J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game yang Kisah Kesuksesannya Gak Disangka-sangka, Nyaris Gak Laku!

7 Game yang Kisah Kesuksesannya Gak Disangka-sangka, Nyaris Gak Laku!

Selasa, 3 Des 2019, 20:00 WIB
Kesuksesan sampai sekarang masih sulit ditebak, geng. Di sini Jaka mau membahas 7 game yang kesuksesannya tidak disangka!

Di dunia bisnis, kesuksesan sejati seringkali bersifat tiba-tiba. Fenomena seperti aplikasi ojek online sudah tidak terpisahkan dari hidup kita tapi dulu siapa yang menyangka, geng?

Tentunya banyak juga karya yang kesuksesannya sudah diprediksi tapi biasanya skala kesuksesan mereka lebih kecil dibandingkan kasus di atas.

Industri video game juga dipenuhi dengan fenomena ini dan Jaka jamin ada video game yang kamu suka yang awalnya tidak disangka bisa sukses. Apa sajakah game-game tersebut?

Kumpulan Game yang Kesuksesannya Gak Disangka-Sangka!

Mungkin kamu pernah mendengar lagu seperti Pen Pineapple Apple Pen (PPAP) dari Pikotaro atau Baby Shark dari Pinkfong, kan?

Tanpa disangka-sangka, kedua lagu di atas pasti nempel di pikiranmu dan menjadi viral, baik di media sosial atau lingkungan sekitarmu, geng.

Makanya, banyak banget produk yang awalnya biasa saja tanpa disangka berhasil menjadi sukses besar berkat promosi dari mulut ke mulut.

Nah, di kesempatan ini Jaka ingin membahas fenomena ini di dunia video game melalui daftar 7 game yang kesuksesannya tidak disangka-sangka!

1. Final Fantasy (1987)

Final Fantasy Efec0

Seri RPG dari Square Enix ini sekarang sudah sangat populer tapi game yang mengawali seri ini, Final Fantasy, merupakan produk yang lahir dari keputusasaan, geng.

Di tahun 80-an, developer Square sudah ada di ambang bangkrut dan desainer game Hironobu Sakaguchi sudah berniat mundur dari industri video game kalau produk selanjutnya gagal.

Makanya, game ini akhirnya dinamakan Final Fantasy karena mengandung semua harapan Sakaguchi dan segenap staff Square yang bekerja di game ini.

Untungnya, saat dirilis di tahun 1987 untuk NES, Final Fantasy sukses besar dan alih-alih fantasi terakhir, seri ini malah berlanjut sampai angka 15 dan beragam spin-off lainnya.

2. Fire Emblem Awakening (2013)

Fire Emblem Awakening 51f4d

Seri strategi RPG ini sekarang sudah menjadi salah satu produk andalan Nintendo, tapi dulu seri ini mendapat angka penjualan yang tergolong rendah.

Pada tahun 2010, developer Intelligent Systems menerima mandat dari Nintendo bahwa jika game berikutnya mendapat penjualan yang rendah, seri ini akan diberhentikan.

Intelligent Systems langsung panik dan memutuskan untuk setidaknya membuat Fire Emblem Awakening sebagai game terbaik di seri ini sebagai penghabisan untuk handheld 3DS.

Untungnya, penjualan game ini melebihi ekspektasi Nintendo yang mengizinkan Intelligent Systems unuk melanjutkan seri ini sampai sekarang melalui Three Houses untuk Nintendo Switch.

3. Untitled Goose Game (2019)

Untitled Goose Game 5c169

Jaka ingin bertanya kepada kalian. Apakah kalian tertarik untuk memainkan sebuah game di mana kalian berperan sebagai seekor angsa dengan misi menyusahkan orang di sekitar kalian?

Ide itu yang diangkat di Untitled Goose Game dari studio game House House asal Australia yang hanya terdiri dari 4 orang.

Meskipun memiliki ide aneh bin ajaib, netizen langsung jatuh cinta dengan sosok angsa psikopat yang kerjaanya cuma menambah beban hidup orang dan bahkan sekarang sudah menjadi meme.

Waktu dirilis di bulan September kemarin untuk Nintendo Switch, game ini bahkan sampai mengalahkan penjualan game remake The Legend of Zelda: Link's Awakening loh.

4. Demon's Souls (2009)

Demon S Souls 370e8

Game dari From Software ini menjadi sumber inspirasi dari banyak game di pasaran sekarang tapi dulu game ini sempat mengundang beberapa kekhawatiran, geng.

Sony sebagai salah satu yang membantu From Software menganggap bahwa game PS3 ini terlalu sulit dan sempat dihina oleh Presiden Sony waktu itu, Shuhei Yoshida.

Akhirnya, untuk perilisan di Amerika, posisi Sony digantikan oleh Atlus meskipun mereka juga menganggap bahwa game ini tidak akan mendapat penjualan yang tinggi.

Tapi game ini berhasil menuai banyak pujian dari kritikus dan berkat promosi dari mulut ke mulut, penjualan game ini akhirnya berhasil melebihi ekspektasi Atlus dan From Software.

5. Flappy Bird (2013)

Flappy Bird 2 6dfa9

Di dunia video game, grafis tinggi atau gameplay yang kompleks itu bukan penanda kualitas, geng, seperti yang dibuktikan oleh game Flappy Bird.

Dibuat oleh seorang diri oleh Dong Nguyen yang juga memiliki developer bernama dotGears, game ini sempat menjadi viral di tahun 2013.

Meskipun memiliki gameplay yang sangat simpel dan grafis yang diambil dari game Super Mario World, game ini sukses menangkap perhatian YouTuber terkenal PewDiePie.

Sayangnya, Nguyen menilai game ini terlalu adiktif dan akhirnya menghapus Flappy Bird dari Play Store dan App Store di awal tahun 2014.

6. Five Nights at Freddy's (2014)

Five Nights C1372

Seperti Flappy Bird, Five Nights at Freddy's adalah salah satu jenis game yang berhasil meraup kesuksesan melalui jalan non-tradisional, geng.

Berkat banyaknya YouTuber yang menggunakan game ini di konten mereka, popularitas Five Nights at Freddy's melejit meskipun ini adalah game berbayar.

Sekarang game ini juga sudah melahirkan beragam sekuel dan spin-off dan telah berkembang menjadi franchise multimedia besar.

Desainer game Scott Cawthon sudah menulis beberapa novel dalam franchise ini, bahkan sekarang film adaptasi game ini sudah dalam proses pembuatan.

7. The Sims (2000)

The Sims 99707

Hampir semua anak jaman 90-an sudah kenal dengan seri game The Sims dan bahasa unik yang dimiliki karakter di sini tapi game ini dulu mengalami proses pembuatan yang agak sulit.

Setelah mendapat sukses dari game SimCity, desainer game Will Wright memiliki ide untuk membuat game mirip tapi dengan skala yang jauh lebih kecil, geng.

Sayangnya, studio Maxis kurang menyetujui ide ini. Tetapi setelah dibeli oleh Electronic Arts (EA), Wright akhirnya mendapat dukungan dari petinggi EA.

Akhirnya, game The Sims berhasil menjadi game PC dengan penjualan tertinggi pada saat itu dan berubah menjadi franchise game utama yang dimiliki EA.

Akhir Kata

Itulah dia, daftar 7 game yang kesuksesannya tidak disangka. Nggak peduli bidang apapun yang kalian geluti, memang yang namanya sukses itu sulit ditebak.

Makanya, kalau saat ini kalian punya ide yang dianggap aneh oleh orang lain, jangan kalian abaikan karena mungkin bisa meraup sukses di masa depan.

Apakah kalian terkejut setelah mengetahui game di atas dianggap tidak bisa sukses, geng? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner A8329

7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

Banner 9931b

7 Game Horor Underrated yang Dijamin Bikin Merinding, Resident Evil Lewat!

7 Game Online Yang Sukses Besar Tapi Nggak Laku Di Indonesia Karena Berbayar A9f84

7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia, Karena Berbayar?

Banner Gameception 34ef6

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Banner B8a86

7 Franchise Game Gagal yang Menghilang dari Pasaran, Gak Laku!

Game Aaa Dengan Grafis Low Banner Eea25

Ini yang Terjadi Jika 7 Game AAA Dimainkan dengan Kualitas Grafis Rendah, Lawak Abis!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game dengan Kegagalan Terbesar di Sejarah, Sampai Bikin Bangkrut?

7 Game dengan Kegagalan Terbesar di Sejarah, Sampai Bikin Bangkrut?

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Game Terkenal yang Mendapatkan Respon Negatif, Cuma Aji Mumpung?

7 Game Terkenal yang Mendapatkan Respon Negatif, Cuma Aji Mumpung?

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal