J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Glitch yang Akhirnya Menjadi Fitur Resmi Game, Kesalahan Membawa Berkah!

7 Glitch yang Akhirnya Menjadi Fitur Resmi Game, Kesalahan Membawa Berkah!

Sabtu, 16 Nov 2019, 14:00 WIB
Kesalahan bukan musibah tapi pembawa berkah, geng, kalau di dunia game. Di sini Jaka mau share 7 glitch yang akhirnya menjadi fitur resmi game.

Ada peribahasa yang menyatakan kalau kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda. Bukti dari peribahasa ini bisa kalian lihat di figur seperti Mark Zuckerberg.

Dia gelar S1 aja nggak punya loh, tapi sekarang Zuckerberg orang yang paling berpengaruh di dunia secara keseluruhan, bukan cuma teknologi, berkat kesuksesan Facebook.

Hal ini juga bisa kalian lihat di dunia video game, di mana banyak banget kesalahan dalam pemrograman yang diubah menjadi fitur gameplay yang digemari, geng!

7 Glitch yang Akhirnya Menjadi Fitur Resmi Game

Buat kalian yang sudah malang melintang di dunia pemrograman pasti sudah kenal dengan meme it's not a bug, it's a feature yang digunakan sebagai alasan bagi programmer.

Banyak bug yang hanya sekadar jadi bahan lelucon tapi banyak juga, geng, desainer video game kreatif yang mengubah glitch menjadi berkah.

Buat kalian yang sudah penasaran, di sini Jaka mau share daftar 7 glitch yang akhirnya menjadi fitur resmi game.

1. Penguin Psikopat (Zoo Tycoon)

Killer Penguin 97d55

Zoo Tycoon adalah seri game simulasi manajemen di mana pemain ditugaskan untuk mengelola sebuah kebun binatang dan memastikan kebahagiaan pengunjung.

Tapi banyak pemain yang memanfaatkan game ini sebagai pelampiasan sifat psikopat terpendam mereka, geng, dan membuat skenario di mana pengunjung menjadi santapan binatang.

Nah, di game Zoo Tycoon pertama, terdapat glitch aneh di mana spesies Emperor Penguin akan membunuh semua herbivora selain penguin jika mereka diletakkan di lokasi kandang yang sama.

Developer Blue Fang Games menghapus glitch ini di sekuelnya, tapi pemain tetap bisa memperoleh Killer Penguin dan penguin tersebut dapat membunuh binatang lainnya, termasuk T-Rex.

2. Spy (Team Fortress)

Team Fortress 0a686

Team Fortress adalah game multiplayer FPS di mana pemain dapat menggunakan 1 dari 9 karakter yang tersedia untuk mengalahkan tim lawan yang terbagi menjadi tim biru dan merah.

Game ini pertama kali keluar sebagai mod dari game FPS Quake sebelum akhirnya dikembangkan menjadi game tersendiri dan sekuelnya masih populer sampai sekarang.

Nah, salah satu karakter yang bisa dipilih di game ini adalah Spy yang memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi anggota tim lawan.

Uniknya, karakter ini lahir dari glitch di mana nama dari pemain dapat muncul dengan warna team lawan dan developer Valve menggunakan glitch ini untuk membuat karakter Spy.

3. Polisi Agresif (Grand Theft Auto)

GTA 39ead

Kalau yang satu ini, tentu kalian nggak butuh penjelasan, karena Jaka yakin kalian sudah kenal dengan Grand Theft Auto, game open world yang sudah sangat mendunia ini.

Grand Theft Auto sendiri sebenarnya lahir dari game bernama Race'n'Chase buatan DMA Design yang sekarang sudah berubah nama menjadi Rockstar North.

Awalnya, Race'n'Chase mengizinkan pemain untuk menyelesaikan misi sebagai polisi atau penjahat tapi terdapat glitch di mana ketika bermain sebagai penjahat, polisi menjadi kelewat agresif.

Tapi, akhirnya DMA Design menggunakan ide untuk memberi kebebasan pada pemain untuk melakukan kejahatan yang akhirnya melahirkan seri Grand Theft Auto.

4. Juggling (Devil May Cry)

Devil May Cry F7f2c

Sebelum Capcom membuat seri hack and slash Devil May Cry, mereka membuat seri Onimusha yang seringkali disebut sebagai Resident Evil di jaman samurai.

Berbeda dengan Devil May Cry, Onimusha mengusung genre action dengan gerakan yang jauh lebih terbatas dan gameplay yang lebih lambat.

Tapi, di saat pembuatan Onimusha, Capcom menemukan bahwa musuh yang terpental ke udara dapat diserang kembali dan membuat mereka terus mengambang di udara.

Konsep inilah, geng, yang akhirnya melahirkan juggling yang sekarang sudah menjadi khas di Devil May Cry dan game hack and slash lainnya seperti Bayonetta dan God of War.

5. Combo (Street Fighter II)

Street Fighter 41539

Street Fighter adalah seri game fighting yang memiliki sejarah panjang dan Street Fighter II dianggap sebagai game paling penting di genre fighting secara keseluruhan.

Street Fighter II adalah game fighting pertama yang memiliki fitur combo dan cancelling di mana pemain dapat menyambungkan beberapa gerakan tertentu dan membuat lawan tidak berkutik.

Tapi, fitur ini sebenarnya merupakan ketidaksengajaan, geng, dan produser Noritaka Funamizu sebenarnya sudah menemukan glitch ini sebelum game dirilis.

Funamizu menganggap glitch ini terlalu sulit untuk dilakukan oleh pemain tapi tapi akhirnya digunakan secara luas dan akhirnya menjadi standar game fighting.

6. Payudara Berlebihan (Tomb Raider)

Tomb Raider 43bcc

Tomb Raider adalah seri game petualangan di mana pemain berperan sebagai Lara Croft dalam petualangannya menjelajahi situs-situs peninggalan bersejarah.

Desainer Toby Gard awalnya menggambarkan sosok pemuda bertopi yang menggunakan cambuk ala Indiana Jones tapi karena takut dituntut, Gard memutuskan untuk membuat karakter wanita.

Dalam menentukan ukuran payudara Lara, Gard salah memasukkan angka dan alih-alih menambah ukuran payudara sebesar 50%, Gard malah memperbesarnya sebanyak 150%.

Tapi namanya pria-pria kesepian, geng, perubahan ini malah disambut hangat oleh kerabat Gard dan penerbit Eidos akhirnya menggunakan 'kelebihan' fisik Lara sebagai strategi pemasaran.

7. Creeper (Minecraft)

Minecraft 36cec

Pemain game sandbox Minecraft tentunya sudah kenal dengan sosok Creeper, monster hijau nggak jelas yang hobinya adalah ber-jibaku dengan karakter pemain.

Kalau kalian bingung di mana Mojang mendapat inspirasi untuk monster yang satu ini, jawabannya bukan dari mimpi buruk, geng, tapi dari ketidaksengajaan.

Desainer Minecraft, Markus 'Notch' Persson menyatakan bahwa sebenarnya dia sedang dalam proses membuat karakter babi tapi dia salah membedakan sumbu horizontal dan vertikal.

Makanya, bukannya panjang seperti babi, Creeper malah menjadi tinggi mirip manusia. Tapi setelah melihat hasilnya, Notch akhirnya memutuskan untuk memasukkan Creeper ke dalam Minecraft.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 glitch yang akhirnya menjadi fitur resmi game. Seperti penemuan penisilin oleh Alexander Fleming, ketidaksengajaan juga bisa membawa berkah loh.

Dengan kreatifitas yang mencukupi, semua kesalahan dapat diubah menjadi fitur dan bahkan seperti yang ditunjukkan dari Street Fighter dan Devil May Cry bisa menjadi sangat ikonik.

Apakah kalian pernah berinteraksi dengan glitch dan fitur di atas? Atau bahkan kalian punya contoh glitch lainnya? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Game Fighting Android Terbaik Banner 91a7b

15 Game Fighting Android Terbaik Offline & Online di 2019, Rasakan Pertarungan Sesungguhnya!

Game Open World Pc Terbaik 2019 Banner 01af7

20 Rekomendasi Game Open World Terbaik di 2019 untuk PC & PlayStation 4

Game Mirip Minecraft Banner Bbcb4

10 Game Mirip Minecraft Android Terbaik 2019 | 100% Gratis!

61f090a7513a439457ae06839988991d

5 Game PC Klasik Terbaik Gratis yang Wajib Kamu Coba

Game Aaa Di Nintendo Switch Terbaik Banner Df166

7 Game AAA di Nintendo Switch Terbaik, Ngalahin Grafis Game PC!

Banner 1a668

7 Rekomendasi Game Steam Halloween Sale 2019, Cek Dulu Sebelum Beli!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal