J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbedaan Mode Battle Royale di PUBG Mobile dan COD Mobile, Mana yang Lebih Seru?

              Perbedaan Mode Battle Royale di PUBG Mobile dan COD Mobile, Mana yang Lebih Seru?

              00
              Kamis, 10 Okt 2019, 14:30 WIB
              Mirip seperti PUBG Mobile, COD Mobile juga menghadirkan mode battle royale dengan kemasan yang lebih unik. Bisakah menyaingi PUBG Mobile?

              Kehadiran game Call of Duty: Mobile cukup fenomenal. Nggak cuma di Indonesia, orang-orang di luar negeri juga keranjingan main game FPS ini.

              Wajar, sih, sebelum rilis di HP, Call of Duty merupakan salah franchise game FPS terbaik yang pernah ada. Franchise milik Activision ini juga telah merilis belasan judul game yang keren-keren.

              Kehadiran COD Mobile cukup mengusik dominasi PUBG Mobile sebagai raja game mobile, apalagi mode battle royale unik yang diusung oleh COD Mobile.

              Perbedaan Mode Battle Royale di PUBG Mobile dan COD Mobile

              Sebelumnya, Jaka sudah pernah menulis artikel mengenai perbandingan antara COD Mobile dan PUBG Mobile, yang hasil akhirnya dimenangkan oleh COD Mobile.

              Nah, dalam artikel ini, Jaka bakal membandingkan kedua game tersebut dengan lebih detail, tepatnya mode battle royale.

              Mampukah mode battle royale COD Mobile mengalahkan gameplay PUBG Mobile yang notabene adalah asal muasal genre battle royale? Langsung saja cek artikel berikut!

              1. Gameplay

              1 7dd0d

              Pada dasarnya, mode battle royale di COD Mobile dan PUBG Mobile kurang lebih sama. Satu-satunya perbedaan yang menonjol adalah hadirnya sistem Class.

              Dalam COD Mobile, kamu bisa memilih 1 dari 6 class yang ada, yakni Defender, Mechanic, Scout, Clown, Medic, dan Ninja.

              Keenam class tersebut memiliki skill atau kemampuan yang berbeda. Contohnya, Ninja yang lincah kaya Spiderman karena bisa menggunakan grappling hook.

              Perbedaan lainnya, kamu bisa menghidupkan kembali temanmu yang sudah mati di COD Mobile. Kamu harus mengumpulkan dogtag yang ada di sekitar mayat temanmu.

              Setelah mengambil dogtag milik temanmu, dalam beberapa menit, temanmu yang sudah mati akan terjun kembali ke medan pertempuran. Mirip Apex Legends gitu, geng.

              Dalam permainan, kamu juga bisa meng-upgrade skill dari class yang kamu pilih dengan mengumpulkan item khusus. Skill kamu bakal jadi lebih hebat dari biasanya.

              2. Karakter

              2 2990e

              Meskipun COD Mobile sangat populer sebagai game multiplayer, seri-seri awal dari franchise game ini merupakan game singleplayer dengan mode campaign.

              Dalam mode campaign tersebut, kamu harus menyelesaikan misi sesuai dengan plot game. Di sini pula kamu bakal diperkenalkan dengan beberapa karakter ikonik.

              Mirip dengan PUBG Mobile yang memiliki skin, COD Mobile juga memiliki skin karakter, hanya saja skin tersebut merupakan karakter ikonik dari serial Call of Duty.

              Namun, kustomisasi karakter dalam COD Mobile terasa lebih realistis dibandingkan dengan di COD Mobile. Mana yang lebih unggul sebenarnya lebih ke urusan selera saja, geng.

              3. Lobby Game & Terjun

              3 E1f62

              Sama seperti game battle royale lainnya, sebelum terjun ke medan pertempuran, kamu harus terlebih dahulu menunggu di lobby game bersama orang lain.

              Dalam PUBG Mobile, kamu bisa melemparkan apel atau benda-benda lain supaya nggak bosan ketika menunggu. Berbeda dengan di COD Mobile, geng.

              Dalam lobby COD Mobile, kamu bisa mencoba semua class beserta skill yang dimiliki, sembari menunggu player lain untuk bergabung.

              Ketika terjun dari pesawat, karaktermu di COD Mobile akan menggunakan glider sehingga kamu dapat terjun lebih jauh.

              Selain itu, parasut kamu juga akan langsung memiliki parachute trail seperti di PUBG Mobile.

              4. Map

              4 15e1d

              Kalau urusan Map atau peta, PUBG Mobile masih lebih unggul dibandingkan COD Mobile. PUBG Mobile memiliki 4 map dengan karakteristik dan iklim yang berbeda.

              Selain itu, map PUBG mobile juga nampak lebih besar dan bervariasi, berbeda dengan map COD Mobile yang terkesan kecil dan lokasinya mirip-mirip.

              Salah satu keunikan COD Mobile adalah hadirnya zombie di dalam map. Zombie tersebut akan muncul secara random untuk menghabisimu.

              Nggak cuma zombie biasa saja, ada juga lokasi tertentu di map di mana kamu bisa memanggil Cerberus, zombie anjing raksasa yang serem banget.

              5. Grafis & Tampilan Antarmuka

              5 Ff2bb

              Karena sama-sama dikembangkan oleh perusahaan game raksasa China, Tencent, kedua game ini tampak memiliki grafik dan interface yang mirip.

              Interface yang ditampilkan dalam COD Mobile agak sedikit berbeda dengan PUBG Mobile. Dalam COD Mobile, interface atau antarmuka terlihat lebih modern.

              Sama-sama mengusung grafik yang realistis, kedua game ini bikin orang dengan HP kentang menjadi jiper. Padahal, COD Mobile lebih enteng dibandingkan PUBG Mobile, lho.

              Meskipun memiliki grafis HD yang mirip, COD Mobile hanya membutuhkan RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan 1GB saja untuk dimainkan.

              Hal tersebut menjadikan COD Mobile lebih unggul dibandingkan PUBG Mobile.

              6. Jenis Kendaraan

              6 79020

              Perbedaan terakhir adalah kendaraan yang hadir dalam mode battle royale di kedua game tersebut. PUBG Mobile memiliki beragam jenis kendaraan darat dan laut.

              Mulai dari motor, mobil sedan, mobil jeep, speedboat, hingga mobil ber-armor. Meskipun banyak, namun mayoritas kendaraan merupakan kendaraan sipil.

              Berbeda dengan COD Mobile yang dilengkapi dengan kendaraan udara, yakni helikopter. Meskipun jumlahnya sedikit, namun varian kendaraan di COD Mobile lebih beragam.

              Kesimpulan

              Meskipun COD Mobile nampak menawarkan fitur dan gameplay yang lebih immersive, namun secara kestabilan game, PUBG Mobile masih lebih unggul.

              Wajar, sih, karena COD juga belum lama terjun ke dalam genre battle royale. PUBG Mobile merupakan pilihan terbaik kalau kamu ingin main game battle royale yang temponya lambat.

              Sebaliknya, kalau kamu ingin merasakan tempo permainan yang cepat, kamu wajib banget memainkan mode multiplayer selain battle royale di COD Mobile, seperti Team Deathmatch, Frontline, dan lain-lain.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai perbedaan mode battle royale di PUBG Mobile dan COD Mobile. Menurut kamu, manakah yang lebih unggul, geng?

              Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yah!

              Baca juga artikel seputar Battle Royale atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal