J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game Populer yang Sebenarnya Buatan Korea Selatan, Lebih Seru dari Drakor!

7 Game Populer yang Sebenarnya Buatan Korea Selatan, Lebih Seru dari Drakor!

Kamis, 14 Nov 2019, 18:00 WIB
Korea bukan cuma drakor dan idola K-Pop, geng, mereka juga jago bikin game. Di sini Jaka mau share 7 game populer yang sebenarnya buatan Korea Selatan.

Kita kebanyakan mengenal Korea dari beragam drama Korea, produk HP Samsung, dan makanan Korea yang sekarang banyak ditemukan di Indonesia.

Tapi tanpa kita sadari, kita juga banyak menggunakan produk dari Korea yang mungkin kita kira bukan berasal dari negeri ginseng itu, geng.

Selama ini biasanya video game itu identik dengan Jepang dan Amerika serta Eropa tapi sebenarnya sudah banyak loh, game buatan Korea yang populer di kalangan publik.

7 Game Populer yang Sebenarnya Buatan Korea Selatan

Perusahaan game Korea memang nggak memiliki reputasi seperti perusahaan game Jepang dan Amerika jadi wajar kalau kita nggak mengenali mereka.

Dan dari pengamatan Jaka, banyak juga game buatan Korea yang dibuat berdasarkan intellectual property (IP) dari Jepang atau Barat jadi kita nggak sadar kalau mereka dibuat oleh Korea.

Nah, buat kalian yang sudah penasaran, di sini Jaka mau share 7 game populer yang sebenarnya buatan Korea Selatan!

1. PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG)

PUBG 9491f

Bener, geng, pelopor genre battle royale ini sebenarnya dibuat oleh perusahaan Korea loh! Memang benar, ide game ini sebenarnya datang dari Brendan Greene yang berasal dari Amerika Serikat.

Tapi Bluehole, studio game dari Korea, menghubungi Greene setelah dia keluar dari Sony dan akhirnya mereka sepakat untuk mengembangkan PUBG bersama-sama.

Greene akhirnya pindah ke Korea Selatan untuk mengerjakan PUBG dan akhirnya Greene memiliki tim sendiri di dalam Bluehole yang dinamakan PUBG Corporation.

Hal yang menarik, proyek PUBG merupakan pertama kalinya ada proyek pembuatan game di Korea yang dipimpin oleh orang asing.

2. Black Desert Online

Black Desert Online D90d8

Black Desert Online adalah game MMORPG yang tersedia di Steam dan memiliki latar fantasi seperti yang dapat ditemukan di seri Lord of the Rings.

Game ini juga mengusung genre action RPG karena pergerakan karakter kamu kendalikan sepenuhnya seperti di mode third-person yang ada di PUBG.

Karena itu, game ini sangat populer di daerah Amerika Serikat dan Eropa. Game ini sebenarnya game ini dibuat oleh Pearl Abyss dari Korea dan dibantu oleh Kakao yang juga membuat KakaoTalk.

Soal kualitas grafis, game ini nggak usah diragukan, geng, karena sangat ciamik dan berbeda jauh dengan MMORPG Korea yang ada di sini seperti Ragnarok Online.

3. Point Blank

Point Blank 5e85c

Sebelum ada PUBG dan game battle royale lainnya, dulu game tembak-tembakan dikuasai oleh game Counter-Strike, sebuah tactical FPS buatan Valve dari Amerika.

Salah satu kompetitor utama Counter-Strike adalah Point Blank yang mengusung tampilan dan gameplay yang sangat mirip.

Tapi, Point Blank tidak berasal dari Barat, geng, melainkan dari developer Zepetto asal Korea yang bermarkas di Seoul.

Hal yang membuat Point Blank menarik adalah fitur dynamic environment di mana lingkungan dapat berubah seiring dengan jalannya pertandingan yang tidak dapat ditemukan di Counter-Strike.

4. Marvel: Future Fight

Future FIght 3352d

Marvel: Future Fight adalah game action RPG yang tersedia di Android dan iOS dan merupakan salah satu game paling populer dengan jumlah download di atas 50 juta.

Di game ini, kamu ditugaskan membuat team 3 orang dari sekian banyaknya karakter Marvel dan kamu bisa memilih antara hero terbaik marvel atau villain-nya, geng.

Marvel: Future Fight dibuat oleh Netmarble, salah satu developer mobile game paling ternama yang juga berasal dari Korea Selatan.

Buat kalian yang penasaran, Netmarble juga merupakan perusahaan di belakang BTS World, game yang mengizinkan kamu menjadi manajer BTS, salah satu grup K-Pop paling populer saat ini.

5. The King of Fighters: All Star

KOF All Star Eb72f

Meskipun nggak seterkenal Street Fighter atau Tekken, The King of Fighters adalah seri game fighting 2D yang memiliki sejarah panjang yang dibuat oleh SNK dari Jepang.

Nah, baru-baru ini mereka akhirnya masuk ke kancah dunia mobile dengan The King of Fighters: All Star di mana kamu bisa membuat tim 3 orang dengan karakter dari sejarah King of Fighters.

Hebatnya, game ini juga dibuat oleh Netmarble yang menunjukkan kalau Netmarble bisa diandalkan untuk membuat game di genre yang berbeda.

Game ini juga tidak hanya menawarkan mode fighting saja loh tapi juga ada mode beat 'em up di mana kamu langsung melawan beberapa orang sekaligus.

6. DomiNations

Dominations 86d21

Sekilas, DomiNations sangat mirip dengan Clash of Clans dari Supercell tapi DomiNations memikili gameplay yang jauh lebih dalam.

Hal ini dikarenakan DomiNations dibuat oleh Big Huge Games yang sebelumnya membuat game RTS Rise of Nations di komputer yang menuai banyak pujian dari kritikus.

Tapi, untuk DomiNations, Big Huge Games dibantu oleh Nexon, developer asal Korea yang sudah memiliki pengalaman banyak di dunia mobile.

Seperti Rise of Nations, di sini kamu bertugas untuk menuntun rakyat kamu dari zaman batu sampai ke zaman antariksa yang membuat game ini lebih menarik dibandingkan Clash of Clans.

7. Summoners War: Sky Arena

Summoners War 1d957

Summoners War adalah RPG populer yang tersedia di Android dan iOS. Di sini kamu berperan sebagai seorang Summoner yang bisa memanggil monster untuk bertarung.

Seperti Pokemon, tiap monster memiliki tipe yang masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, tugas kalian adalah menyusun tim yang terdiri dari 5 monster dengan memanfaatkan sistem ini untuk memenangkan pertarungan.

Game ini dibuat oleh Com2Us, developer mobile kawakan dari Korea dan pertama kali diluncurkan di acara Electronic Entertainment Expo (E3) di Amerika Serikat pada tahun 2014 lalu, geng!

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 game populer yang sebenarnya buatan Korea Selatan. Sama sekali nggak nyangka, kan, kalau game di atas sebenarnya berasal dari Korea?

Berbeda dengan game seperti Mystic Messenger yang sudah jelas memiliki latar Korea, game-game di atas memang sepertinya dibuat untuk pasar global.

Makanya, nggak mengherankan kalau game-game di atas nggak terkesan Korea sama sekali, apalagi yang menggunakan IP dari Jepang atau Amerika.

Apa kalian terkejut kalau game di atas berasal dari Korea? Atau malah kalian sudah tahu? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Game Android Terbaru 2019 Banner 8d397

10 Game Android Terbaru Edisi Oktober 2019 | Hadirnya Penantang PUBG Mobile!

Game Mirip Pubg Offline 7e978

10 Game Mirip PUBG & Free Fire Offline Terbaik 2019 | Android & PC

Perbedaan Mode Battle Royale Di Pubg Mobile Dan Cod Mobile Mana Yang Lebih Seru A5ae9

Perbedaan Mode Battle Royale di PUBG Mobile dan COD Mobile, Mana yang Lebih Seru?

Game Android Terburuk Banner

10 Game Android Terburuk Sepanjang Masa

7 Karakter The King Of Fighters Allstar Paling Op Dapetinnya Langka Banget Afe37

7 Karakter Terbaik The King of Fighters: ALLSTAR Paling OP, Wajib Punya!

Banner Marvel

MARVEL Future Fight Bocorkan Konten Secret Wars pada Update Terbaru!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal