J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              PUBG Mobile vs CoD Mobile, Mana yang Lebih Seru?

              PUBG Mobile vs CoD Mobile, Mana yang Lebih Seru?

              00
              Selasa, 8 Okt 2019, 21:00 WIB
              Walau baru saja dirilis, Call of Duty Mobile sudah diperhitungkan menjadi kompetitor PUBG Mobile. Manakah yang lebih baik?

              Sekarang, kalau kita mau ngomongin masalah game first-person shooting (FPS), pasti nggak bisa lepas dari yang namanya PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

              Dari waktu pertama kali dirilis di akhir 2017 untuk PC, popularitas PUBG sudah sangat meroket sampai-sampai game ini berhasil memulai genre sendiri, yaitu battle royale.

              Diambil dari film Jepang yang berjudul sama, popularitas battle royale telah melahirkan beberapa game baru dalam genre ini seperti Fortnite dan Apex Legends.

              Nggak sedikit juga loh, geng, game yang menambahkan mode battle royale sebagai cara untuk menggaet pemain.

              Salah satunya adalah Call of Duty: Mobile (CoD) yang baru saja dirilis akhir September lalu.

              Perbandingan PUBG Mobile dan CoD Mobile

              Untuk perbandingan kali ini, Jaka mau fokus ke versi mobile dari PUBG dan CoD dengan menilik seluk-beluk dari kedua game ini.

              Buat kalian yang belum tahu, CoD itu sebuah franchise FPS dari Activision yang pertama kali keluar di PC di tahun 2003.

              Fakta menarik dari kedua game ini adalah keduanya mendapat campur tangan dari Tencent, selaku publisher dari PUBG Mobile dan juga co-developer dari CoD Mobile.

              Tapi, meskipun memiliki campur tangan dari orang yang sama dan memiliki genre shooter, kedua game ini ternyata memiliki beberapa perbedaan yang mendasar lho, geng!

              Nah, tanpa berbasa-basi lagi, buat kalian yang penasaran apakah CoD Mobile bisa merebut tahta dari PUBG Mobile, langsung dibaca aja, geng!

              Mode Game PUBG Mobile dan CoD Mobile

              CoD Modes A49b8

              Perbedaan yang paling jelas antara keduanya adalah mode game yang tersedia di kedua game tersebut dan tingkat kecepatan dalam game.

              Berbeda dengan PUBG Mobile, CoD Mobile memiliki kecepatan permainan yang jauh lebih tinggi dibandingkan PUBG.

              Di PUBG, kalian bisa menghabiskan waktu lama sebelum bertemu pemain lain dan satu sesi permainan bisa berjalan lama tergantung cara bermain kalian.

              Di CoD Mobile tersedia mode klasik seperti Deathmatch dan Free for All menggunakan map dari seri CoD pendahulu.

              Di sini, kalian nggak akan butuh waktu lama untuk langsung saling tembak-menembak.

              Mode battle royale di CoD juga terasa lebih cepat dan lebih variatif karena ukuran map yang lebih kecil dan pilihan fitur yang lebih banyak meskipun CoD baru rilis.

              Memang agak terkesan subjektif tapi bagi Jaka, untuk saat ini dalam segi mode dan kecepatan permainan, CoD Mobile merupakan pilihan yang lebih baik.

              • Ronde 1: CoD Mobile.

              Gameplay PUBG Mobile dan CoD Mobile

              CoD Loadout 70a07

              Kedua game ini memang sama-sama mengusung genre shooter, tapi eksekusinya bisa dibilang jauh berbeda.

              Sejalan dengan CoD di konsol dan komputer, CoD Mobile mengizinkan pemain untuk menentukan loadout peralatan dan senjata yang akan kamu gunakan sebelum permainan dimulai.

              Ini sangat berbeda dengan PUBG di mana kamu pasti harus melakukan ritual maling lebih dulu dan mencari senjata serta amunisi yang tersebar di map.

              Selain itu, CoD juga memberi kamu pilihan antara 2 mode shooting dan apakah kamu ingin menggunakan tombol fire yang terpisah.

              CoD juga hanya akan memberikan lokasi musuh jika mereka sudah sangat dekat dengan lokasimu sehingga kamu harus lebih peka dengan lingkungan sekitar kalau mau menang.

              Mohon maaf untuk fans PUBG di sini, tapi sayangnya untuk segi gameplay, Jaka untuk saat ini masih lebih memilih CoD Mobile.

              • Ronde 2: CoD Mobile.

              Grafis dan Performa PUBG Mobile dan CoD Mobile

              CoD Mobile Graphics 01d71

              Untuk masalah gambar dan performa PUBG Mobile dan CoD Mobile, mayoritas akan bergantung kepada spesifikasi handphone yang kamu gunakan.

              Tapi, dari apa yang sudah Jaka coba cicipi dari kedua game ini, CoD Mobile jauh lebih bersahabat di HP yang Jaka gunakan.

              PUBG Mobile memang sudah terkenal karena reputasinya sebagai salah satu game terberat di Android dan Jaka sudah was-was kalau CoD Mobile juga akan seperti itu.

              Makanya, geng, Jaka lumayan terkejut waktu akhirnya mencicip sedikit CoD Mobile dan langsung terasa jelas perbedaannya dengan PUBG Mobile.

              Yang paling bikin Jaka terkejut adalah CoD Mobile bukan cuma lebih lancar dari PUBG Mobile, geng! Gambarnya juga kelihatan lebih jernih.

              Sekali lagi, Jaka mohon maaf karena harus mengecewakan fans PUBG Mobile, tapi dari segi grafis dan performa, CoD Mobile masih lebih baik.

              • Ronde 3: CoD Mobile.

              Mana yang Lebih Baik, PUBG Mobile Atau CoD Mobile?

              Waduh, geng, kalau ini final Liga Champions, pasti kalian semua kecewa soalnya ternyata CoD Mobile menang telak kalau dibandingkan dengan PUBG Mobile.

              Tapi buat kalian yang sudah jatuh cinta sama PUBG Mobile, jangan berkecil hati dulu, geng. Seperti yang Jaka bilang diatas, beberapa hal yang Jaka bahas disini memang subjektif.

              Meskipun Jaka juga suka main PUBG Mobile, level kecepatan yang ditawarkan di CoD Mobile itu nilai plus yang sangat tinggi.

              Soalnya, kalau Jaka terlalu sering main game yang berdurasi panjang seperti PUBG Mobile, nanti Jaka nggak bisa menulis banyak-banyak lagi. Kalian pasti bakal kangen, kan?

              Akhir Kata

              Seperti itulah, geng, pendapat Jaka mengenai kedua game tersebut. CoD Mobile patut diacungi jempol karena mampu menjadi kompetitor tangguh PUBG meskipun baru keluar.

              Buat kalian yang masih ragu untuk mencicipi CoD Mobile, Jaka harap artikel ini bisa meyakinkan kamu untuk download supaya kita bisa main bareng.

              Jaka tunggu kehadirannya di CoD Mobile ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal