J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Video Game yang Ternyata Diangkat dari Novel, Jauh Lebih Seru Versi Gamenya?

7 Video Game yang Ternyata Diangkat dari Novel, Jauh Lebih Seru Versi Gamenya?

Senin, 16 Des 2019, 12:00 WIB
Daripada baca novel yang bosan dan kadang bikin ngantuk, mending main gamenya aja! Di sini Jaka membahas kumpulan game yang diangkat dari novel. Penasaran?

Di dunia ini, sangat sedikit karya yang benar-benar orisinil, geng. Sekarang banyak banget karya yang diadaptasi dari karya di medium lain.

Ada film yang diadaptasi dari novel, film yang diadaptasi dari video game, dan ada juga video game yang diadaptasi dari novel.

Kategori yang terakhir itu mungkin jarang kalian lihat tapi sebenarnya banyak loh video game yang tanpa kalian sadari sebenarnya merupakan adaptasi atau terinspirasi dari novel!

Kumpulan Video Game Populer yang Ternyata Diangkat dari Kisah Novel

Sekilas, memang dunia video game itu tidak memiliki hubungan dekat dengan dunia literatur yang menyebabkan hanya sedikit novel yang diadaptasi langsung menjadi video game.

Tapi ada beberapa video game yang mengambil tema, dunia, atau intisari dari sebuah novel untuk dijadikan landasan dari video game tersebut, geng!

Di sini, Jaka ingin membahas karya tersebut di daftar 7 video game yang diangkat dari novel. Langsung baca aja kalau sudah penasaran, geng!

1. The Witcher

The Witcher 3 56972

Contoh game adaptasi novel yang paling terkenal mungkin adalah seri RPG The Witcher dari developer asal Polandia favorit gamer, CD Projekt Red.

The Witcher sendiri merupakan adaptasi novel populer berjudul sama dari penulis asal Polandia, Andrzej Sapkowski yang pertama kali muncul di tahun 1990-an.

Seri novel The Witcher sebelumnya tidak dirilis di Amerika tapi di Polandia sendiri, novel The Witcher sudah sangat terkenal.

Setelah RPG adaptasi The Witcher menuai kesuksesan di tahun 2008, novel The Witcher langsung diterjemahkan ke bahasa Inggris dan sekarang sudah populer di seluruh dunia, geng.

2. Dynasty Warriors

Dynasty Warriors 8 F9468

Seri game tawuran Dynasty Warriors dari developer Omega Force memang berdasarkan sejarah asli China di abad 2 dan 3.

Tapi sebenarnya seri ini menggunakan novel sejarah Romance of the Three Kingdoms dari Luo Guanzhong sebagai inspirasi yang membuat game ini penuh dengan elemen sensasional.

Novel Romance of the Three Kingdoms sendiri merupakan dramatisasi 100 tahun sejarah China dari tahun 169 sampai 280 Masehi dan dianggap sebagai salah satu mahakarya di budaya China.

Selain Dynasty Warriors, novel ini juga diadaptasi menjadi seri game strategi berjudul sama oleh developer Koei yang juga bertindak menjadi penerbit dari seri Dynasty Warriors, geng.

3. Suikoden

Suikoden 5 23f5b

Selain novel Romance of the Three Kingdoms, satu lagi mahakarya China yang diangkat menjadi game adalah novel Water Margin dari penulis Shi Nai'an.

Novel Water Margin diangkat oleh developer Konami menjadi seri game RPG Suikoden yang sampai saat ini menjadi salah satu game terbaik Konami.

Sama dengan novelnya, seri Suikoden bercerita mengenai 108 pemberontak yang bersatu untuk melawan tirani dari sebuah pemerintah jahat.

Meskipun sangat unik karena memiliki jumlah karakter yang sangat besar, sayangnya seri RPG Suikoden saat ini sudah menghilang dari peredaran, geng.

4. Parasite Eve

3rd Birthday 6f682

Developer Square Enix sekarang terkenal lewat seri RPG Final Fantasy tapi dulu mereka juga memiliki seri game horor RPG unik yang bernama Parasite Eve.

Uniknya, seri Parasite Eve bukan hanya adaptasi novel tapi merupakan sekuel langsung dari novel berjudul sama karya penulis Hideaki Sena.

Sebagai mahasiswa bidang farmasi, Sena menuangkan pengetahuannya ke dalam novel ini yang banyak mengandung elemen kimia dan biologi.

Meskipun kedua game di seri Parasite Eve banyak menuai pujian, seri ini sudah tidak terlihat lagi batang hidungnya selain spin off The Third Birthday yang muncul di tahun 2010.

5. S.T.A.L.K.E.R.

STALKER 1c84c

Kalian sudah kenal dengan insiden Chernobyl yang sampai saat ini masih merupakan insiden nuklir terparah sepanjang masa, kan?

Nah, daerah Chernobyl merupakan latar dari seri horor FPS S.T.A.L.K.E.R. yang mengambil inspirasi dari novel Roadside Picnic karya kakak-beradik Arkady and Boris Strugatsky.

Meskipun latarnya dipindah dari Kanada ke Rusia, S.T.A.L.K.E.R. dari developer GSC Game World mengambil banyak elemen dari novel Roadside Picnic.

Perbedaannya, jika novel Roadside Picnic menggunakan alien sebagai sumber kemunculan monster, seri game S.T.A.L.K.E.R. menggunakan efek insiden Chernobyl sebagai latar.

6. Metro 2033

Metro 2033 2541f

Beberapa staf yang berjasa dalam pembuatan game S.T.A.L.K.E.R. yang pertama akhirnya keluar dan membentuk studio game 4A Games dan proyek pertama mereka menghasilkan game Metro 2033.

Game ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Dmitry Glukhovsky dan juga mengusung genre horor FPS seperti S.T.A.L.K.E.R..

Metro 2033 menceritakan sebuah dunia post apocalyptic yang telah hancur karena perang nuklir dan di sini kamu dipaksa untuk bertahan hidup di jalur kereta bawah tanah di kota Moskow.

Ketika dirilis di tahun 2010, Metro 2033 menuai banyak pujian dan melahirkan sekuel Metro: Last Light yang akhirnya diadaptasi lagi menjadi novel Metro 2035 oleh penulis aslinya.

7. Assassin's Creed

Assassin S Creed F8b94

Seperti seri Dynasty Warriors, seri game open world dari Ubisoft ini didasari oleh sejarah asli tapi game pertama dari seri ini terinspirasi dari sebuah novel, geng.

Produser Jade Raymond menyatakan bahwa game Assassin's Creed pertama diangkat dari novel Alamut karya penulis Vladimir Bartol.

Cerita tentang sekte Hashshashin yang ada di novel menjadi inspirasi langsung dari cerita game Assassin's Creed pertama yang juga menceritakan kisah sekte tersebut di akhir abad 12.

Kalimat paling ikonik di seri Assassin's Creed, "Nothing is true, everything is permitted", diambil langsung dari motto utama di novel Alamut.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 video game yang diangkat dari novel. Memang banyak elemen yang diuubah dari novel ke video game tapi tetap memiliki ide cerita yang sama kok.

Makanya, buat kalian yang nggak suka baca novel tapi suka main video game, mungkin tanpa sadar kalian sudah mengonsumsi sebuah novel melalui game yang kalian mainkan, geng!

Apakah kalian pernah memainkan game di atas? Atau mungkin kalian memiliki contoh game adaptasi novel lainnya? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish.

ARTIKEL TERKAIT
Banner E65c0

5 Game Nokia Jadul yang Bikin Nostalgia, Gak Pake Internet Tapi Seru Abis!

Banner A8329

7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

Banner Fd628

10 Game Nintendo DS (NDS) Terbaik Sepanjang Masa, Nostalgia Bikin Bahagia!

Banner 16b3d

7 Game dengan Kegagalan Terbesar di Sejarah, Sampai Bikin Bangkrut?

Game Favorit Emak Emak Banner 2f3c0

7 Game Favorit Emak-Emak yang Bikin Mereka Ketagihan, Mama Kamu Termasuk?

Banner 0741e

7 Game Berkualitas yang Dibuat oleh Satu Orang Saja, No. 3 Semua Orang Main!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Peluncuran Video Game Paling Bermasalah, Belum Rilis Sudah Banyak Haters-nya?

7 Peluncuran Video Game Paling Bermasalah, Belum Rilis Sudah Banyak Haters-nya?

7 Game dengan Kegagalan Terbesar di Sejarah, Sampai Bikin Bangkrut?

7 Game dengan Kegagalan Terbesar di Sejarah, Sampai Bikin Bangkrut?

7 Game yang Kisah Kesuksesannya Gak Disangka-sangka, Nyaris Gak Laku!

7 Game yang Kisah Kesuksesannya Gak Disangka-sangka, Nyaris Gak Laku!

7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal