J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!

5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!

Minggu, 12 Apr 2020, 19:00 WIB
Siapa yang sudah nggak sabar nunggu rilisnya kedua konsol game ini? Sayangnya, banyak yang bilang kalau Xbox Series X bakal jauh lebih unggul daripada PS5. Simak faktanya berikut ini!

Siapa yang udah nggak sabar nunggu Xbos Series atau Playstation terbaru?

Seperti yang sudah diberitakan, Xbox Series X dan Playstation 5 rencananya bakal rilis di tahun 2020 ini. Meskipun pandemi virus Corona (Covid-19) sedang merebak, namun tidak mengubah jadwal perilisan yang rencananya pada pertengahan tahun nanti.

Nah, berbagai macam bocoran mengenai spesifikasi kedua konsol game ini sudah tersebar di mana-mana. Banyak yang berpendapat bahwa kali ini, Xbox Series X bakal jauh lebih baik daripada PS5.

Eh, kira-kira kenapa kok kayak gitu ya? Apa yang membuat Xbox bakal lebih unggul? Nah, kali ini Jaka bakal ulas 5 alasan yang membuat Xbox Series X jauh lebih baik ketimbang PS5.

Penasaran? Daripada berlama-lama, yuk simak ulasan berikut ini!

Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari Playstation 5

1. CPU Lebih Unggul

1 Custom F838b

Seperti yang sudah tersebar di aneka website, keduanya memakai CPU Octa-core Zen 2, yang mana masing-masing dilengkapi simultaneous multithreading (SMT) yang memungkinkan delapan core ini memproses 16 thread.

Nah, keunggulan dari Xbox Series X adalah ia mampu berjalan di 3,8 GHz jika mematikan SMT sehingga cuma jalan 8 thread. Jika ingin menyalakan SMT dan mendapatkan 16 thread, CPU bakal berjalan di 3,6 GHz.

Hal ini berbeda dengan CPU di PS5. Di PS5 sendiri CPU nya maksimal hanya berjalan cuma di 3,5 GHz. Hal ini membuktikan untuk urusan CPU, Xbox Series X jauh lebih unggul performanya dibandingkan PS5.

2. Visual Lebih Tajam

2 Custom 418ea

Sama halnya seperti CPU, pada bagian GPU kedua konsol game terbaik ini juga menggunakan buatan AMD, di mana PS5 menggunakan Custom RDNA 2 10.28 TFLOPS, 36 CUs di 2.23 GHz.

Sementara itu, untuk Xbox Series X sendiri menggunakan Custom RDNA 2 12 TFLOPS, 52 CUs di 1.825 GHz. Nah dari sini, kamu bisa melihat bahwa Xbox Series X memiliki 52 unit komputasi lebih unggul dibanding PS5.

Sebagai informasi, TFLOPS atau Teraflop merupakan ukuran kecakapan matematis prosesor. Dari sini sebuah prosesor dapat menghitung satu triliun perhitungan floating-point per detik.

Semakin banyak Teraflops, semakin banyak kekuatan komputasi. Semakin banyak komputasinya, kemampuan visualnya bakal semakin bagus dan tajam. Ini juga yang bakal bantu kamu menentukan mau pilih konsol game yang mana.

3. Jauh Lebih Cepat

3 Custom 2a0d5

Baik PS5 maupun Xbox Series X sama-sama menggunakan RAM 16GB GDDR6. Namun yang membedakan keduanya adalah bus memori milik PS5 yang lebih sempit. PS5 memiliki 256mb, sementara Xbox Series X yang memiliki 320mb.

Artinya, ada lebih banyak jalur lalu lintas data yang tersedia di XboX yang membuatnya bisa berperforma lebih cepat dan gesit dibandingkan PS5.

Kemudian, jika kita membahas bandwidth memori yang digunakan, RAM PS5 berjalan pada kecepatan 448GB per detik. Tentu saja ini merupakan perbaikan yang signifikan dibanding pendahulunya PS4.

Sementara itu, Xbox Series X membagi 16GB memorinya menjadi dua bagian, 10GB pada kecepatan 560GB per detik, sementara 6GB sisanya berkecepatan 336GB per detik. Keren banget ya, geng!

4. Storage Lebih Besar

4 Custom 4eee2

Internal storage yang ada di kedua konsol game juga berbeda. Xbox Series X menggunakan Custom 1 TB NVMe SSD. Sementara itu, PlayStation 5 menggunakan Custom 825GB SSD.

Tak hanya itu saja. Xbox Series X juga memanfaatkan external storage yang besar, yakni Seagate custom 1 TB memory card. Bukan main-main, kali ini yang dilakukan Microsoft sangat totalitas.

Sementara PS5, meskipun mendukung external storage, ia hanya bisa digunakan untuk bermain game PS4 lewat fitur backwards compatibility.

Dari sini pun bisa disimpulkan bahwa internal storage yang ditawarkan Xbox Series X jauh lebih banyak daripada PS5. Saking banyaknya, kamu bisa menyimpan aneka game-game favoritmu di sini.

Hal ini bisa mengancam terdepaknya Playstation sebagai salah satu konsol game paling laris sepanjang masa.

5. Pilihan Game Lebih Banyak

5 Custom 4437f

Nah, ini yang pastinya ditunggu-tunggu oleh para gamers. Rencananya, Microsoft bakal merilis lebih banyak game yang kompatibel dengan konsol Xbox Series X yang akan datang.

Contohlah saja Sensua s Saga: Hellblade 2, Gears of War, hingga dan Forza bakal turut meramaikan.

Lain halnya dengan game-game di PS5. Menurut beberapa pengamat, developer yang mensupport game di PS5 butuh waku sekitar 1-1,5 tahun untuk mengonsep sekaligus mengembangkan video game untuk PS5.

Ini sebabnya, kita masih belum mendengar nama-nama game PS5 terbaru yang bakal rilis. Apalagi hal ini makin diperparah dengan adanya pandemi virus Corona yang mengancam proses produksi game baru, geng.

Ini juga yang membuat beberapa pihak khawatir akan nasib konsol game PS5 yang terancam bakal gagal di pasaran.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 alasan kenapa Xbox Series X bakal jauh mengungguli Playstation 5 dari segi apapun. Bagaimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar bawah ini, ya. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Konsol Game atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Konsol Game Terlaris 627eb

10 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, PlayStation Menjadi Raja Konsol!

Aksesoris Playstation Terbaik Banner 653f5

10 Aksesoris PlayStation Terbaik Sepanjang Masa, Nomor 4 Bikin Tangan Kram!

Game Open World Pc Terbaik 2019 Banner 01af7

20 Rekomendasi Game Open World Terbaik di 2019 untuk PC & PlayStation 4

Banner Engadget Tokohhack

3 Dari 10 Orang HACKER Pembobol PlayStation Ini Asal Indonesia Loh!

Inovasi Nintendo Banner B828e

7 Inovasi Keren yang Dibuat oleh Nintendo, Playstation Cuma Niru!

Aplikasi Lokal Populer E4e26

10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Alasan PlayStation 5 Bakal Gagal di Pasaran, No. 2 Kamu Pasti Setuju!

5 Alasan PlayStation 5 Bakal Gagal di Pasaran, No. 2 Kamu Pasti Setuju!

PS4 Pro vs PS5, Mana yang Lebih Worth It Dibeli? Ini Perbandingannya!

PS4 Pro vs PS5, Mana yang Lebih Worth It Dibeli? Ini Perbandingannya!

7 Game Xbox 360 Terbaik dan Terpopuler di 2020, Bikin Ketagihan!

7 Game Xbox 360 Terbaik dan Terpopuler di 2020, Bikin Ketagihan!

10 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa, Gameplay Unik dan Grafis Menawan

10 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa, Gameplay Unik dan Grafis Menawan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal