J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game yang Dilarang Dimainkan dengan Alasan Konyol, Gak Masuk Akal Semua?

7 Game yang Dilarang Dimainkan dengan Alasan Konyol, Gak Masuk Akal Semua?

Jumat, 3 Jan 2020, 11:00 WIB
Banyak alasan konyol kenapa beberapa game akhirnya dilarang di berbagai negara, geng. Beberapa alasan ini dirasa sangat berlebihan dan nggak masuk akal.

Video game sudah menjadi materi hiburan umum yang dimainkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Berbagai macam tema telah diadaptasi ke dalam video game dan salah satu tema yang paling sering digunakan adalah tema kekerasan.

Adegan adu jotos, tembak-tembakan, dan ledakan sering kali dibubuhkan ke dalam sebuah game untuk menambah kekhasan game tersebut.

7 Alasan Konyol Video Game Dilarang

Beberapa game dilarang di berbagai negara karena terlalu banyak mengandung unsur kekerasan dan lain sebagainya tetapi nggak semua alasan pelarangan video game ini masuk akal.

Beberapa negara melarang video game karena alasan yang konyol yang terkadang nggak masuk akal kalau ditelaah.

Di artikel kali ini, Jaka bakalan bikin daftar larangan terbit untuk berbagai video game yang alasannya di luar nalar. Apa aja sih alasan-alasan konyol ini? Yuk simak bareng-bareng infonya!

1. Bully Dilarang di Brazil Karena Mengambil Setting di Sekolah

Thepcgames Net 64fad
Sumber foto: thepcgames.net

Bully menjadi salah satu game populer di konsol PS2. Game yang bertemakan kehidupan sekolah ini banyak dimainkan di waktu game ini dirilis.

Sayangnya buat para penggemar game di Brazil mereka nggak bisa buat memainkan game ini karena pemerintahnya melarang beredarnya game Bully.

Bully dilarang di Brazil karena mengambil tempat di sekolah. Kepikiran nggak, geng gimana caranya buat bikin game bertemakan sekolah tapi settingnya nggak di sekolah?

Brazil berhasil melarang beredarnya game ini karena dinilai tidak cocok dimainkan oleh anak-anak dan bisa menimbulkan rasa takut mengenai sekolah.

2. Getting Up Dilarang di Australia Karena Berisikan Grafiti

Genobetantcourt Com F7880
Sumber foto: genobetantcourt.com

Getting Up merupakan game yang mengambil tema yang hampir sama dengan GTA di mana pemainnya diberikan kebebasan untuk melakukan berbagai hal di dalam game.

Salah satu hal yang kalian bisa lakukan di game ini adalah membuat lukisan grafiti dan hal ini menjadi alasan kenapa game ini dilarang di Australia.

Karakter utama di dalam game ini memang digambarkan sebagai anak dari pinggiran kota yang berusaha menggulingkan wali kota yang korup dengan grafiti.

Meskipun tujuannya tergolong baik, penggunaan grafiti sebagai fokus utama game ini membuat game bergenre aksi ini harus rela tidak diterbitkan di Australia.

3. GTA IV Dilarang di Thailand Karena Berhubungan dengan Pembunuhan

Ocean Of Games 83bd3
Sumber foto: oceanofgames.com

GTA memang sebuah game open world yang sarat dengan kekerasan karena kalian diberikan kesempatan untuk melakukan apa saja yang kalian mau di game ini.

Di Thailand karena sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang anak muda terhadap pengemudi taksi game ini ditarik peredarannya dari pasar.

Pemerintah Thailand beralasan bahwa kejahatan ini dipengaruhi oleh contoh kekerasan yang dilakukan di GTA dan terdakwa pun mengakui kalau dia terinspirasi oleh game ini.

Satu kasus kejahatan ini membuat ribuan bahkan jutaan pemain GTA lainnya di Thailand yang nggak melakukan apa-apa dan harus rela game kesayangannya dicabut dari peredaran.

4. Command & Conquer: Generals Dilarang di China Karena Menghancurkan China

Soutchinamorningpost Vom 36090
Sumber foto: southchinamorningpost.com

Command & Conquer: Generals menjadi game RTS yang dilarang peredarannya di China karena di dalam game ini kalian diperbolehkan untuk menyerang negara tersebut.

Di salah satu game ini memang menayangkan adegan di mana Beijing diserang oleh bom nuklir dan menjadi hancur berantakan yang membuat awal keberadaan game ini saja sudah menjadi kontroversi.

Banyak yang menganggap bahwa alasan ini dirasa berlebihan karena melarang beredarnya sebuah game karena kebanggaan akan negara tersebut terlalu tinggi.

Dengan adanya opsi untuk menyerang negara lain di dalam game, nggak berarti gamer yang mainin game ini bakal bisa ngelakuin hal itu kan?

5. Counter Strike Dilarang di Brazil Karena Memperlihatkan Daerah Kumuh

Gamebanana Com 9f87d
Sumber foto: gamebanana.com

Game FPS memang sarat dengan kekerasan karena tujuan kamu yang paling utama adalah mengalahkan lawan dengan senjata yang kamu pegang.

Kekerasan yang menjadi fokus utama di dalam game ini bukan alasan utama kenapa game Counter Strike dilarang di Brazil.

Game ini dicabut dari peredaran pada tahun 2007 karena ada salah satu map buatan pemain menggambarkan daerah kumuh Brazil atau yang lebih dikenal dengan favela.

Pemerintah brazil bahkan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan penghinaan bagi sebuah negara demokrasi. Lebay nggak sih, geng?

6. Mass Effect Dilarang di Singapura Karena Lesbian dengan Alien

Gamemoir Com 8fbb2
Sumber foto: gamemoir.com

Mass Effect merupakan game RPG yang bertemakan petualangan di luar angkasa. Di sepanjang game, ini kalian akan berinteraksi dengan berbagai ras alien.

Game Mass Effect yang pertama sempat dilarang peredarannya di Singapura karena ada salah satu adegan opsional di mana dua karakter wanita saling mengelus dan berciuman.

Alasan ini dirasa nggak masuk akal karena salah satu karakter wanita di adegan ini adalah alien.

Adegan saling elus dan ciuman antara manusia dan alien membuat video game dilarang gara-gara mengandung konten sensual? Kalian setuju nggak, geng?

7. Football Manager 2005 Dilarang di China karena Mendukung Kemerdekaan Tibet

Amazon Com F57dc
Sumber foto: amazon.com

Alasan sensitifitas politik berlebihan membuat game Football Manager harus rela ditarik peredarannya di China.

Di game strategi ini kalian bisa menjadi seorang pelatih sepak bola dan juga bisa memilih untuk menjadi seorang pelatih tim nasional suatu negara.

Di dalam game ini kalian bisa memilih untuk menjadi pelatih tim nasional Tibet dan hal ini membuat geram pemerintah China.

Pemerintah China waktu itu tidak terima kalau Tibet dianggap sebagai sebuah negara independen karena Tibet masih merupakan bagian dari China.

Akhir Kata

Itu dia beberapa alasan dilarangnya video game untuk beredar di suatu negara yang dirasa kurang masuk akal.

Beberapa alasan di atas mungkin bisa dibenarkan bila dilihat dari sudut pandang lain, tetapi memang keputusan tersebut sempat jadi perbincangan ketika diberlakukan.

Semoga Indonesia bisa menjadi negara yang lebih dewasa dan nggak bereaksi berlebihan terhadap isu-isu yang diangkat di dalam video game.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Game Fighting Pc Banner Ce518

10 Game Fighting PC Terbaik 2019|100% Rusuh!

Game Online Terbaru 2020 Banner 81e03

15 Game Online Terbaru 2020 Android & PC, Seru Buat Mabar!

Game Playstation 1 Terbaik Banner Eda56

20 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa dengan Story dan Grafis Memukau, Bikin Nostalgia!

Game Petualangan Offline 32042

10 Game Petualangan Offline Terbaik 2020 | Punya Gameplay Seru Abis!

Game Open World Android Banner 0c2c2

10 Game Open-World Android Terbaik dan Terbaru 2019 | Gak Bakal Bosan!

Banner 6f66f

7 Game Terbaik Buatan Konami yang Pernah Ada, Gak Cuma PES!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Game yang Di-banned oleh Pemerintah China, Takut Budaya Amerika?

5 Game yang Di-banned oleh Pemerintah China, Takut Budaya Amerika?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal