J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Kaum Muslim Sering Menjadi Penjahat di Video Game, Rasis!

5 Alasan Kaum Muslim Sering Menjadi Penjahat di Video Game, Rasis!

Rabu, 29 Apr 2020, 11:00 WIB
Ada beberapa video game yang menjadikan umat muslim sebagai karakter penjahat di dalamnya. Hal ini tentu sangat merugikan para penganut agama Islam.

Karakter dalam video game biasanya merupakan karakter fiktif atau karakter public figure ternama yang nggak berhubungan dengan negara, ras, maupun agama tertentu.

Sayangnya, ada banyak video game yang mengangkat karakter kaum muslim sebagai penjahat atau target untuk dihabisi seperti dalam game Muslim Massacre.

Hal ini tentu bisa mempengaruhi pandangan orang terhadap kaum muslim dan sangat merugikan mereka yang menganut agama Islam, geng.

Lalu, mengapa banyak video game yang menjadikan kaum muslim sebagai penjahat? Berikut penjelasannya dari Jaka untuk kamu.

Alasan Kaum Muslim Jadi Karakter Penjahat di Video Game

Melibatkan suatu agama sebagai karaker penjahat dalam video game tentu bisa merugikan dan merusak nama baik para penganut agama tersebut.

Hal ini juga berlaku bagi kaum muslim yang kerap dijadikan karakter penjahat di video game. Pemeluk agama Islam pun akhirnya kerap dipandang sebelah mata.

Lalu, mengapa kaum muslim sering dijadikan sebagai karakter penjahat dalam video game? Berikut alasan lengkapnya, geng.

1. Fenomena Islamophobia

Karakter Penjahat Muslim 5 Custom 582ee

Awalnya, Islamophobia muncul karena salah paham yang menyamakan perilaku individu muslim dengan keseluruhan penganut agama Islam.

Selain itu, sebagian besar negara di Eropa yang hancur akibat Perang Dunia 2 'mengimpor' pekerja dari negara mayoritas muslim, seperti Aljazair, Marokko, dan Turki.

Saat terjadi kerusuhan di kalangan warga muslim, muncul stigma negatif terhadap Islam yang lambat-laun berkembang menjadi ketakutan terhadap Islam alias Islamophobia.

Fenomena Islamophobia ini pun semakin diperkuat dengan deretan kejadian terorisme yang dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan Islam, geng.

Misalnya, pengeboman WTC di Amerika, bom bunuh diri di Inggris dan Spanyol, pembunuhan sutradara Theo Van Gogh di Belanda, dan lainnya.

2. Reputasi Buruk Islam di Mata Dunia

Karakter Penjahat Muslim 1 Custom 31321

Konflik yang terjadi di berbagai negara mayoritas muslim di Timur Tengah semakin memperjelas Islam sebagai agama yang penuh dengan ajaran kekerasan.

Sifat barbarisme para teroris yang sering mengatasnamakan Islam juga menjadi salah satu ketakutan besar bagi masyarakat di seluruh penjuru dunia, geng.

Bahkan, beberapa situs pembenci Islam pun bertebaran di internet akibat adanya konflik berkepanjangan yang mengatasnamakan perjuangan kaum muslim.

Situs-situs tersebut membahas perilaku umat Islam yang mengabaikan sisi kemanusian akibat perintah perang melalui wahyu Tuhan di dalam Alquran.

3. Stereotip Muslim adalah Teroris yang Harus Dibunuh

Karakter Penjahat Muslim 3 Custom B4218

Penokohan muslim secara menyimpang ternyata pernah ada dalam game first-person shooter (FPS) populer seperti Call of Duty: Modern Warfare 2.

Seorang developer game keturunan Belanda-Mesir, Rami Ismail, mengatakan penjahat muslim di video game berperan dalam memperkuat stereotip bahwa muslim adalah teroris.

"Darah muslim adalah yang paling murah di bumi saat ini. Darah Amerika yang paling mahal. Itu yang kalian semua buat di Call of Duty: Tembak Orang Arab" ujar Ismail.

Call of Duty: Modern Warfare 2 menerima kritik pedas dari kalangan muslim karena menyematkan tulisan kaligrafi di sebuah bingkai foto, geng.

Hal yang menjadi kontroversi adalah, kalimat yang berbunyi Allah itu Indah dan Mencintai Keindahan itu ditulis dalam bingkai yang digantung di sebuah toilet.

4. Banyak Video Game Menyimpang yang Ditiru

Karakter Penjahat Muslim 4 Custom 576c7

Munculnya video game dengan kaum muslim sebagai penjahat tentu terjadi karena adanya developer game menyimpang yang ingin merusak nama baik Islam.

Hingga saat ini pun memang sudah ada beberapa game yang melibatkan kaum muslim dalam kontesk negatif dan merugikan, misalnya game Muslim Massacre.

Game paling rasis yang dirilis pada tahun 2008 ini mengisahkan perjuangan pasukan tentara Amerika Serikat dalam membasmi teroris di kawasan Timur Tengah.

Parahnya, pemain ditempatkan sebagai anggota pasukan tentara AS yang diberi tugas untuk menembaki orang Arab sebanyak mungkin, geng.

Beberapa obyek yang harus dibunuh adalah sosok dengan pakaian muslim, tepatnya orang-orang Arab yang memakai lilitan sorban di kepalanya.

5. Video Game Jadi Sarana Menyebar Kebencian

Karakter Penjahat Muslim 2 Custom E2511

Karakter muslim yang diposisikan sebagai penjahat seolah bertujuan untuk meluapkan kebencian terhadap Islam dengan membunuh dan memusnahkan penganutnya.

Video game pun menjadi sarana untuk menyebar kebencian pada Islam karena menempatkan kaum muslim pada posisi yang dianggap buruk dan merugikan.

Hal ini juga ada dalam game yang diluncurkan di Amerika Serikat (AS). Game berjudul Postal 2 itu mengangkat tema perang yang musuhnya diperankan sebagai orang Islam.

Sementara itu, para pemain berada di posisi sebagai tentara atau polisi yang sedang memburu penjahat. Sehingga pemain boleh menembak atau membunuh karakter muslim.

Game paling kontroversial yang dimainkan pada platform Windows 98, 2000 dan XP ini pun kabarnya langsung mendapatkan reaksi keras dari berbagai pihak, geng.

Akhir Kata

Itu tadi 5 alasan kaum muslim jadi karakter penjahat di video game. Hal tersebut pun akhirnya menimbulkan dampak negatif bagi pada umat Islam.

Padahal sikap rasis developer ini sangat-sangat tidak berkeprimanusiaan dan tidak menggambarkan umat muslim di seluruh dunia.

Jelas, banyak umat muslim yang tak terima dan protes dengan perlakuan tidak masuk akan para developer game ini.

Berbagai video game yang sengaja merusak nama baik Islam pun akhirnya mendapat kritik pedas dari sejumlah pihak, terutama kaum muslim.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Maxresdefault 18 Ee635

5 Video Game Kontroversial yang Dikenal Karena Kekerasan dan Tindak Kriminalnya

Game Kontroversial Menyesatkan Dunia 9d570

Jadi Inspirasi Kejahatan! Ini 7 Game Kontroversial yang Menyesatkan

C1a1ad59a18e034e3e04136c7789c6f2

PARAH! Ini 5 Game Kontroversial yang Tampilkan Unsur Rasisme

Maxresdefault 4

11 Hoax Terbesar Video Game yang Merajalela di Seluruh Dunia

Untitled 1 3bfff

15 Video Game yang Dilarang di Berbagai Negara, HARAM Dimainkan Saat Ramadan!

Mitos Video Game C6c0d

7 Mitos Video Game yang Banyak Dipercaya Orang dan Terbukti Nyata

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

5 Game Android Terbaik yang InsyaAllah Bikin Kamu Dapat Pahala

5 Game Android Terbaik yang InsyaAllah Bikin Kamu Dapat Pahala

7 Penjahat Video Game yang Lebih Keren dari Tokoh Utamanya

7 Penjahat Video Game yang Lebih Keren dari Tokoh Utamanya

7 Game Kolaborasi Paling Epic & Spektakuler, No. 3 Ditunggu Semua Orang!

7 Game Kolaborasi Paling Epic & Spektakuler, No. 3 Ditunggu Semua Orang!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal