J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game yang Kena Sensor Karena Alasan Gak Masuk Akal, Lebay Banget!

7 Game yang Kena Sensor Karena Alasan Gak Masuk Akal, Lebay Banget!

Sabtu, 22 Feb 2020, 14:00 WIB
Menyensor game atas alasan konten eksplisit, sih, sebenarnya boleh-boleh saja. Asalkan, nggak lebay seperti yang dialami oleh ketujuh game berikut ini.

Pernah nggak kamu merasa kesal karena film yang kamu nikmati kena sensor? Nggak cuma film, game pun juga harus melewati proses layak sensor supaya dapat dipasarkan ke konsumen.

Hal tersebut dilakukan demi mencegah game yang dirilis menyasar ke segmen usia yang salah. Nggak etis, kan, jika game dengan adegan eksplisit dimainkan oleh anak-anak kecil?

Meskipun begitu, sensor dalam game juga harus dilandaskan atas alasan yang jelas dan nggak boleh sampai mengubah esensi dari game.

7 Game yang Kena Sensor Karena Alasan Gak Masuk Akal

Supaya cepat balik modal, game juga dipasarkan secara internasional. Masalahnya, nggak semua negara punya aturan yang sama mengenai sensor.

Ketujuh game berikut ini adalah korban dari sensor yang nggak masuk akal. Selain itu, alasannya pun lebay dan bikin geleng-geleng kepala.

Game apa saja, yah, yang kena sensor dengan lebay? Simak langsung, yuk!

1. FIFA 17

1 5ad13

Aneh nggak, sih, ketika kamu melihat game sepakbola FIFA 17 kena sensor? Padahal nggak ada konten seksual maupun sadis sama sekali, lho.

Rusia melarang peredaran game ini akibat sebuah opsi kustomisasi karakter di mana kamu bisa mengganti tali sepatu pemainmu dengan warna pelangi.

Pelangi sendiri merupakan simbol warna yang sering digunakan kaum LGBT. Hal ini dilakukan EA sebagai bentuk dukungan mereka terhadap atlet-atlet LGBT di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah Rusia sangat intoleran terhadap kaum LGBT, terutama di negaranya sendiri. Hal yang dilakukan FIFA 17 dianggap melanggar peraturan di negara tersebut.

2. Metal Gear Solid: Peace Walker

2 9b6c7

Metal Gear Solid: Peace Walker merupakan bagian dari franchise tersukses Konami yang mengusung genre action-stealth.

Game ini mengadopsi banyak elemen orisinal dari versi PS1-nya, nggak terkecuali adegan penyiksaan lewat setruman listrik.

Anehnya, game ini nggak diberi rating Mature (Dewasa) melainkan Teen (Remaja). Adegan penyetruman tersebut disensor dan diganti dengan hukuman gelitikan. Hii.., geli!

3. Half-Life

3 7980c

Half-Life merupakan salah satu franchise game buatan Valve yang hingga kini masih tinggu seri ketiganya. Game ini memiliki genre RPG dan Action.

Dalam game ini, kamu harus mengalahkan dan membunuh musuhmu dengan beragam senjata. Sayangnya, game satu ini disensor habis-habisan di Jerman akibat aturan yang ketat.

Alih-alih mati dan mengeluarkan darah, musuh yang kamu kalahkan malah duduk di lantai dan menggelengkan kepalanya seolah-olah mereka menyesal dengan apa yang mereka lakukan.

4. Mortal Kombat SNES

4 7eb16

Berbicara soal kekerasan dalam game, rasanya kurang kalau nggak membahas soal game fighting, Mortal Kombat. Game ini bahkan jadi alasan berdirinya badan sensor game di Amerika Serikat.

Darah, potongan tubuh, dan usus yang berhamburan rasanya bukanlah pemandangan yang asing dalam game ini. Di tahun 1992, game ini pun dilarang terbit.

Supaya bisa dijual ke masyarakat, developer mengubah darah dalam game menjadi keringat khususnya untuk versi yang dirilis pada konsol SNES, di mana pada kala itu Nintendo mengusung konsep family-friendly.

Untungnya, kini Mortal Kombat sudah kembali lagi ke akarnya termasuk untuk versi yang dirilis pada konsol Nintendo Switch, geng.

5. Ice Climbers

5 D7cbf

Ice Climbers merupakan salah satu game legendaris Nintendo yang pertama kali dirilis untuk konsol NES pada tahun 1985.

Dalam game platformer ini, kamu harus mengontrol 2 anak Eskimo Nana dan Popo yang harus melewati rintangan. Kamu juga harus memukul musuh yang berupa anjing laut.

Ketika dirilis untuk pasar Amerika, Nintendo nggak mau game mereka dianggap mempromosikan kekerasan pada hewan. Mereka pun mengubah anjing laut menjadi monster fiksional, Yeti.

6. Pokemon Go

6 Cb26d

Pokemon Go sempat menjadi game dengan jumlah pemain terbanyak di dunia meskipun akhirnya sepi pemain dalam beberapa bulan saja.

Game berbasis Augmented Reality ini sayangnya dilarang beredar di Arab Saudi karena dianggap membenarkan teori evolusi Charles Darwin. Para ulama bahkan membuat fatwa yang mengharamkan game ini.

Namun, hal tersebut nggak menghentikan para penggemar Pokemon Go di negara tersebut. Buktinya, banyak warga Saudi yang men-download game ini secara ilegal sebelum game-nya dirilis di pasaran.

7. Super Mario World

7 03d6c

Game terakhir yang kena sensor lebay adalah Super Mario World. Meskipun game Super Mario jauh dari kata kekerasan, namun game ini tetap saja kena sensor atas alasan yang lebay.

Dalam sebuah stage di dalam game, Mario yang menunggangi Yoshi harus menghindari segerombol lumba-lumba. Di versi Jepang, kamu bisa mengontrol Yoshi untuk menelan lumba-lumba tersebut.

Supaya aman ketika dipasarkan ke Amerika, Nintendo membuat Yoshi nggak bisa lagi menelan lumba-lumba. Alasannya, sih, mencegah tuduhan kejahatan terhadap hewan.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 game yang kena sensor karena alasan yang nggak masuk akal. Sensor, sih, boleh-boleh saja, asalkan nggak lebay kayak begitu.

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka berikutnya! Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Game Terbaik Epic Games Banner A33e7

10 Game Terbaik Epic Games, Ada yang Dibintangi Artis Hollywood!

397178992034e4b28251caafc412f476

10 Game Terbaik Ini Tetap Menjadi Favorit Gamer Meski Dirilis Berulang-ulang

Game Terbaik Sepanjang Masa Banner B9f58

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Video Game2141739b

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

59d9d78b15792c3f378b1efc24b31c5c

5 Game Terbaik dengan Konsep Dystopia yang Luar Biasa

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game yang Dilarang Dimainkan dengan Alasan Konyol, Gak Masuk Akal Semua?

7 Game yang Dilarang Dimainkan dengan Alasan Konyol, Gak Masuk Akal Semua?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal