J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Free Fire Bisa Masuk Youtube Rewind 2019, Sampai Bikin PewDiePie Kebingungan?

5 Alasan Free Fire Bisa Masuk Youtube Rewind 2019, Sampai Bikin PewDiePie Kebingungan?

Rabu, 18 Des 2019, 19:30 WIB
Mungkin kamu bingung, kenapa game Free Fire yang katanya game burik bisa masuk ke dalam list YouTube Rewind 2019? Termasuk PewDiePie juga! Ternyata ini alasannya.

YouTube kembali merilis seri YouTube Rewind-nya di mana berisi kilas balik tentang hal terbaik dan menarik yang terjadi setahun belakangan ini dirangkum ke dalam satu video.

Berbeda dibanding sebelumnya, YouTube Rewind 2019 berisi kompilasi video serta channel YouTube paling membuat gebrakan dan berpengaruh sepanjang tahun ini.

Gebrakan tersebut seperti menjadi channel dengan subscribers paling banyak di negara tertentu atau mendapatkan jumlah penonton terbanyak.

Salah satu game yang masuk kedalam video YouTube Rewind 2019 adalah Garena Free Fire. Kok bisa masuk ya, game yang dikatakan sebagai "game burik" ini?

Alasan Kenapa Garena Free Fire Bisa Masuk YouTube Rewind Mengalahkan PUBG

Garena Free Fire menjadi game dengan jumlah penonton paling banyak nomor 4 di seluruh dunia mengalahkan PUBG dengan total penayangan hingga 29.9 miliar kali.

Prestasi ini membuat Garena Free Fire mendapatkan tempat khusus di YouTube Rewind 2019 meskipun YouTuber individu (bukan perusahaan India ya, geng) dengan jumlah subscriber terbanyak di dunia, PewDiePie, nggak familiar sama sekali dengan game ini.

Jaka bakal ngasih neberapa alasan buat kalian soal kenapa Garena Free Fire bisa sukses besar dan sekaligus menjadi game yang nggak familiar buat para mainstream gamer. Berikut infonya, geng.

1. Ditargetkan Untuk Negara Berkembang

Memuplay Com 20a07
Sumber foto: memuplay.com

Alasan pertama game ini bisa sukses adalah target pasarnya yang spesifik. Free Fire ditargetkan untuk negara-negara berkembang di mana target utamanya adalah Asia Tenggara, India, dan Brasil.

Developer dan publisher game ini merancang strategi khusus yang sesuai dengan pasar negara berkembang dan berhasil menjaring banyak pengguna.

Wajar kalau banyak orang di Eropa dan Amerika nggak familiar sama game ini karena mereka memang bukan target pasar utama dari game battle royale ini.

Gamer di Eropa dan Amerika kebanyakan lebih tertarik untuk memainkan game PC atau konsol jadi bisa dimengerti kalau game yang menjadi sensasi di banyak negara ini nggak kedengeran sama sekali kabarnya di sana.

2. Gameplay Cepat Banyak Disukai

En Softonic Com Ce35f
Sumber foto: en.softtonic.com

Didesain khusus sebagai game mobile, Free Fire menawarkan gameplay yang singkat dan bikin ketagihan.

Setiap ronde di Free Fire dirancang untuk selesai dalam waktu paling lama 10 menit. Map yang kecil membuat mayoritas game selesai kurang dari 10 menit karena pemain akan cepat bertemu dan bertarung satu sama lain.

Kalau dibandingkan dengan game populer di negara maju seperti Dota 2 atau CSGO yang butuh paling sedikit 30 menit untuk sesi rankednya, Free Fire mungkin terlihat seperti game kacangan.

Dengan perbedaan selera ini, wajar kalau developer dan publisher dari Free Fire lebih memilih untuk fokus di negara berkembang.

3. Bisa Dimainkan di Smartphone Spek Kentang

Malavida Com 2dd45
Sumber foto: malavida.com

Salah satu hal yang dikorbankan dari Free Fire untuk memikat banyak pemain adalah kualitas grafiknya.

Jika dibandingkan dengan game-game lain seperti PUBG Mobile atau COD Mobile, grafis dari Free Fire memang sengaja dibuat sedikit lebih rendah.

Dengan grafis yang ringan, Garena Free Fire bisa menarik pengguna smartphone yang nggak bisa mainin game lain. Hal ini membuat Free Fire menjadi game yang lebih merakyat.

Hal sebaliknya justru terjadi di pasar game negara-negara maju. Grafis yang baik hampir menjadi suatu kewajiban buat sebuah game untuk sukses di pasar negara-negara tersebut.

4. Hero Battle dengan Kemampuan Khusus

4gnews Pt 3d979
Sumber foto: 4gnews.pt

Kalau menilik game FPS kompetitif yang digandrungi di negara maju seperti Fortnite, CS:GO, atau PUBG, semua game ini mengusung konsep fairness yang bener-bener sama rata sama rasa.

Hal yang berbeda justru diterapkan oleh Free Fire dari para saingannya di negara maju.

Free Fire mengusung konsep Heroes Battle di mana karakter yang kamu gunakan punya kekuatan yang berbeda satu sama lain.

Konsep yang sedikit berbeda ini berhasil diterima dengan baik di pasar negara berkembang.

Keberanian developer Free Fire dalam mengambil manuver beresiko ini membuahkan hasil yang memuaskan di negara-negara berkembang.

5. Konten Lokal yang Sesuai dengan Setiap Negara

Ff Garena Com 9cf50
Sumber foto: ff.garena.com

Salah satu teknik pemasaran yang berhasil memikat banyak pemain game mobile yang diterapkan publisher Garena Free Fire adalah selalu mengembangkan konten lokal di tiap negara.

Contoh dari strategi ini adalah konten karnival di Brasil. Garena Free Fire sempat mengeluarkan konten bertema karnival karena di Brasil memang sering diadakan festival kebudayaan dan karnival.

Karena memang pasar di negara maju belum diutamakan, konten-konten lokal pun masih belum dikembangkan jadi wajar kalau negara maju masih belum familiar sama game ini.

Akhir Kata

Itu dia alasan kenapa Garena Free Fire bisa jadi game yang bener-bener populer dan sukses di beberapa negara dan nggak terdengar sama sekali di negara lainnya.

Game mobile online memang punya pasar yang spesifik dan berbeda dari game PC atau konsol yang membuat game ini nggak bisa langsung diterima sama semua gamer di dunia.

Banyak gamer yang memang cuma mainin game di konsol tertentu saja sesuai dengan apa yang mereka sukai dan PewDiePie pun mungkin kurang tertarik sama game mobile.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Game Pc Ram 2gb Terbaik 2019 Banner B3b63

15 Game PC Ringan RAM 2GB dengan Grafis Terbaik di 2019 | Laptop Kentang Pasti Ngangkat!

Laptop Gaming Murah Banner A9367

13 Laptop Gaming Murah Terbaik 2020, Harga Mulai 5 Jutaan Main GTA V Auto Lancar!

Game Petualangan Offline 32042

10 Game Petualangan Offline Terbaik 2020 | Punya Gameplay Seru Abis!

Game Online Pc Banner B3f6c

24 Game Online PC Terbaik yang Wajib Kamu Coba di 2020, Dijamin Ketagihan!

Game Online Terbaru 2020 Banner 81e03

15 Game Online Terbaru 2020 Android & PC, Seru Buat Mabar!

Rekomendasi Game Pc Ringan Terbaik Banner D8e80

15 Game PC Ringan Terbaik yang Cocok untuk Spek Kentang, Lengkap!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal