J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game yang Awalnya Direncanakan Sebagai Sekuel, Kamu Pasti Gak Tau!

7 Game yang Awalnya Direncanakan Sebagai Sekuel, Kamu Pasti Gak Tau!

Minggu, 15 Mar 2020, 20:00 WIB
Ketujuh game populer ini lahir karena hal-hal yang nggak diduga, geng. Niat awalnya mau bikin sekuel, namun di akhir malah jadi game baru.

Kamu tahu nggak, alasan kenapa banyak sekuel game yang gagal? Salah satu di antaranya adalah karena ketidaksinambungan antara sekuel dengan game orisinalnya.

Proses pengembangan game sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang panjang. Nggak jarang sebuah game berubah narasi atau genre di tengah masa pengembangannya.

Dalam proses tersebut, terkadang para developer berubah pikiran untuk merilis sekuel tersebut menjadi sebuah game yang benar-benar baru.

7 Game yang Awalnya Direncanakan Sebagai Sekuel

Dalam artikel ini, Jaka bakal mengulas tentang 7 game terbaik dunia yang awalnya direncanakan sebagai sebuah sekuel untuk game lain.

Nggak nanggung-nanggung, game-game berikut bahkan jadi lebih populer dari game aslinya dan bahkan menghasilkan franchise tersendiri.

Penasaran dengan game-game yang Jaka maksud? Kalau begitu, langsung saja simak artikel berikut ini ya, geng!

1. Assassin's Creed

1 B4462

Assassin's Creed merupakan salah satau franchise game action stealth terpopuler saat ini. Franchise ini juga telah menelurkan belasan judul game, bahkan sebuah film layar lebar.

Game ini direncanakan sebagai sekuel dari Prince of Persia: The Forgotten Sands dan terinspirasi dari assassin betulan yang bernama Hassan-i Sabbah.

Awalnya, Assassin's Creed dinamakan The Prince of Persia: Assassin. Namun karena elemen Prince-nya makin menghilang, para developer akhirnya membuat game ini menjadi game baru.

2. Devil May Cry

2 9fa29

Kalau game yang satu ini menarik banget, geng. Ternyata game Devil May Cry yang notabene ber-genre hack and slash awalnya adalah sekuel dari Resident Evil.

Hideki Kamiya adalah adalah sutradara dari game-game awal franchise Devil May Cry. Sebelum menjabat, ia sempat menjadi sutradara untuk game Resident Evil 2.

Awalnya, Devil May Cry adalah Resident Evil yang didesain dengan lebih "stylish". Namun, di tengah jalan game ini malah berubah genre dan akhirnya melahirkan Devil May Cry.

3. Sleeping Dogs

3 3cbb1

Sleeping Dogs merupakan sebuah game sandbox open world yang berlatar tentang kriminalitas di kota Hong Kong. Kurang lebih mirip GTA gitu, deh.

Sebelum dirilis dengan judul Sleeping Dogs, Activision selaku publisher hampir merilis game ini dengan judul True Crime: Hong Kong, yang merupakan sekuel dari franchise True Crime.

Sayangnya, game ini dibatalkan karena dianggap gagal memenuhi kualitas yang diinginkan Activision. Untungnya, Square Enix membeli hak game ini dan menyempurnakannya menjadi Sleeping Dogs.

4. Fallout

4 0015f

Sebelum Interplay Entertainment mengembangkan game Fallout, perusahaan ini lebih dulu mengembangkan game RPG bertema post-apocalyptic berjudul Wasteland.

Sayangnya, karena keserakahan EA akhirnya sekuel Wasteland yang berjudul Fountain of Dreams gagal total. Lebih sialnya, EA mengambil alih game ini dan hak atas nama Wasteland.

Brian Fargo, si sutradara Wasteland yang terbuang akhirnya membuat sekuel nggak resmi dengan judul Fallout. Nggak taunya, Fallout malah jauh lebih sukses.

5. Bioshock

5 E444b

Bioshock adalah suksesor spiritual dari game System Shock 2. Alasannya, karena kedua game tersebut memiliki elemen desain dan bahkan tim produksi yang sama.

Yang kerennya lagi, keduanya kini menjadi salah satu game dengan fans paling setia. Wajar saja, sih, soalnya Bioshock memang awalnya direncanakan menjadi System Shock 3.

Ken Levine, si sutradara memberikan proposal mengenai bagaimana System Shock 3 bakal meneruskan game sebelumnya kepada EA. Namun, EA menolaknya, geng.

Ketika Levine dan desainer lain dari Irrational Games sedang mengerjakan game lain, ia teringat dengan System Shock dan lahirlah Bioshock.

6. The Legend of Zelda: Twilight Princess

6 A5807

The Legend of Zelda: Wind Waker merupakan salah satu game yang cukup sukses dari franchise Zelda. Nintendo pun sempat berencana untuk merilis Wind Waker 2.

Sayangnya, game satu ini ternyata gagal menembus pasar Amerika Utara karena desain gamenya yang mirip game anak-anak. Akhirnya, sekuel ini dibatalkan, geng.

Alasan lainnya adalah art style Wind Waker yang menyulitkan desainer ketika membuat Link mengendarai kuda. Sementara, game Wind Waker 2 bakal memiliki banyak adegan berkuda.

Para fans juga meminta game selanjutnya memiliki desain seperti Ocarina of Time. Kombinasi masalah tersebut akhirnya malah melahirkan The Legend of Zelda: Twilight Princess.

7. Torment: Tides of Numenera

7 8e16c

Kalau gamer tahun '90-an ditanya mengenai game favorit mereka, pasti jawabannya adalah Planescape: Torment. Game RPG ini sangat melegenda bahkan hingga kini.

Cerita dari game Planescape: Torment memang terkenal sangat bagus. Oleh karena itu, Creative Director dari game ini meminta izin untuk membuat game berdasarkan setting Planescape.

Sayangnya, ide Colin McComb ditolak oleh publisher. Colin nggak putus asa dan berupaya menciptakan game berbeda, namun dengan jiwa Planescape: Torment.

Akhirnya, lahirlah Torment: Tides of Numenera yang nggak kalah sukses dengan game orisinalnya.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 game populer yang awalnya direncanakan sebagai sekuel. Pasti kamu nggak nyangka kan, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka berikutnya! Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Game Terbaik Epic Games Banner A33e7

10 Game Terbaik Epic Games, Ada yang Dibintangi Artis Hollywood!

397178992034e4b28251caafc412f476

10 Game Terbaik Ini Tetap Menjadi Favorit Gamer Meski Dirilis Berulang-ulang

Game Terbaik Sepanjang Masa Banner B9f58

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Video Game2141739b

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

59d9d78b15792c3f378b1efc24b31c5c

5 Game Terbaik dengan Konsep Dystopia yang Luar Biasa

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Paling Overrated Sepanjang Masa, GTA V Termasuk?

7 Game Paling Overrated Sepanjang Masa, GTA V Termasuk?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal