J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Versi Aslinya, Memangnya Gak Malu?

7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Versi Aslinya, Memangnya Gak Malu?

Rabu, 25 Des 2019, 13:00 WIB
Meskipun meniru game lain secara terang-terangan, ketujuh game plagiat ini malah jadi lebih sukses dibanding game aslinya. Adakah game favoritmu, geng?

Menciptakan sebuah video game tentu adalah suatu proses yang sangat sulit. Nggak hanya jago programming saja, kamu juga harus mencari ide unik agar game buatanmu beda dari yang lain.

Salah satu caranya adalah dengan mencari inspirasi dari game-game lain yang telah ada. Namun, game baru tersebut nggak boleh meniru game lain habis-habisan.

Tentu saja, semakin sukses sebuah game, semakin sering juga game tersebut jadi inspirasi buat game lain. Nggak jarang, game keren tersebut malah diplagiat, geng.

7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Versi Aslinya

Meskipun plagiat alias meniru ide orang lain merupakan hal yang nggak etis dan salah, namun praktik ini sering banget dilakukan di industri game dan kreatif, lho.

Malahan, ada juga beberapa game plagiat yang malah lebih laku dibanding versi orisinalnya. Pasti kamu penasaran, kan? Yuk, simak artikel berikut!

1. Guitar Hero (GuitarFreaks)

1 687de

Guitar Hero merupakan salah satu game paling ikonik yang dirilis pertama kali untuk platform PS2 tahun 2005. Game simulasi ini bikin kamu berasa jago main gitar.

Cukup memencet tombol-tombol tertentu, melodi dari instrumen gitar bakal mengalun seakan-akan kamu yang memainkan instrumen tersebut.

Saking suksesnya game ini, nggak ada yang tahu kalau ternyata Guitar Hero adalah plagiat dari game Konami tahun 1999 yang berjudul GuitarFreaks.

2. Crash Team Racing (Mario Kart)

2 Fd1fa

Kalau tadi kita sudah membicarakan game PS2, kini saatnya kita beralih ke game PS1 legendaris, yakni Crash Team Racing atau CTR.

Berbeda dengan game balapan lainnya, kamu bisa mengumpulkan item-item yang membantumu untuk memenangkan balapan, seperti roket dan lain-lain.

Game ini sukses banget bahkan sampai mengalahkan kepopuleran game Nintendo yang telah terlebih dahulu rilis, yaitu Mario Kart.

Bisa dibilang ini merupakan persaingan Nintendo vs Sony nih! Wah, kira-kira Sony bayar royalti nggak, ya?

3. Fortnite (PlayerUnknown's Battlegrounds)

3 739fa

Perdebatan mengenai 2 game battle royale terbesar di dunia antara Fortnite dan PlayerUnknown's Battlegrounds sudah berlangsung sejak lama.

Meskipun muncul duluan, kepopuleran PUBG hanya sebatas di benua Asia saja. Fortnite yang meniru dan memodifikasi PUBG, justru malah lebih sukses di seluruh dunia.

Nggak tanggung-tanggung, kejuaraan eSports Fortnite pun menjadi salah satu kompetisi eSports terbesar dengan jumlah penonton yang nggak kalah sama Dota 2.

4. Mobile Legends (League of Legends)

4 9dbcf

Beberapa tahun yang lalu, sempat muncul isu kalau Mobile Legends bakal ditutup secara paksa. Alasannya adalah karena game ini dilaporkan ke pengadilan atas kasus plagiarisme.

Riot Games nggak terima kalau game MOBA buatan mereka, League of Legends, ditiru habis-habisan oleh Mobile Legends. Apalagi, Mobile Legends saat itu mampu mencapai kesuksesan dalam waktu yang singkat.

Tencent, induk Riot Games pun ikut turun tangan dalam hal ini. Alhasil, Moonton selaku developer Mobile Legends harus membayar denda sebesar US$ 2,9 juta kepada Riot Games.

5. Candy Crush (Bejeweled)

5 696c6

Ada banyak banget game puzzle mencocokkan gambar di luar sana. Namun, banyak fans genre ini yang menganggap bahwa Bejeweled adalah yang pertama.

Game mencocokkan batu mulia ini sayangnya sudah turun dari takhta dan digantikan oleh game mencocokkan permen, yakni Candy Crush.

Candy Crush memiliki gameplay yang benar-benar meng-copy milik Bejeweled. Namun, game ini sekarang malah jauh lebih sukses dibanding game aslinya.

6. Forza (Gran Turismo)

6 2332f

Kalau kamu mulai bermain game di konsol PS1, pasti kamu sudah nggak asing dengan game balap mobil realistis, Gran Turismo.

Ketika Gran Turismo hadir di tahun'90-an, game ini langsung menjadi primadona genre balap. Nggak ada game lain yang bisa menyaingi game ini.

Namun, dominasi tersebut dipatahkan oleh Forza series yang mulai hadir pada pertengahan 2000-an. Bahkan, kini reputasi Forza melambung lebih tinggi dibandingkan Gran Turismo.

7. Castlevania: Symphony of The Night

1 756dd

Addakah dari kamu yang pernah memainkan game Castlevania: Symphony of The Night? Kalau pernah, mungkin kamu akan merasa kalau game ini mirip baget dengan game Super Metroid.

Wajar saja, soalnya kedua game ini memiliki mekanisme senjata, map, serta gameplay yang kurang lebih sama, geng.

Meskipun begitu, Castlevania justru dianggap lebih sukses karena mampu mendefinisikan genre serta menjadi inspirasi bagi banyak game lainnya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 game plagiat yang malah lebih sukses dibandingkan game aslinya. Meskipun sukses, kelakuan game-game tersebut nggak patut ditiru ya, geng.

Kalau kamu punya saran atau pendapat, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Game Terbaik atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
5 Situs Guide Walkthrough Game Terbaik Tamatin Game Makin Mudah 52495

5 Situs Guide & Walkthrough Game Terbaik, Tamatin Game Makin Lancar!

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

72ddf08ffbcabd59f2a6bed227f6a794

6 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Banner 6f66f

7 Game Terbaik Buatan Konami yang Pernah Ada, Gak Cuma PES!

Tom Clancys The Division Standard Editionpdp3840x2160enww

7 Game Terbaik Buatan Ubisoft! Assassin's Creed Syndicate, For Honor

7 Game Terbaik Dari Franchise Call Of Duty Mana Yang Jadi Favoritmu B8374

7 Game Terbaik dari Franchise Call of Duty, Mana yang Jadi Favoritmu?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Daftar Game Android Terbaik 2019 Versi Google Play, PUBG Mobile Gak Termasuk?

Daftar Game Android Terbaik 2019 Versi Google Play, PUBG Mobile Gak Termasuk?

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

8 Game Dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Seharga 10 Kali Naik Haji!

8 Game Dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Seharga 10 Kali Naik Haji!

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal