J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Game Keren yang Dicibir Karena Grafiknya Burik, GTA: San Andreas Termasuk?

5 Game Keren yang Dicibir Karena Grafiknya Burik, GTA: San Andreas Termasuk?

Sabtu, 7 Des 2019, 18:00 WIB
Kualitas game salah satunya dinilai dari grafis. Tapi apa jadinya kalau game dengan story bagus malah rusak karena grafisnya jelek? Nah, bisa jadi kaya gini nih!

Untuk membuat sebuah game yang menarik butuh gabungan bermacam-macam elemen yang menciptakan satu kesatuan yang utuh. Salah satu elemen penting dari sebuah game adalah visualnya.

Grafik berperan penting buat menarik perhatian orang-orang suapaya mau main game tersebut.

Meskipun grafik bukan segalanya, kalau grafiknya jelek banyak pemain yang ogah buat mainin game itu meskipun gameplay dan ceritanya menarik.

Beberapa game bagus bahkan jadi dicibir dan dikritik gara-gara punya grafik yang jelek. Apa aja sih game-game yang jadi hancur karena grafiknya yang jelek?

Kumpulan Game yang Jadi Rusak Gara-Gara Grafiknya yang Jelek

Gameplay dan cerita yang bagus nggak cukup buat bikin sebuah game jadi outstanding. Hal ini perlu didukung sama visual yang menarik yang bisa bikin para pemainnya bisa merasakan seolah-olah berada di dalam game tersebut.

Beberapa game rusak karena nggak bisa bikin visual yang bagus buat para pemainnya. Meskipun ada banyak pemain yang main game itu, banyak pemain-pemain potensial lainnya yang nggak jadi main karena grafiknya yang jelek.

Berikut beberapa contoh di mana grafik yang jelek bikin suatu game jadi ancur meskipun punya gameplay dan cerita menarik.

1. Galleon: Islands Of Mystery (Xbox)

Gamespot Com A8a60
Sumber foto: gamespot.com

Galleon merupakan game yang dikembangkan oleh desainer game yang juga membuat Tomb Raider, terlihat jelas pengaruh dari game Tomb Raider pertama terhadap grafik game ini.

Galleon memiliki cerita dan gameplay yang menarik. Kalian akan bermain sebagai Captain Rhama Sabrier, seorang kapten kapal yang berusaha mengungkap misteri mengenai kapal hantu yang mendarat di sebuah pulau.

Kamu akan berpetualang di berbagai tempat di pulau itu dengan memanfaatkan berbagai kemampuan yang dimiliki Captain Rhama.

Game ini sebenarnya cukup menarik tetapi grafik yang diadaptasi game ini terbilang jadul.

Proses pembuatan game ini memang terbilang lama, sehingga grafiknya pun sesuai dengan waktu pertama kali game ini dibuat.

Konsep awal grafik game ini akan terlihat menarik jika diterbitkan 5 tahun kebelakang sebelum game ini rilis.

Para developer game ini gagal untuk menyesuaikan apa yang mereka buat dengan tren pasar saat itu.

2. Far Cry Vengeance (Nintendo Wii)

Thenintendrones Wordpress Com 45aeb
Sumber foto: thenintendrones.wordpress.com

Setelah sukses mengembangkan Far Cry, game FPS di PC yang mengambil setting di pulau tropis, Crytek Studios mencoba untuk mengembangkannya ke platform lain.

Far Cry Vengeance merupakan game FPS yang dikembangkan oleh Crytek Studios yang di publikasikan di Nintendo Wii.

Dengan memanfaatkan fungsi kontrol dari Nintendo Wii, Far Cry Vengeance mampu memberikan pengalaman bermain yang cukup baik.

Pemain bisa bergerak dan membidik dengan akurat berkat teknologi kontrol Nintendo Wii yang mempuni.

Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan grafis yang menarik. Berbeda dari series Far Cry yang menaikkan standar grafik terbaik ketika dirilis di PC. Far Cry Vengeance memiliki grafik yang buruk.

Desain karakter dan objek di dalam game terkesan seperti dirilis beberapa tahun kebelakang sebelum game ini rilis. Masih terlihat jelas kotak-kotak pada karakter, senjata, dan objek yang ada di dalam game.

Grafik yang buruk ini menghancurkan potensi game ini yang sebenarnya bisa diterima dengan sangat baik apabila visualnya sesuai dengan standar pasar.

3. Shadow Man (PlayStation)

Mobygames Com 6fd7f
Sumber foto: mobygames.com

Shadow Man merupakan game yang dipublikasikan di berbagai platform seperti PC, Nintendo 64, dan terakhir dirilis di PlayStation.

Setelah lama menunggu, akhirnya para pemilik PlayStation bisa memainkan game ini setelah menunggu sekian lama.

Sayangnya bukan kegembiraan yang dirasakan oleh para pemilik PlayStation ketika game ini keluar melainkan kekecewaan. Para pengguna PlayStation harus puas dengan grafik jelek yang ada di game ini.

Pada dasarnya memang sistem PlayStation pada saat itu tidak mampu untuk menunjukkan grafik yang sama menariknya dengan platform lain.

Keputusan developer Acclaim untuk merilis game ini di PlayStation memang cukup dipertanyakan mengingat kemampuan konsol ini yang terbatas.

Bukannya memberikan kepuasan bermain kepada penggemarnya, keputusan ini justru berujung pada kekecewaan bagi pengguna PlayStation yang sudah menanti lama game ini dirilis di konsol yang mereka miliki.

4. Final Fantasy VII (PlayStation & PC)

Mic Com Ebbd6
Sumber foto: mic.com

Final Fantasy VII dari segi cerita dan gameplay termasuk salah satu game terbaik di franchise Final Fantasy.

Hal ini berbanding terbalik dengan grafis yang diadaptasi game ini. Dirilis pada masa transisi antara 2D dan 3D graphic, Final Fantasy VII menggunakan teknologi animasi 3D awal yang dikembangkan oleh Square Enix.

Kekurangan grafis game ini terlihat jelas pada desain karakternya. Tangan para karakternya masih berbentuk kotak-kotak dan tidak proporsional.

Game ini terjebak di antara grafis 2D Final Fantasy VI yang sophisticated dan grafis 3D Final Fantasy VIII yang sudah jauh lebih mempuni.

Untungnya para penggemar seri Final Fantasy yang tidak sempat memainkan game ini karena grafiknya bisa memainkan versi remake nya dengan grafis yang jauh lebih baik yang akan dirilis beberapa waktu lagi.

5. Grand Theft Auto

2kdevelopment Com 64366
Sumber foto: 2kdevelopment.com

Grand Theft Auto adalah salah satu franchise game yang cukup sukses dari Rockstar Games. Game ini mampu menarik hati para pemain game karena gameplaynya yang bebas dan menarik.

Sayangnya grafis game GTA generasi pertama terbilang sangat kurang. Berbeda jauh dengan seri GTA: San Andreas dan GTA V yang kamu kenal saat ini, geng.

Dengan aktifitas yang beragam yang dapat dilakukan di dalam game, grafik minimalis yang diusung game ini mengurangi kesenangan yang dirasakan pemainnya.

Seringkali ketika mencuri dan mengendarai mobil, sulit untuk membedakan yang mana bagian depan dan yang mana bagian belakang mobil.

Terlebih lagi, karakter yang dimainkan juga hanya berbentuk seperti stickman yang warna-warni.

Game ini juga mengusung kamera bird view di mana pemain melihat apa yang terjadi di dalam game hanya dari atas. Point of view dari pemain dalam game ini menjadi sangat terbatas.

Kombinasi antara konsep bird view dan grafik yang sangat minimalis menjadikan game dengan konsep gameplay yang menarik ini menjadi kurang menarik untuk dimainkan.

Akhir Kata

Nah itu dia, geng beberapa game dengan potensi yang keren tapi rusak gara-gara grafiknya. Beberapa tetep masih punya penggemar meskipun dengan grafik yang amburadul.

Memang grafik bukan segalanya tapi banyak juga pemain yang menganggap grafik itu penting dan nggak mau main game kalau grafiknya jelek.

Menurut kalian gimana nih, geng? Apa kalian termasuk orang-orang yang menitikberatkan kualitas grafik ketika memilih game buat dimainin?

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Game Aaa Dengan Grafis Low Banner Eea25

Ini yang Terjadi Jika 7 Game AAA Dimainkan dengan Kualitas Grafis Rendah, Lawak Abis!

Game Fps Android C1b28

25 Game FPS Terbaik di Android Tahun 2019, Dijamin Bikin Betah Main Berjam-jam!

7 Game Yang Bikin Kamu Makin Aware Dengan Kesehatan Mental 0d098

7 Game dengan Tema Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Coba, Bikin Terenyuh!

Game Durasi Tamat Paling Lama Banner 265dd

7 Game dengan Durasi Tamat Paling Lama, Satu Bulan Gak Cukup!

7 Game Adventure Keren Yang Kurang Diapresiasi Nggak Kalah Sama God Of War 23531

7 Game Adventure Keren yang Kurang Diapresiasi, Gak Kalah Sama God of War!

Banner Abd3b

5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Beli Game di Steam, Terlalu Maruk Mengambil Komisi?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal