnout di toko.

Yang lebih gila lagi, Acclaim mengecat burung merpati seperti bola tenis dan melepasnya di kompetisi tenis internasional, Wimbledon.

Masih banyak lagi, deh, hal gila lainnya yang pernah dilakukan oleh Acclaim untuk mempromosikan game mereka. Nggak heran perusahaan ini akhirnya bangkrut dan tutup.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 game dengan strategi marketing paling bodoh dan gak masuk akal yang pernah ada. Bikin kesel aja ya, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya! Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah Jaka sediakan.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Game Terbaik Epic Games Banner A33e7

10 Game Terbaik Epic Games, Ada yang Dibintangi Artis Hollywood!

397178992034e4b28251caafc412f476

10 Game Terbaik Ini Tetap Menjadi Favorit Gamer Meski Dirilis Berulang-ulang

Game Terbaik Sepanjang Masa Banner B9f58

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Video Game2141739b

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

59d9d78b15792c3f378b1efc24b31c5c

5 Game Terbaik dengan Konsep Dystopia yang Luar Biasa

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game yang Gak Dirilis-Rilis Meskipun Sudah Lama Diumumkan

7 Game yang Gak Dirilis-Rilis Meskipun Sudah Lama Diumumkan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal