J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perusahaan Video Game yang Bangkrut Karena Salah Ambil Keputusan

7 Perusahaan Video Game yang Bangkrut Karena Salah Ambil Keputusan

Senin, 24 Agt 2020, 18:00 WIB
Sebuah perusahaan video game bisa saja mengalami gulung tikar karena membuat keputusan yang salah. Itulah yang dialami oleh 7 perusahaan berikut ini.

Dunia game mengalami evolusi, terlihat dari kualitas grafis dan jalan cerita yang menjadi semakin baik. Kini game yang biasanya dimainkan di konsol bisa dimainkan di layar laptop maupun ponsel kita.

Namun seiring waktu, beberapa perusahaan video game juga harus mengalami gulung tikar karena berbagai alasan. Bisa karena turunnya peminat, konsol yang tidak laku, ataupun kesalahan yang fatal.

Ada sejumlah perusahaan video game yang tutup karena keputusan yang salah. Di artikel berikut ini, Jaka bakal membahas selengkapnya.

Perusahaan Video Game yang Tutup Karena Keputusan yang Salah

Perusahaan Video Game Tutup Karena Keputusan Salah 82635

Jika kamu adalah gamers jadul, mungkin kamu mengenal sejumlah video game populer yang banyak dimainkan. Perusahaan video game berusaha memperbaiki kualitas grafis jadi baik seiring waktu agar tak tergerus zaman yang terus berkembang.

Namun hanya karena satu keputusan yang salah, perusahaan-perusahaan ini harus menemui akhirnya dan gulung tikar. Bahkan beberapa di antaranya adalah perusahaan video game besar yang memproduksi game-game legendaris.

Perusahaan apa sajakah itu? Simak terus di artikel ini karena Jaka bakal membahasnya secara lengkap.

1. Atari

Perusahaan Video Game Tutup Atari Ae57f

Atari bagaikan nenek moyang dari seluruh video game, bahkan bisa dibilang mereka yang menjadi awal mula video game itu berasal. Sejak didirikan tahun 1972, Atari sudah mengalami kesuksesan besar.

Mereka mengembangkan sejumlah game legendaris seperti Pac-Man. Namun setelah mengalami masalah di tahun 1983, perusahaan ini terpaksa memutuskan untuk terbagi menjadi dua perusahaan.

Satu perusahaan akan memproduksi game arcade, satunya akan memproduksi game PC. Nggak lama kemudian, Atari jatuh bangkrut di tahun 2013.

2. SEGA

Perusahaan Video Game Tutup Sega 759da

Siapa yang nggak kenal SEGA? Perusahaan video game besar sejak tahun 1940 ini dulunya adalah pembuat game arcade terbaik sampai akhirnya membuat game rumahan.

Namun, perusahaan yang namanya mendunia setelah memproduksi Sonic the Hedgehog ini mengalami anjlok dan masalah finansial dari tahun 1998 sampai 2002.

Pada akhirnya, perjuangan mereka berakhir harus gulung tikar. Namun kegagalan ini bisa mereka hindari setelah berpindah menjadi memproduksi software saja dan secara sukses membangkitkan SEGA kembali.

3. Broderbund

Perusahaan Video Game Tutup Broderbund 59a9d

Broderbund awalnya memproduksi sejumlah game strategi, namun kemudian mereka beralih membuat game populer seperti Prince of Persia dan Choplifter.

Bekerjasama dengan Sierra Online, sebuah publisher yang dikenal memiliki grafis yang bagus, Broderbund memproduksi game-game dengan gambar berkualitas tinggi.

Namun satu keputusan salah yang mereka buat adalah saat ingin membeli The Leaning Company, yang justru malah lebih kaya dan membuat mereka bangkrut.

4. THQ

Perusahaan Video Game Tutup Thq 36b0e

Perusahaan video game THQ terkenal akan game wrestling yang populer, seperti WWE WrestleMania atau WWF Smackdown. Nama THQ adalah akronim dari Toy HeadQuarters.

Awal dengan membuat game smackdown membuka jalan mereka ke kesuksesan, apalagi diajak kerjasama dengan perusahaan entertainment besar seperti WWE, Nickelodeon, Disney, Pixar, dan DreamWorks.

Namun karena kurang mainstream, perusahaan ini mengalami kesulitan finansial. Karena mereka memutuskan untuk tidak melakukan apa-apa untuk mengatasinya, akhirnya perusahaan ini gulung tikar di tahun 2012.

5. Hudson

Perusahaan Video Game Tutup Hudson Dc1b5

Game seperti Bomberman dan Mario Party diproduksi oleh perusahaan video game besar bernama Hudson. Didirikan tahun 1973, mereka berawal dari toko yang menjual barang elektronik bekas.

Meskipun tidak tutup seperti banyak perusahaan yang seperti Jaka jelaskan, namun justru perusahaan ini 'dilahap' oleh perusahaan video game lainnya, yakni Konami.

Saat Hudson mengalami kesulitan keuangan, Konami adalah pemegang saham terbesar mereka. Perlahan, Konami menjadi semakin besar dan mengendalikan perusahaan tersebut hingga akhirnya mereka harus melikuidasi seluruh aset Hudson di tahun 2011.

6. Tiger Telematics

Perusahaan Video Game Tutup Tiger Telematics 6209e

Tiger Telematics memiliki kisah yang cukup aneh. Mereka dikenal sebagai perusahaan video game yang menjual konsol game gagal dan terburuk di dunia, Gizmondo.

Mereka membuat keputusan yang salah saat merekrut Stefan Erikkson. Mereka meluncurkan Gizmondo dengan biaya yang super besar dan bahkan membuat pesta dan acara-acara besar.

Namun sayang, Gizmondo tidak terjual sebanyak itu dan mereka tidak bisa membayar jutaan dolar yang telah mereka habiskan dan jatuh bangkrut. Nggak hanya itu, Stefan ternyata terbukti adalah seorang kepala grup mafia Swedia. Walah!

7. SNK

Perusahaan Video Game Tutup Snk C4cef

Perusahaan SNK (Shin Nihon Kikaku) berusaha untuk mengalahkan SEGA dan Sony dengan membuat hardware bernama Neo Geo. Sayangnya itu adalah keputusan yang salah.

Perusahaan video game dan konsol ini memang membuat sistem hardware yang lebih kuat, namun harganya kemahalan dan waktu peluncurannya juga tidak tepat.

Pada akhirnya, hal ini membawa perusahaan SNK menjadi bangkrut karena kurangnya penjualan di tahun 2001. Namun belakangan ini, SNK kembali bangkit dengan slogan "The Future is Now".

Akhir Kata

Sebuah keputusan memang bisa membawa satu perusahaan menuju masa depan yang cerah namun juga buruk. Karena itu, keputusan memang harus dibuat dengan matang dan bulat agar tidak membawa kerugian nantinya.

Jangan sampai perusahaan video game lainnya bernasib sama seperti deretan perusahaan game di atas yang gulung tikar karena kesalahan fatal.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Video Games atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 1 763ec

10 Adegan Paling Tragis Sepanjang Sejarah Video Game

4217d4c0839a15ade90d4019952b3768

10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

88f6947d30aaa7ed2ce4273db29ef8f2

10 Video Game Ini Mengandung Pesan Dewasa, Anak Kecil Dilarang Main!

D86dee53da560b817b2d8564c188257a Xbox Controller Xbox Games

10 Momen Paling Sadis Dan Bikin Mual Di Video Game, Berani Lihat?

F3fb9e88d060996af3cf39c1c2413c55

10 Video Game Multiplayer Terbaik Untuk Menghabiskan Waktu Luang

Af41c14ad2ca29dcf5d8af08cdd8432f

10 Video Game Terbaru 2017 yang Wajib Kalian Mainkan Minimal Sekali Seumur Hidup

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Bikin Kesalahan Fatal, 7 Developer Game Ini Akhirnya Bangkrut

Bikin Kesalahan Fatal, 7 Developer Game Ini Akhirnya Bangkrut

7 Game yang Dirahasiakan Pembuatannya, Bikin Kepo Sejuta Umat!

7 Game yang Dirahasiakan Pembuatannya, Bikin Kepo Sejuta Umat!

7 Game dengan Bujet Mahal yang Gagal di Pasaran, Rugi Bandar!

7 Game dengan Bujet Mahal yang Gagal di Pasaran, Rugi Bandar!

7 Urban Legend Paling Megerikan di Video Game, Banyak Arwah Gentayangan!

7 Urban Legend Paling Megerikan di Video Game, Banyak Arwah Gentayangan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal