J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bikin Rugi! Ini 5 Alasan Developer Game Mobile Nggak Minat Bikin Game Story Mode

Bikin Rugi! Ini 5 Alasan Developer Game Mobile Nggak Minat Bikin Game Story Mode

Selasa, 15 Okt 2019, 20:00 WIB
Saat ini, banyak banget game mobile dengan berbagai genre bermunculan. Anehnya, jarang banget ada game mobile singleplayer dengan story mode. Kenapa ya?

Pasar game saat ini sudah mulai dikuasai oleh game di platform mobile. Game yang bisa dimainkan di mana saja kapan saja, tentunya menjadi pilihan untuk masyarakat yang aktif.

Popularitas game mobile bahkan menarik developer game platform lain untuk ikut-ikutan, sebut saja PUBG Mobile atau COD Mobile.

Beragam judul game dalam berbagai genre sudah mulai dirilis. Anehnya, akhir-akhir ini jarang banget ada developer game mobile yang bikin game singleplayer dengan story atau campaign.

5 Alasan Developer Game Mobile Nggak Tertarik Bikin Game Singleplayer Story Mode

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai 5 alasan kenapa developer game mobile nggak tertarik untuk bikin game singleplayer dengan story mode.

Perlu diingat, bahwa 5 alasan ini merupakan interpretasi Jaka pribadi mengenai fenomena tersebut. Mungkin saja developer memiliki alasan lain, geng.

Daripada kamu makin penasaran, mendingan langsung saja simak artikel Jaka berikut ini. Check it out!

1. Gampang Dibajak

1 72b33

Judul game mobile singleplayer dengan campaign di Google Play Store maupun Apple App Store mungkin bisa dihitung dengan jari.

Salah satu game singleplayer story mode paling terkenal adalah Final Fantasy XV: Pocket Edition. Game adaptasi dari Final Fantasy XV ini memiliki banyak banget pemain di platform lain.

Sayangnya, game ini jarang banget memiliki peminat di platform mobile. Kalaupun ada, itu pun hasil bajakan yang bisa kamu download secara gratis di internet.

Potensi pembajakan game atau aplikasi di Android menurut Jaka merupakan salah satu alasan kenapa developer agak was-was untuk membuat game singleplayer mobile.

Membuat game itu mahal, lho. Bahkan, banyak perusahaan game yang harus bangkrut karena kehabisan dana ketika sedang mengembangkan game baru mereka.

Untuk menghindari masalah tersebut, rasanya wajar saja kalau developer game mobile nggak berniat untuk membuat game seperti itu.

2. Keuntungannya Nggak Seberapa

2 F3f23

Masih berkaitan dengan tadi, geng. Game bajakan di platform manapun, pasti akan sangat merugikan developer dan juga publisher.

Biaya pengembangan dan marketing tentunya menjadi pertimbangan utama bagi developer dan publisher dalam merilis game terbaru.

Oleh karena itu, developer biasanya akan mematok harga yang cukup tinggi untuk game mobile singleplayer dengan mode campaign.

Game singleplayer juga nggak bisa semerta-merta menggunakan sistem microtransaction dalam game singleplayer story mode seperti dalam game multiplayer.

Bikin cerita dan pengembangan karakter game itu nggak gampang, lho, geng. Diperlukan research mendalam untuk menciptakan karakter dan cerita yang memainkan emosi para pemainnya.

Kalau kamu ngaku gamer, jangan pernah beli game bajakan ya, geng. Kasian para pekerja di industri game, geng. Mereka, kan, juga butuh makan.

3. Replay Value yang Rendah

3 Fe76a

Dari masalah duit, kita sekarang bahas ke hal yang lebih teknis ya, geng. Game singleplayer story mode rata-rata memiliki plot yang linear.

Artinya, kita diberi objective atau misi untuk mencapai ending dari sebuah game. Terkadang, ada juga game yang memiliki ending ganda.

Setelah tamat, banyak gamer yang langsung berpindah ke game lain. Alasannya, mereka sudah puas memainkan game tersebut.

Bisa, sih, kamu memainkan kembali game tersebut dari awal. Namun, konten yang nggak berubah lama kelamaan akan terasa membosankan.

Replayability rendah adalah salah satu kelemahan terbesar dari game singleplayer story mode. Berbeda banget dengan game multiplayer.

Kamu bisa memainkan game multiplayer selama ribuan jam tanpa merasa bosan. Hal tersebut dikarenakan game multiplayer nggak bisa tamat.

Game singleplayer yang sudah tamat tentunya nggak bisa lagi mendatangkan uang bagi sang developer.

4. Game Multiplayer Lebih Populer

4 D44ac

Perusahaan game raksasa, Electronic Arts, pernah berpendapat kalau saat ini merupakan era game multiplayer. Salah satu alasannya adalah replayability yang tinggi.

Meskipun banyak yang kontra, namun pendapat tersebut juga ada benarnya, geng. Kamu bisa lihat game-game yang saat ini dimainkan rata-rata adalah game multiplayer.

Selain menyajikan konten yang tidak terbatas, kamu juga bisa bertemu dan bersosialisasi dengan player lain di seluruh penjuru dunia.

Kepopuleran game multiplayer membuat developer game di platform mana pun kini enggan untuk merilis game singleplayer karena takut nggak laku.

Tipe gamer zaman sekarang jauh lebih kompetitif dibanding zaman dahulu. Gamer old-school lebih menikmati plot dan gameplay menarik.

Berbeda dengan gamer modern yang lebih mementingkan pencapaian pribadi. Nggak heran kalau game multiplayer kini melahirkan banyak banget komunitas gamer toxic.

5. Nggak Menarik untuk Sponsor

5 2f695

Kecanggihan teknologi internet kini memungkinkan kita untuk menonton orang lain bermain game, atau bahkan menyiarkan permainan kita ke platform tertentu melalui internet.

Hal inilah yang menjadi salah satu cikal bakal lahirnya eSports. Game-game multiplayer, terutama yang dilombakan di eSports tentu mendatangkan banyak penggemar.

Banyaknya penggemar juga mengundang sponsor-sponsor untuk berdatangan. Semakin banyak sponsor, semakin banyak juga uang yang dihasilkan.

Berbeda dengan game singleplayer yang nggak bisa dikompetisikan di eSports. Pastinya nggak akan ada sponsor yang datang, geng.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 alasan kenapa developer game mobile nggak tertarik bikin game singleplayer story mode atau campaign.

Menurut kamu bagaimana, geng? Kalau kamu punya pendapat lain, kamu bisa tulis jawabanmu beserta alasan di kolom komentar yang telah Jaka sediakan.

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
5addd56a38a333c39c6b75c99e34ba2b

10 Game Android 100% Gratis Tanpa Iklan dan In-Game Purchase Sama Sekali

Csss E6c76

10 Game Android Dengan Gameplay Keren yang Bisa Dimainkan di Android RAM 1GB

Richpeoplemoney 1600 D67d5

10 Game Android Favorit Para Sultan Saat Ini | Mobile Legends Turun Kasta?

5 Alasan Utama Kenapa Ea Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci Serakah Dan Kepala Batu 3c2de

5 Alasan EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci | Serakah dan Kepala Batu!

6ba5fb39a2a81d7071c2beb83b4cfad6

10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan

089553266545200d559d836ec3097072

3 Penyebab Programmer dan Game Developer Indonesia Kalah Sukses Dibandingkan Negara Lain

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal