J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Game Paling Terlarang di Dunia Dengan Alasan yang Aneh

              6 Game Paling Terlarang di Dunia Dengan Alasan yang Aneh

              00
              Senin, 15 Jan 2018, 17:00 WIB
              Dari dulu masalah-masalah seperti penyensoran selalu menghantui setiap kreator-kreator dunia. Hal seperti ini secara tidak langsung mematikan kebebasan berekspresi dari setiap individu dengan melarang segala bentuk hiburan dengan dalih tidak sesuai dengan pandangan tertentu dalam kehidupan.

              Dari dulu masalah-masalah seperti penyensoran selalu menghantui setiap kreator-kreator dunia. Hal seperti ini secara tidak langsung mematikan kebebasan berekspresi dari setiap individu dengan melarang segala bentuk hiburan dengan dalih tidak sesuai dengan pandangan tertentu dalam kehidupan.

              Nah, hal semacam ini mungkin sering kita temui didalam film yang kerap kali mendapatkan sensor yang berlebihan. Rupanya, 'pengekangan kebebasan' seperti ini juga terjadi dalam industri video game. Tak jarang game-game tersebut mendapatkan larangan untuk rilis di negara tertentu dengan alasan yang cukup absurd dan tidak masuk akal. Penasaran game apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

              BACA JUGA
              • 5 Kreator Game Ini Sangat Berjasa dalam Dunia Video Game
              • 7 Game PSVR Terbaik Sepanjang Masa
              • Tanpa Coding! Pemula Bahkan Bisa Bikin Game Pakai 5 Game Engine Sederhana Ini

              6 Game Paling Terlarang di Dunia dengan Alasan Yang Aneh!

              1. EA Sports MMA

              masukkan deskripsi gambar disini
              Benar memang jika game MMA milik EA penuh dengan adegan baku hantam, kekerasan hingga cipratan darah di mana-mana. Tetapi hal itu bukan yang menjadi alasan kenapa game ini dilarang di negara Skandinavia seperti Denmark. Negara yang dikenal dengan pandangan progresif dan liberal ini pada dasarnya tidak mempermasalahkan segala hal tentang kekerasan, hanya saja pada game yang dirilis pada tahun 2010 tersebut, terdapat iklan minuman berenergi tertentu yang dianggap bertentangan dengan hukum Denmark.

              2. Mass Effect

              masukkan deskripsi gambar disini
              Selain EA Sports MMA, masih ada satu lagi game buatan EA yang dilarang di suatu negara karena alasan yang aneh. Game tersebut adalah Mass Effect yang dilarang rilis di Singapura. Bukannya tanpa alasan, game bergenre action-RPG ini dilarang lantaran menampilkan beberapa adegan seks antara spesies alien dan manusia. Parahnya lagi, adegan seks yang ditampilkan merupakan adegan seks lesbian yang sangat tidak disukai di Singapura. Tak hanya Singapura, Uni Emirat Arab juga sempat melarang game ini dengan alasan yang sama.

              3. God Of War

              masukkan deskripsi gambar disini
              Menikmati perjalanan epik seorang Kratos di seri God Of War pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi gamer di seluruh dunia. Sayangnya hal seperti ini tidak berlaku bagi gamer di Arab Saudi. Sebab, Arab Saudi secara terang-terangan melarang beredarnya game hack-n-slash tersebut. Alasannya? Kata 'Tuhan' yang tertera pada judul game dianggap sebagai bentuk penghujatan ekstrem di Arab Saudi. Parahnya lagi, semua developer yang berhubungan dengan God Of War juga dilarang untuk memasuki negara tersebut dengan alasan apapun.

              4. Football Manager 2005

              masukkan deskripsi gambar disini
              Cukup aneh memang ketika memasukkan nama Football Manager ke dalam daftar ini. Bagaimana tidak? Game simulasi sepakbola dari Sports Interactive ini kelihatan sama sekali 'tidak berdosa' dari segala aspek. Namun, siapa yang menduga jika game ini sangat dilarang di Cina. Alasannya cukup aneh dan tidak masuk akal, yakni mengakui negara Tibet sebagai negara merdeka. Di Cina hal semacam ini rupanya termasuk ke dalam bentuk kejahatan dalam konteks olahraga. Kabar buruknya, meskipun game ini akhirnya merilis versi tanpa 'negara Tibet', Cina tetap menolak keberadaan game ini dengan alasan dorongan politik.

              5. Grand Theft Auto: Episodes from Liberty City

              masukkan deskripsi gambar disini
              GTA menjadi salah satu franchise paling laris dalam industri video game. Meskipun begitu, setiap seri yang dirilisnya selalu menuai beragam kontroversi. Salah satunya menyambangi seri Grand Theft Auto: Episodes from Liberty City yang kali ini dilarang di Brazil. Game yang notabene merupakan ekspansi DLC dari GTA IV ini kabarnya menggunakan musik milik seorang komposer asal Brazil, Hamilton da Silva Louren o, tanpa seizinnya. Akibat larangan tersebut, Hamilton langsung membuat banyak fans GTA di Brazil, marah.

              6. Command & Conquer: Generals

              masukkan deskripsi gambar disini
              Kebanyakan negara yang melarang sebuah game karena dianggap membuat negara atau pemerintahan terkait menjadi terlihat buruk. Inilah alasan resmi mengapa Cina melarang game RTS buatan EA, yakni Command & Conquer: Generals untuk beredar di negaranya. Selain itu, beberapa cuplikan dalam game ini juga menampilkan kota-kota besar di Cina seperti Beijing yang mengalami kehancuran akibat bom. Pemerintah Cina nampaknya tidak senang akan hal itu.

              Itulah tadi 6 game paling terlarang di dunia dengan alasan yang aneh. Mengherankan memang jika suatu game yang tujuannya dibuat untuk hiburan harus 'tumbang' di negara tertentu hanya karena alasan politik yang sebenarnya tidak perlu. Semoga saja alasan aneh seperti ini tidak menimpa game-game yang akan dirilis di Indonesia. Semoga bermanfaat!

              APPS TERKAIT
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Vainglory 2.0.2 (46378)
              Games Super Evil Megacorp
              Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA
              Games Garena
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal