J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Gadget yang Wajib Dimiliki untuk Perlindungan Diri dari Bencana Alam

10 Gadget yang Wajib Dimiliki untuk Perlindungan Diri dari Bencana Alam

Minggu, 8 Okt 2017, 12:30 WIB
Bencana alam dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa disadari. Berikut ini adalah ulasan Jaka mengenai 10 gadget yang wajib dimiliki untuk melindungi diri dari bencana alam.

Mungkin saja kalian pernah merasakan bencana alam, seperti badai, angin puting beliung, gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, dan lain sebagainya. Ya, bencana alam dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa disadari. Jika kita tidak mempersiapkannya sejak awal, bisa saja bencana tersebut akan lebih banyak lagi mengambil hal berharga yang kita miliki.

Berbicara mengenai bencana alam, saat ini seluruh masyarakat Bali, khususnya di sekitaran Gunung Agung sedang mengalami risiko terkena letusan gunung api tersebut. Tentu saja, jika gunung tersebut meletus, efeknya dapat menyebabkan gempa vulkanik berkekuatan tinggi. Nah, demi kepentingan tersebut, dibuatlah beberapa gadget khusus yang berfungsi untuk membantu saat terjadi bencana alam. Apa sajakah itu? berikut ini adalah 10 gadget yang wajib dimiliki untuk melindungi diri dari bencana alam.

BACA JUGA
  • 7 Teknologi Canggih yang Sedang Dikembangkan Saat Ini, Akankah Manusia Tersingkir?
  • Awas, Pake Smartphone Sambil Tiduran Bisa Sebabkan Kebutaan!
  • Inilah 5 Kesalahan PALING FATAL Dalam Memilih Earphone

10 Gadget yang Harus Dimiliki Saat Terjadi Bencana Alam

1. First - Aid Kit

4dd206b6034090d2b26860b08a624542

First Aid Kit merupakan sebuah kotak P3K yang cukup lengkap isinya. Jika kita tidak memiliki waktu untuk membeli satu per satu peralatan untuk mengisi kotak P3K, kita bisa membelinya yang sudah siap pakai. Salah satunya adalah perlengkapan First Aid Kit satu ini.

Meski secara teknis ini bukan sebuah gadget, benda ini sangat penting untuk keselamatan saat terjadi bencana alam yang datangnya bisa kapan saja. Produk ini juga telah memenuhi pedoman standar keamanan P3K dan menariknya lagi, kotak plastik produk ini juga tahan terhadap benturan dan rendaman air.

2. Alat Penjernih Air Camelbak All Clear Purifier Bottle

Air bersih sangat penting bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk para korban bencana alam, air bersih juga dibutuhkan untuk menambah energi supaya tidak dehidrasi. Tetapi terkadang persediaan air bersih justru akan menipis saat terjadinya bencana alam, apalagi jika bencana alam tersebut menimbulkan kerusakan parah.

Dalam kasus seperti ini di mana sama sekali tidak tersedia pasokan air bersih, alat penjernih air dapat menyelamatkan hidup seseorang. Alat ini berfungsi sebagai botol penjernih air isi ulang yang dapat menghilangkan bakteri (99,999 %), virus (99,99%), protozoa (99,99%), dan memiliki lifetime hingga 10.000 kali penggunaan. Sangat penting bukan memiliki alat ini di tengah-tengah terjadinya bencana alam?

3. Power Bank

Aa860178528459407d48ffbfed8f753c

Kita menyadari jika smartphone saat ini merupakan perangkat paling penting di zaman modern. Melalui smartphone, kita dapat menghubungi layanan darurat dan dapat memanfaatkan fitur navigasi GPS untuk mendapatkan pertolongan terdekat atau sekedar mencari tempat berteduh. Namun, bagaimana apabila smartphone yang kita andalkan kehabisan daya baterai. Itulah mengapa kita harus memiliki setidaknya satu power bank untuk mengisi perangkat apapun melalui USB.

Dalam kesiapsiagaan bencana alam, adanya power bank sangat dibutuhkan, terutama yang memiliki kapasitas besar, karena saat bencana alam biasanya akses listrik akan terputus. Maka dari itulah, kita membutuhkan power bank dengan kapasitas daya minimal 22.000 mAh yang dilengkapi fitur high speed charging power 5.8A Max. Perangkat dengan fitur tersebut akan sangat membantu kita saat akses listrik yang terputus.

4. Backup Generator

7ed92f4a9123ec4cda9dd1fe0904d3b4
Mungkin saja saat terjadinya bencana alam tidak sampai menghancurkan rumah kita, namun bagaimana jika akses listrik yang malah terputus sampai berminggu-minggu. Itulah mengapa kita sangat membutuhkan alat backup generator sebagai generator cadangan yang dapat menjadi cadangan energi sementara.

Ada banyak sekali pilihan generator yang tersedia di pasaran, mulai dari generator 100 watt berukuran kecil dengan kisaran harga sekitar Rp 2 jutaan, sampai yang memiliki harga Rp 20 jutaan yang dapat menghasilkan 5.000 watt lebih. Atau kita juga bisa memilih generator bertenaga surya atau gas. Yang jelas, masing-masing generator memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Jika bingung, pilihlah yang di tengah-tengah, misalnya memilih generator yang mampu menghasilkan 500 watt dan menyediakan pilihan pengisian daya melalui listrik ataupun tenaga surya. Generator tipe ini umumnya mampu memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari saat terjadi pemadaman ataupun juga bisa digunakan untuk kegiatan outdoor. Selain itu, generator tipe ini juga biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau.

5. Pemanas Bertenaga Gas

5fdcfc25adb66c6fae07c6ec9b53827a
Saat terjadi bencana alam, biasanya korban akan dibawa ke penampungan sementara agar mendapatkan perawatan medis dan menghindari terjadinya bencana susulan. Nah, sering kali di tempat penampungan kondisi suhu ruangan bisa sangat dingin dan basah. Bila hal ini terjadi berminggu-minggu, dapat membahayakan kesehatan pengungsi korban bencana alam.

Menyikapi hal itu, kita membutuhkan alat pemanas yang bertenaga gas untuk memanaskan ruangan. Ada beberapa alat yang bisa dipilih untuk memanaskan ruangan, misalnya adalah Mr. Heater F232000 yang dapat menghangatkan seluruh ruangan. Selain itu, alat ini secara otomatis akan mati jika mendeteksi kadar oksigen yang rendah di dalam ruangan.

6. Car Jump Starter

E9180bb68359c33852ef5b4993e244cb
Bayangkan jika kita harus mengevakuasi korban bencana alam namun tidak bisa pergi karena kendaraan mogok. Saat situasi sedang baik, mungkin kita bisa memanggil layanan darurat, namun bagaimana jika kita dalam kondisi tidak dapat menghubungi siapa pun? Itulah mengapa penting bagi kita juga untuk memiliki alat yang bernama Car Jump Starter, alat ini dapat digunakan jika tiba-tiba mobil macet dan tidak bisa menyala.

7. Lampu Senter

754cb06028ce50c7aa09ec80235696c8
Lampu senter merupakan alat yang harus ada di setiap rumah, entah berada pada daerah yang rawan bencana atau tidak, setidaknya kita harus memiliki satu senter. Lampu senter sangat berguna sebagai penerangan sementara jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Namun yang perlu diingat, ada dua jenis lampu senter yang tersedia, yakni headlamp yang dapat diikat di kepala dan jenis senter genggam.

Pada kondisi bencana alam, headlamp kemungkinan akan lebih berguna daripada senter genggam. Selain itu, pilihlah senter yang tahan terhadap air dan sudah menggunakan lampu berbasis LED untuk efisiensi baterai.

8. Radio Darurat

0596454d0f7fd862c04515b4ed5f5b0c
Radio sangat dibutuhkan untuk mengetahui berita darurat atau hanya sekedar mengikuti perkembangan berita nasional di saat tidak adanya akses TV yang terpasang. Saat ini terdapat banyak pilihan radio darurat, misalnya yang bertenaga surya dan dapat menerima siaran dalam jumlah banyak.

9. Alat Multifungsi

D2e7199664f5569ea383f23231608737
Alat multifungsi sangat berguna di saat terjadi bencana alam. Alat ini biasanya terdiri dari beberapa alat yang terpisah, termasuk tang, pemotong kawat, gunting, pembuka kaleng, pembuka botol, obeng, pisau, dan banyak lagi. Bahkan alat yang dinamakan Leatherman Wingman Multi-tool ini sangat terjamin kualitasnya dan dilengkapi dengan garansi hingga 25 tahun.

10. Disaster - Proof Case

A741b6976f2f75b8636a754ab40a5efd
Salah satu kemungkinan terburuk dari bencana alam adalah hilangnya semua barang yang kita miliki, termasuk semua dokumen penting, seperti kartu jaminan sosial, akta kelahiran, sertifikat rumah, surat kendaraan, dan lain sebagainya.

Membayangkan hal di atas saja rasanya sudah sangat memusingkan kepala. Nah, bagi kalian yang tidak menginginkan hal itu terjadi, maka simpanlah semua dokumen yang penting tersebut ke dalam sebuah kotak khusus yang tahan terhadap api dan air.

Itu dia 10 gadget yang wajib dimiliki untuk melindungi diri dari bencana alam. Sekarang kamu sudah tahu kan mengapa alat-alat tersebut sangat penting untuk kita miliki, khususnya di daerah yang memang rawan terjadi bencana alam. Kalian setuju?

ARTIKEL TERKAIT
Penyakit Perkembangan Teknologi Banner

Awas! 3 Penyakit Ini Lahir Gara-Gara Perkembangan Teknologi!

Event Blog Review Banner

Jangan Lewatkan JT Blog Review Competition Berhadiah Jutaan Rupiah!

Cara Hack Password Wifi 5

Cara Hack Password WiFi dengan Smartphone Android

Ilmuwan Kembangkan Cara Bangkitkan Orang Dari Kematian

Kini Orang Mati Bisa Hidup Lagi! Ini Teknologinya

Aplikasi Terbaik Khusus Cewek

Cowok HARAM Install 5 Aplikasi Terbaik Khusus Cewek Ini!

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix F7d45
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal