J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Konsol yang Memiliki Nama Berbeda di Berbagai Negara, Nintendo Punya Dua Nama!

5 Konsol yang Memiliki Nama Berbeda di Berbagai Negara, Nintendo Punya Dua Nama!

Selasa, 10 Des 2019, 20:00 WIB
Bukan cuma superhero yang bisa punya dua nama, konsol juga bisa, geng! Di sini Jaka mau share 5 konsol yang memiliki nama berbeda di berbagai negara.

Geng, kalo kalian punya kenalan yang berasal dari Jepang, Korea, Perancis, atau Jerman, coba deh kalian berbicara tentang Pokemon dengan mereka. Jaka jamin pasti bakal saling bingung.

Hal ini dikarenakan banyak Pokemon yang memiliki nama berbeda di dalam keempat bahasa di atas dibandingkan dalam bahasa Inggris yang kita sudah kenal di Indonesia.

Di era globalisasi seperti ini, sudah sedikit kasus seperti itu tapi di masa di mana internet masih belum ada, banyak produk yang memiliki nama berbeda di daerah yang berbeda, geng!

5 Konsol yang Memiliki Nama Berbeda di Berbagai Negara

Sebelumnya, Jaka sudah sempat membahas game yang memiliki judul aneh di negara lain, tapi ternyata bukan cuma game yang mengalami kasus ini.

Di tahun 70-an sampai 90-an, ternyata banyak juga konsol yang memiliki nama berbeda tergantung posisi geografis kalian loh!

Konsol itulah yang ingin Jaka bahas di sini melalui daftar 5 konsol yang memiliki nama berbeda di berbagai negara! Konsol ternyata juga bisa mengalami krisis identitas, geng!

1. Nintendo Entertainment System (NES) dan Family Computer (Famicom)

Anak tahun 80-an pasti sudah kenal dengan konsol kotak-kotak NES Endengan desain kontroler yang sampai sekarang selalu bikin Jaka langsung 'awwwwww' karena keimutannya.

Di Indonesia sendiri, produk ini sering disebut dengan nama perusahaan yang membuat konsol ini, Nintendo, dan bukan nama produknya, seperti mainan Tamiya, geng.

Tapi di Jepang sendiri NES dikenal dengan nama Family Computer (Famicom). Nintendo menggunakan nama NES di Amerika karena pada saat itu pasar konsol memiliki reputasi yang sangat buruk.

Setelah kegagalan Atari 2600 karena game E.T. yang sangat buruk, Nintendo memutuskan untuk memasarkan konsol di Amerika mereka menggunakan nama dan tampilan yang baru.

2. Super Nintendo Entertainment System (SNES) dan Super Famicom

Setelah kesuksesan NES yang membangkitkan pasar konsol di seluruh dunia, Nintendo kembali lagi dengan penerusnya, Super NES (SNES) yang inovatif.

Karena sudah terlanjur menggunakan nama dan tampilan yang berbeda untuk pasar Amerika dengan NES, Nintendo akhirnya memutuskan untuk menggunakan strategi yang sama dengan SNES.

Akhirnya, meskipun konsol yang satu ini disebut dengan nama Super Famicom di Jepang, konsol ini dikenal dengan nama Super NES di Amerika dan daerah lain.

Untungnya, untuk penerus SNES, Nintendo 64, Nintendo memutuskan untuk menggunakan nama dan tampilan yang sama di seluruh dunia jadi sudah nggak membingungkan lagi.

3. Sega Master System dan Sega Mark III

Melihat kesuksesan Nintendo dengan konsol NES mereka, perusahaan Sega segera menyusul dengan konsol SG-1000 di pasar Jepang.

Sega terus merevisi produk mereka, pertama dengan SG-1000 II dan yang terakhir dengan produk Sega Mark III.

Untuk Sega Mark III, Sega memutuskan untuk merilis produk tersebut di luar Jepang tapi karena ini akan menjadi debut mereka di luar Jepang, Sega memutuskan untuk mengganti nama Mark III.

Akhirnya, sega memilih nama Sega Master System untuk pasar Amerika dan Eropa yang juga menjadi titik awal persaingan antara Sega dan Nintendo di dunia video game.

4. Sega Mega Drive dan Sega Genesis

Meskipun Sega Master System secara garis besar kalah saing dengan NES karena memiliki jumlah game berkualitas yang lebih sedikit, Sega tetap nggak mau menyerah.

Akhirnya, mereka mengeluarkan penerus dari Sega Master System yang dinamai Sega Mega Drive yang sudah dipersiapkan untuk diluncurkan di seluruh dunia.

Sayangnya, nama Mega Drive sendiri dikabarkan sudah digunakan oleh perusahaan lain jadi Sega memutuskan untuk mengganti nama konsol ini menjadi Sega Genesis di Amerika.

Dengan bantuan game populer seperti Sonic the Hedgehog dan game adaptasi Disney's Aladdin, konsol ini berhasil meraup sukses dan menyaingi penjualan SNES di luar Jepang.

5. Magnavox Odyssey 2 dan Phillips Videopac G7000

Kalian mungkin nggak pernah mendengar nama ini tapi PlayStation 4 atau Nintendo Switch yang kalian mainkan nggak akan bisa eksis tanpa adanya Magnavox Odyssey, geng.

Di tahun 1972, perusahaan Amerika Magnavox mengeluarkan konsol pertama di sejarah yang dinamakan Magnavox Odyssey dan setelah meraup sukses, mereka langsung mempersiapkan penerusnya.

Akhirnya, Magnavox mengeluarkan Magnavox Odyssey 2 di pasar Amerika tapi karena Magnavox sudah dibeli oleh perusahaan Belanda, Phillips, diputuskan untuk mengganti nama produk ini di Eropa.

Di sana, produk ini diberi nama Phillips Videopac G7000 yang sering dipersingkat menjadi Videopac saja.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 5 konsol yang memiliki nama berbeda di berbagai negara. Coba bayangkan bagaimana jadinya kalau perubahan nama ini ada di jaman sekarang.

Dijamin pasti bakal ribet karena keberadaan internet sudah sangat memudahkan pertukaran informasi jarak jauh.

Apakah menurut kalian perubahan nama konsol di atas bikin ribet? Apa kalian memiliki contoh produk lain yang memiliki nama berbeda? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT

7 Senjata Ikonik Game yang Bisa Kamu Temukan di Dunia Nyata, Bisa Buat Cosplay Nih!

7 Game Action yang Saking Sulitnya Bikin Kamu Bangga Pas Namatinnya, Berani Coba?

7 Game HP yang Cocok Dimainkan Bareng Pacar, Bikin Makin Lengket!

7 Glitch Paling Aneh di Franchise Game Call of Duty, Mau Perang atau Senam?

7 Game yang Kisah Kesuksesannya Gak Disangka-sangka, Nyaris Gak Laku!

7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal