J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

Jumat, 29 Jan 2021, 10:00 WIB
Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan mengalami gempa bumi. Bahkan, salah satu gempa bumi terbesar di dunia pernah terjadi di Tanah Air!

Gempa bumi merupakan salah satu peristiwa alam yang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bahkan, bencana alam ini bisa menyebabkan kerusakan yang besar dan tidak sedikit menelan korban jiwa.

Sepanjang sejarah, ada beberapa gempa bumi yang dahsyat dan dianggap sebagai yang terbesar. Deretan gempa ini menimbulkan kerusakan besar tidak hanya di pusat gempa, tapi juga di wilayah lainnya.

Oleh karena itu, kali ini Jaka bakal membahas 5 gempa bumi terdahsyat di dunia, yang salah satunya terjadi di Indonesia. Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Gempa Severo-Kurilsk, 1952 (9,0 Magnitudo)

Gempa1 Custom Ff16e

Gempa bumi Severo-Kurilsk dengan 9,0 magnitudo mengguncang semenanjung Kamchatka di ujung Timur Rusia, 5 November 1952. Gempa ini mengakibatkan tsunami besar.

Tsunami setinggi 13 meter menerjang Kota Severo-Kurilsk sekitar pukul 05.00 pagi waktu setempat. Bahkan, tsunami ini hampir mencapai Crescent City, California, Amerika Serikat.

Bukan hanya satu, gempa megathrust ini menimbulkan 3 gelombang tsunami. Gelombang kedua merupakan yang terburuk hingga menewaskan 2.336 korban menurut pihak berwenang di sana.

2. Gempa Tohoku, 2011 (9,1 Magnitudo)

Gempa2 Custom E45b4

Pada 11 Maret 2011, gempa dengan magnitudo 9,1 mengguncang Jepang. Gempa ini dirasakan hingga Petropavlovsk-Kamchatsky (Rusia), Kaohsiung (Taiwan), dan Beijing.

Gempa dahsyat di lepas pantai timur laut Pulau Honshu, pulau utama di Jepang, ini kemudian memicu serangkaian tsunami besar, terutama di wilayah Tohoku.

Gelombang pun menerjang PLTN Fukushima Dai-ichi hingga membuat reaktor luruh dan memicu krisis nuklir terparah di Jepang pasca-Perang Dunia II.

Diperkirakan, 200 ribu orang meninggal atau hilang dan 500 ribu lainnya terpaksa dievakuasi. Kerugian yang diciptakan mencapai USD360 miliar.

3. Gempa Samudra Hindia, 2004 (9,1 - 9,3 Magnitudo)

Gempa3 Custom D2fa9

Minggu, 26 Desember 2004, Samudra Hindia diguncang gempa bumi dahsyat bermagnitudo 9,1 - 9,3. Gempa ini berpusat di lepas pantai barat Sumatra, dekat Aceh.

Gempa ini disebabkan oleh pecahnya patahan antara Lempeng Burma dan Lempeng India. Serangkaian gelombang tsunami hingga setinggi 30 meter pun menerjang setelah gempa terjadi.

Gempa tersebut merupakan yang terbesar ketiga yang pernah dicatat dan memiliki durasi patahan terpanjang yang pernah diamati, yakni sekitar 10 menit.

Masyarakat di sepanjang pesisir sekitar Samudra Hindia terkena dampak serius. Tsunami dan gempa menewaskan sekitar 227.898 orang di 14 negara, dengan jumlah korban terbanyak di Aceh.

4. Gempa Alaska, 1964 (9,2 Magnitudo)

Gempa4 Custom E1b83

Gempa bumi bermagnitudo 9,2 mengguncang kawasan Prince Wiliam Sound, Alaska dan sekitarnya pada 27 Maret 1964 pukul 17.36. Gempa berlangsung selama 4 menit 38 detik.

Tidak hanya meluluhlantakkan bangunan, gempa juga memicu terjadinya liquifaksi, tanah longsor, dan yang paling mengerikan adalah tsunami setinggi 8,2 meter.

Tsunami menghancurkan Desa Chenega dan menewaskan 23 dari 68 orang yang tinggal di sana. Secara total, bencana ini memakan sekitar 131 korban jiwa.

Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai Tragedi Good Friday karena bertepatan dengan liburan umat Kristiani di Amerika Serikat.

5. Gempa Valdivia, 1960 (9,5 Magnitudo)

Gempa5 Custom 14dac

Gempa bumi terkuat sepanjang sejarah memorak-porandakan Chile pada 22 Mei 1960. Episentrum gempa berada di lepas pantai dekat Canete, sekitar 900 km selatan Santiago, Ibu Kota Chile.

Gempa Valdivia atau dikenal juga dengan gempa dengan magnitudo 9,5 terjadi selama 10 menit. 15 menit berselang, muncul tsunami hingga setinggi 25 meter di wilayah pantai Chile.

Gelombang tsunami juga menghantam wilayah lain, di antaranya Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru bagian timur, Australia Tenggara, hingga Kepulauan Aleutian.

Tidak ada angka pasti mengenai jumlah korban jiwa akibat bencana ini. Tapi, berbagai perkiraan menyebut bahwa gempa ini menewaskan hingga 6 ribu orang.

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 gempa bumi terdahsyat di dunia yang menewaskan hingga ratusan ribu korban jiwa. Salah satunya bahkan pernah melanda Indonesia.

Gempa Aceh yang terjadi di penghujung tahun 2004 merupakan salah satu gempa terkuat sepanjang sejarah. Bencana ini bahkan masih membekas hingga sekarang.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Misteri Tubuh Manusia Yang Tak Terjawab Sains 74881
5 Hal Tentang Tubuh Manusia yang Tak Terjawab Sains, Terlalu Rumit?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal