J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Kreatif! 5 Game Plagiat Paling Gila Ini Pernah Dirilis dalam Industri Game

Gak Kreatif! 5 Game Plagiat Paling Gila Ini Pernah Dirilis dalam Industri Game

Rabu, 15 Nov 2017, 19:30 WIB
Semua game-game tersebut mampu menembus angka penjualan yang fantastis dan tentunya sangat menguntungkan bagi para developer-nya.

Saat ini, ada banyak sekali franschise dari video game yang berhasil menuai kesuksesan di industri game. Sebut saja Grand Theft Auto, Far Cry, The Lost of Us, dan lain sebagainya. Semua game-game tersebut mampu menembus angka penjualan yang fantastis dan tentunya sangat menguntungkan bagi para developer-nya.

Namun, di industri game saat ini, tak sedikit dari para developer yang membuat sebuah game dari hasil mencontek atau menduplikasi sebuah konsep game yang telah ada, bahkan ada yang menirunya secara habis-habisan. Bisa dibilang, para developernya malas mikir untuk membuat konsep game baru. Alhasil tinggal copy-paste dari konsep yang telah ada, dan jadilah game-game kloningan yang gila dan juga menggelikan. Langsung aja cek di bawah ini.

BACA JUGA
  • 20 Smartphone Terbaru Edisi Oktober 2017, Dari Apple Hingga Xiaomi!
  • 10 Smartphone Android Terbaru Edisi Bulan September 2017
  • 10 Smartphone Android Terbaru Edisi Bulan Agustus 2017

Gak Kreatif! 5 Game Plagiat Paling Gila Ini Pernah Dirilis dalam Industri Game

1. Saint Row (Meniru GTA San Andreas)

512516cd12122adb3c175f48c167f901

Mungkin kamu masih bingung kenapa Saint Row dimasukkan ke dalam list. Jika kamu melihat lagi pada debut Saint Row yang pertama, kamu akan melihat konsep game yang sama persis dengan GTA San Andreas yang bertemakan gangster. Nah, konsep tersebutlah yang dibawa oleh Saint Row dalam debutnya, di mana mekanismenya sama dengan menguasai wilayah layaknya GTA San Andreas.

Karena konsepnya sama, alhasil penjualan gamenya tidak menembus angka tinggi, karena mungkin Gamer masih percaya dengan GTA San Andreas sebagai game bertema gangster. Belajar dari debutnya yang gagal, akhirnya setelah Saint Row berganti developer dan konsep, mereka kemudian membawa elemen baru, seperti alien dan senjata aneh yang sekarang sudah menjadi identitas original dari Saint Row.

2. Blade (Meniru Dark Souls)

219b1fe64944727bd97ad380bc9f98c1

Dibuat oleh developer asal Korea dengan tujuan platform mobile, ternyata game yang berjudul Blade ini meniru habis-habisan dari sebuah game paling sukses di Asia, yaitu Dark Souls. Ya, mulai dari konsep, iklan, poster, sampai teaser, semua sama persis, tidak ada bedanya. Dan mungkin inilah yang menjadi perbuatan paling memalukan dalam industri game.

Karena mirip seratus persen, developer Dark Souls memutuskan untuk menuntut developer Blade. Akhirnya, game Blade pun di-take down dan developer-nya dijatuhi hukuman yang berlaku. Wah, parah juga ya.

3. Tattoo Assassins (Meniru Mortal Kombat)

6f9a0aff177bf5ef94d3a6d162b93904

Siapa yang tidak tahu Mortal Kombat? Game fighting yang pertama kali dirilis pada tahun 1992 ini sempat menjadi primadona para Gamer yang memang suka game tonjok-tonjokkan. Game yang memiliki konsep dan gameplay yang menarik ini sangat orisinal karena dibuat dari orang asli, sehingga tidak kaku.

Nah, ternyata di tahun 90-an tersebut, ada banyak game-game kloningan dari game fighting ini. Namun, ada satu game yang bisa dikatakan paling buruk dari semua kloningan, yaitu Tattoo Assassins. Game tersebut nampaknya dibuat dengan asal-asalan, di mana sound effect tidak jelas, efek visual yang kemana-mana, dan gameplay-nya juga sangat tidak nyaman.

4. Mole Kart (Meniru Mario Kart)

Ed709808c62c7a6fa3b17953c51453e9

Kita semua pasti tahu game legendaris dari Nintendo, yakni Mario Kart. Dibangun dengan sebuah konsep yang menarik, ternyata hal tersebut membuat developer-nya juga ikut dalam membuat sebuah game dengan konsep dan elemen yang sama, hanya judulnya saja yang sedikit berbeda, yaitu Mole Kart.

Meskipun kloningan dari Mario Kart, namun nyatanya game ini mempunyai masa di platform-nya, yaitu mobile. Dan dengan pede-nya, sang developer kembali mengeluarkan sekuel terbarunya yang berjudul Mole Kart 2 Evolution, namun dengan elemen-elemen baru yang kini sudah menjadi ciri khas dari Mole Kart. Udah tobat kali ya?

5. Unearthed Trail of Ibn Battuta (Meniru Uncharted)

3881e5013fe3c312404cc18f8c657ceb

Mungkin inilah salah satu game tiruan yang bisa dibilang kocak. Ya, sebuah game yang bernama Unearthed yang dibuat oleh developer asal Saudi Arabia ini ternyata meniru habis dari game keren buatan Naughty Dogs, yaitu Uncharted.

Setting tempat, karakter, senjata, semua dibuat sangat mirip dengan Uncharted. Yang membedakan hanyalah satu, yakni Uncharted dibuat oleh profesional, sedangkan Unearthed dibuat oleh amatiran. Ya, dimana pada game ini animasinya sangat kaku dengan berbagai hal yang terkesan seadanya. Mungkin ini bisa menjadi sebuah langkah maju untuk Saudi Arabia dalam terjun ke industri game, namun sayangnya mereka memulai debutnya dengan copy-paste.

Nah, itulah beberapa game yang diketahui mencontek atau menjiplak dari game-game besar yang sudah terbukti sukses menuai kesuksesan di industri game. Lantas, bagaimana pendapatmu mengenai game-game di atas? Tulis di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
10 Smartphone Android Terbaru Edisi Bulan Juli 2017

10 Smartphone Android Terbaru Edisi Bulan Juli 2017

10 Smartphone Kecil Performa Monster Terbaik Yang Bisa Dikuasai Satu Tangan

10+ Smartphone Kecil Performa Monster Terbaik yang Bisa Dikuasai Satu Tangan

Smartphone Dengan Stock Android

Update Cepat dan Minim Bloatware! Ini Smartphone dengan Stock Android di Indonesia

Mitos Ram E011c

4 Mitos Tentang RAM yang Ternyata Salah Kaprah

Smartphone Canggih Masa Depan

3 Smartphone Canggih Masa Depan yang Akan Mengubah Segalanya!

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix F7d45
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan

10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan

5 Game Buatan Anak Bangsa Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang

5 Game Buatan Anak Bangsa Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang

6 Game Terlaris Sepanjang Tahun 2017

6 Game Terlaris Sepanjang Tahun 2017

6 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

6 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal