10 Game Engine Paling Populer di Dunia, Gamer Wajib Tahu!

23 September 2017

Kalian pasti pernah berpikir bagaimana caranya membuat video game yang keren layaknya GTA, Far Cry, Battlefield, DotA, dan lain sebagainya.

Nah, dalam pembuatan game modern masa kini, terdapat beberapa software yang khusus dirancang untuk menangani hal tersebut. Salah satunya adalah game engine.

Game engine merupakan perangkat lunak yang dirancang sebagai alat untuk pembuatan dan pengembangan video game.

Game engine juga akan memberikan kemudahan dalam mencipatakan sebuah konsep game yang ingin dibuat. Hal tersebut mencakup mulai dari pembuatan sistem, rendering, scripting, audio, A.I., networking, manajemen memori, threading, grafik, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini Jaka akan membahas beberapa game engine paling populer di dunia, yuk simak ulasannya di bawah ini.

10 Game Engine yang Populer di Dunia

1. Cry Engine

Game engine buatan Crytek ini telah banyak menciptakan beberapa game yang populer. Beberapa di antaranya yaitu Crysis series, Far Cry, Cabal 2, Ghost Warrior 2, dan lain sebagainya.

2. Unreal Engine

Game engine buatan Epic Games ini mampu menghasilkan framerate yang stabil, grafis bagus, shadow, Depth of Field, HDDR, dan mendukung DX 11. Selain gratis, game engine ini juga dapat digunakan tidak hanya untuk pembuatan game, yakni juga bisa dibuat sebagai film maupun animasi. Beberapa game populer yang dibuat menggunakan game engine ini antara lain Ragnarok Online 2, Mass Effect series, dan Bioshock.

3. Rage Engine

Rage engine merupakan game engine yang dibuat oleh Rockstar. Game engine ini juga dibantu dengan Euphoria, yakni sebuah perangkat lunak 3D yang telah banyak menciptakan beberapa game populer.

Keunggulan game engine ini adalah mampu menciptakan sebuah dunia open-world yang tanpa loading, A.I. yang dinamis dan cerdas, dan sistem cuaca yang begitu realistis dan kompleks.

Game engine ini telah digunakan untuk beberapa game populer, beberapa di antaranya GTA IV dan V, Max Payne 3, dan Midnight Club: Los Angeles.

4. Infinity Ward Engine

Game engine yang dibuat oleh developer tanpa nama resmi ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya efek pencahayaan yang baik, A.I. yang cerdas, Depth of Field, Dynamic Bullet Penetration, dan lain sebagainya. Beberapa game populer yang dibuat menggunakan game engine di antaranya game Call of Duty series.

5. Frosbite Engine

Frostbite Engine merupakan game engine yang menawarkan kualitas pembuatan tampilan grafik yang memukau. Tapi, sayangnya game ini hanya mendukung fitur DX 11. Beberapa game populer yang berhasil dibuat menggunakan game engine ini di antaranya Battlefield series dan Need for Speed: The Run.

6. Creation Engine

Creation Engine adalah game engine yang khusus digunakan untuk membuat salah satu game terbaik yang pernah ada, yakni game The Elder Scrolls V: Skyrim. Seperti yang kita tahu, Skyrim adalah game RPG yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah dunia Skyrim yang begitu luas dan membuat banyak gamer betah jika harus memainkan game ini seharian.

Nah, Creation engine sendiri merupakan game engine yang khusus untuk membuat game ini. Ada beberapa bagian di dalam game ini yang cukup banyak memanfaatkan game engine ini, di antaranya adalah fitur random dungeon, berburu senjata hebat, quest menarik, radiant A.I., bermusuhan dengan penduduk, berburu naga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Anvil Engine

Anvil Engine merupakan game engine yang khusus dibuat untuk menciptakan game yang lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan dan A.I. Beberapa game populer yang dibuat menggunakan game engine ini diantaranya adalah Assassin’s Creed series, Princes of Persia, dan lain sebagainya.

8. Avalanche Engine

Avalanche Engine adalah game engine khusus untuk membuat efek dan grafis yang memukau, A.I. yang cerdas, dan motion bluring yang mulus. Game engine ini lebih sering dipakai untuk membuat game-game yang memiliki aksi ledakan dan tembakan. Beberapa game populer yang dibuat menggunakan game engine di antaranya adalah Just Cause series, Mad Max, The Hunter, dan lain sebagainya.

9. ID Tech Engine

ID Tech Engine merupakan game engine yang cukup banyak dipakai untuk pembuatan game FPS. Keunggulan dari game engine ini adalah dapat membuat mega texture dengan resolusi 128.000 x 128.000 px. Selain itu, game engine ini juga memiliki tool editor sederhana, fitur Soft Edge Shadows, HDRR, dan lainnya. Beberapa game yang berhasil diciptakan menggunakan game engine ini di antaranya adalah Doom Series, Quake Series, Prey, dan lain sebagainya.

10. HPL Engine

Game engine yang dibuat oleh Indie Frictional Games ini khusus untuk menciptakan game yang bertemakan horor. Game engine ini selain mendukung Cross Platform, juga mendukung dengan OpenGL, OpenAL, dan Newton Games. Game populer yang berhasil diciptakan menggunakan game engine ini di antaranya adalah Amnesia series, Penumbra series, dan lain sebagainya.

Itulah 10 game engine yang paling populer di dunia. Kalau kalian ingin membuat game kira-kira kamu pilih game engine yang mana? Yuk, share tanggapan kalian di bawah ini beserta alasannya ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar