J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Plot Twist Paling Gila dalam Sejarah Video Game, Jadi Legenda!

7 Plot Twist Paling Gila dalam Sejarah Video Game, Jadi Legenda!

Kamis, 2 Jan 2020, 12:00 WIB
Bukan cuma film yang bisa menggunakan teknik plot twist, geng! Di sini Jaka mau membahas sejumlah plot twist paling gila dalam sejarah video game. Penasaran?

Geng, apakah kalian bisa membayangkan kalau kita hidup di dunia di mana semua cerita yang kita konsumsi memiliki jalan cerita yang bisa ditebak dengan mudah?

Dijamin bakal membosankan soalnya buat apa juga kita menghabiskan waktu nonton film sampai selesai kalau kita sudah tahu apa yang akan terjadi setelahnya?

Nah, hal inilah yang membuat teknik penceritaan dengan plot twist itu banyak ditemukan di dunia film jadi kita bisa setidaknya keluar dari zona nyaman kita, geng.

Nggak mau kalah dengan dunia film, teknik ini juga banyak digunakan di dunia video game dan sering banget membuat Jaka mengeluarkan kata-kata kasar karena sangat nggak bisa ditebak!

7 Plot Twist Tergila Dalam Video Game

Awalnya, video game hanya digunakan sebagai hiburan saja dan tidak memiliki jalan cerita seperti yang bisa kalian lihat di game klasik Minesweeper.

Lambat laun, video game itu sendiri berkembang menjadi lebih kompleks dan mulai menggunakan teknik yang awalnya hanya terbatas di film atau buku seperti plot twist.

Nah, di kesempatan ini, Jaka ingin membahas 7 plot twist tergila dalam video game yang dijamin bakal bikin kamu mangap!

Tentunya bakal ada spoiler dari game yang bersangkutan di sini jadi Jaka mohon maaf sebelumnya kalau kalian merasa tersinggung, geng.

1. Nasib Aerith (Final Fantasy VII)

Aerith C8648

Sebenarnya, kematian karakter bukan hal yang aneh di seri RPG legendaris Final Fantasy dari developer Squaresoft/Square Enix.

Tapi Aerith dari Final Fantasy VII merupakan karakter utama pertama yang kematiannya terjadi di pertengahan cerita, suatu hal yang jarang terjadi di dunia video game, geng.

Meskipun game Final Fantasy VII saat itu memiliki grafis yang kalah jauh dibandingkan game zaman sekarang, banyak pemain yang tersentuh hatinya karena kematian Aerith.

Sampai sekarang, kematian Aerith yang sangat tiba-tiba ini masih menjadi salah satu momen paling memorable di sejarah video game, geng.

2. Terkuaknya Karakter Revan (Star Wars: Knights of the Old Republic)

Star Wars KoToR 2fe2f

Bertempat 4 ribu tahun sebelum kisah Skywalker Saga yang ditunjukkan di seri film Star Wars, game RPG ini mengisahkan petualangan seorang prajurit muda di sisi Republic.

Diceritakan bahwa beberapa waktu sebelum game ini dimulai, Republic berhasil mengalahkan Darth Revan, seorang Jedi yang membelot terhadap Republic.

Tepat di babak akhir cerita, terkuak kalau karakter yang kamu mainkan itu ternyata adalah Revan yang sudah dicuci otak oleh Jedi, geng!

Selain dari gameplay yang sangat memuaskan, developer BioWare menerima banyak pujian atas plot twist yang sama sekali nggak disangka ini.

3. Kepribadian Asli Tim (Braid)

Braid 64dec

Secara sekilas, game platformer Braid yang dibuat oleh satu orang, Jonathan Blow, mirip dengan game Super Mario Bros. klasik.

Di sini, kamu berperan sebagai karakter Tim yang ditugaskan untuk menyelamatkan seorang putri yang telah diculik oleh sebuah monster jahat.

Lambat laun, sifat karakter Tim sendiri mulai dipertanyakan dan di level terakhir dari game, ditunjukkan kalau Tim adalah monster itu sendiri, geng!

Blow menerima banyak pujian atas gameplay manipulasi waktu unik yang terdapat di game ini dan atas cerita Braid yang memang sangat menarik.

4. Nasib John Marston (Red Dead Redemption)

Red Dead Redemption 76c53

Dalam bahasa Inggris, kata Redemption kasarnya bisa diartikan sebagai aksi seseorang untuk menebus dosa mereka yang menjadi tema utama game Rockstar, Red Dead Redemption.

Di sini, kamu akan berperan sebagai mantan koboi kriminal John Marston dalam perjuangannya untuk menangkap rekan kriminal dari masa lalunya atas paksaan pemerintah.

Sayangnya, pengampunan dosa di sini hanyalah khayalan belaka karena di akhir game, pemerintah Amerika tetap membunuh John meskipun dia sudah berhasil melaksanakan tugasnya.

Banyak kritik yang sangat menyayangkan nasib tragis John di sini dan sampai sekarang, plot twist yang satu ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia video game.

5. Karakter Atlas dan Jack (BioShock)

BioShock 8228c

Di video game, kita sudah terbiasa menjalankan perintah atau permintaan dari karakter lain dan klise ini yang diangkat di game FPS BioShock dari developer Irrational Games.

Di sini, kamu berperan sebagai Jack, korban kecelakaan pesawat yang terdampar di kota Rapture dan dibantu oleh Atlas dalam melawan diktator gila Andrew Ryan.

Tapi, di tengah cerita ditunjukkan kalau Atlas sendiri telah mengontrol Jack melalui kalimat Would you kindly yang membuat Jack tunduk pada semua perintah Atlas, geng!

Ken Levine selaku kepala kreatif dari Irrational Games menerima banyak pujian atas cerita game ini dan sampai sekarang, BioShock disebut sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa.

6. Identitas Origami Killer (Heavy Rain)

Heavy Rain 06bea

Developer Quantic Dream yang pernah terlibat kontroversi memiliki reputasi atas game mereka yang selalu memiliki cerita kompleks dan salah satunya adalah Heavy Rain.

Game ini menceritakan usaha Ethan, Madison, Norman, dan Scott dalam menghentikan aksi seorang pembunuh berantai yang dijuluki sebagai Origami Killer.

Di akhir cerita, ditunjukkan kalau Origami Killer ternyata adalah salah satu karakter yang telah kita kendalikan yaitu Scott, geng!

Plot twist yang satu ini sebenarnya lumayan kontroversial karena nggak sedikit yang menganggap ini sedikit maksa tapi memang sama sekali nggak disangka-sangka.

7. Kondisi Mental Walker (Spec Ops: The Line)

Spec Ops The Line Aa2e6

Sudah banyak film yang menunjukkan kalau perang dapat merusak kondisi mental seseorang dan efek ini yang ditunjukkan di game perang Spec Ops: The Line.

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Walker, komandan sebuah tim Delta Force yang ditugaskan untuk masuk ke kota Dubai yang hancur setelah diserang oleh serangkaian badai pasir.

Sesampainya di sana, Walker disambut oleh Konrad, seorang mantan kolonel Amerika yang menjadi diktator setelah mencoba menjaga kedamaian di reruntuhan Dubai.

Di akhir game, ternyata ditunjukkan kalau Konrad ternyata sudah mati sejak lama dan Walker telah menghalusinasikan keberadaan Konrad selama ini.

Game ini sendiri sangat terinspirasi dari novel Heart of Darkness yang memiliki tema yang sama yang juga bisa dilihat di film perang Apocalypse Now.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 plot twist tergila dalam video game. Jangan bandingkan plot twist di atas dengan plot twist ecek-ecek yang sering muncul di film.

Apakah kalian sudah pernah memainkan game di atas? Atau ada plot twist lain yang ingin kalian bahas di sini? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Buat Banner 7f192

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

Momen Paling Mengerikan Game Banner 2da6e

7 Momen Paling Mengerikan dari Video Game, Lebih Serem dari Film Horor!

B28b1d84029d12faa1fcef9bc0e004e8

PewDiePie Juga Kena! Dan Ini 7 Kontroversi Terbesar yang Pernah Ada di Dunia Game

Banner 4c415

7 Kontroversi Video Game Terbesar di Tahun 2019, dari Pokemon Sampai Google Stadia!

Banner 1b154

5 Alasan Kenapa Sekiro Gak Layak Menang Game of the Year, Cuma Hoki & Terlalu Overrated?!

Banner 70d83

7 Game dengan Hype Besar Tapi Malah Gagal di Pasaran, Omong Kosong Doang?!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Pengkhianatan Paling Mengejutkan di Video Game, Gak Bisa Ketebak Sampai Akhir?

7 Pengkhianatan Paling Mengejutkan di Video Game, Gak Bisa Ketebak Sampai Akhir?

7 Game dengan Alur Cerita Terbaik, Nggak Kalah Sama Novel Best Seller!

7 Game dengan Alur Cerita Terbaik, Nggak Kalah Sama Novel Best Seller!

7 Plot Twist Buruk yang Merusak Video Game, Mending Gak Usah Dimasukkin!

7 Plot Twist Buruk yang Merusak Video Game, Mending Gak Usah Dimasukkin!

7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal