J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Diketahui, HDD Masih layak di 2020?

7 Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Diketahui, HDD Masih layak di 2020?

Kamis, 7 Mei 2020, 12:00 WIB
Buat kamu yang masih bingung perbedaan SSD dan HDD, simak ulasan berikut ini!

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi penyimpanan storage semakin canggih dan kompleks, terutama saat kamu hendak membeli laptop berkualitas dan bagus.

Nantinya, kamu bakal dihadapkan pada sebuah pilihan. Apakah kamu menginginkan laptop yang menggunakan SSD, atau sudah cukup puas dengan HDD?

Bingung, kan? Nah, Jaka bakal bantu kamu dengan menjabarkan secara rinci perbedaan SSD dan HDD. Dengan mengetahui informasi kedua hardware ini, kamu bakal tenang, bahkan bisa menjelaskan perbedaan HDD dan SSD kepada temanmu.

Perbedaan SSD dan HDD

Banyak laptop atau PC yang di masa kini sudah menggunakan SSD sebagai tipe penyimpanannya, walau masih ada beberapa jenis laptop/PC yang menggunakan HDD. Ada pula yang menggunakan kombinasi SSD dan HDD sekaligus.

Daripada bingung, Jaka bakal jelasin satu-satu dulu apa itu SSD dan HDD. Simak ulasan berikut ini!

Apa itu SSD?

1 Custom 0db94

Sumber foto: Amazon.com

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD bisa dibilang adalah teknologi penyimpanan terbaru menawarkan kecepatan merekam dan menyimpan data yang lebih cepat.

Kemampuan yang canggih dan mutakhir tersebut bisa didapatkan karena SSD menggunakan chip flash berteknologi tinggi dalam menyimpan data dalam laptop atau PC.

Karena bentuknya yang ramping dan ringan, SSD biasanya lebih kokoh dan tangguh. Jika jatuh pun nggak bakal sampai rusak.

Apa itu HDD?

2 Custom 46dc7

Sumber foto: Getective

HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive. Diperkenalkan sejak tahun 1956, teknologi penyimpanan HDD masih cukup banyak dipakai di aneka laptop dan PC.

Ciri khas dari HDD adalah terdapat cakram/piringan padat metal dengan lapisan magnet di dalamnya. Fungsinya adalah merekam sekaligus menyimpan data.

Cara kerjanya, saat data hendak disimpan, cakram tersebut bakal berputar dengan mengeluarkan suara khas. Itu sebabnya, HDD biasanya lebih berat dan tebal karena terdapat berbagai komponen-komponen vital di dalamnya.

Apa Bedanya SSD dan HDD?

Setelah mengetahui definisi keduanya, kini Jaka bakal jelaskan perbedaan SSD dan HDD, entah itu pada laptop Macbook atau jenis apapun, karena secara garis besar semuanya menggunakan komponen yang sama. Berikut ulasannya!

1. Perbedaan Form Factor

3 Custom E9289

Sumber foto: Avast

Perbedaan SSD dan HDD yang pertama terlihat pada form factor dan bentuk antar mukanya. SSD sendiri memiliki bentuk yang beragam, mulai dari yang seperti HDD 2,5 inci.

Ada juga yang bentuknya seperti kepingan RAM (M.2 dan M.2 NVMe). SSD sendiri juga memiliki antarmuka SATA dan ada yang memiliki antarmuka PCIe.

Sementara itu, HDD memiliki bentuk kotak 2,5 inci atau 3,5 inci dengan antarmuka SATA. Ada 2 jenis, yakni tipe internal ataupun eksternal tergantung fungsinya.

Kamu bisa memilih merk HDD eksternal terbaik dan berkualitas untuk kebutuhan harianmu, geng!

2. Perbedaan Komponen

4 Custom 21782

Sumber foto: Mitra Komputa Asia

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di atas, perbedaan SSD dan Hard Disk Drive (HDD) yang paling jelas terlihat pada bentuk fisiknya.

HDD memiliki ukuran yang lebih besar dan berat, di mana di dalamnya tersimoan komponen-komponen penting, termasuk cakram/piringan padat metal dengan lapisan magnet di dalamnya untuk menyimpan data.

Sementara untuk SSD sendiri lebih ramping dan ringan, mengingat untuk proses penyimpanan data ia hanya membutuhkan chip flash berteknologi tinggi.

3. Perbedaan Cara Kerja

5 Custom 0f89b

Sumber foto: Enterprise Storage Forum

Perbedaan HDD dan SSD selanjutnya bisa dilihat dari cara kerjanya. HDD sendiri dikenal memanfaatkan perpaduan sistem mekanik dan elektrik yang cara kerjanya menyerupai disket, di mana cakram di dalamnya bakal berputar sambil merekam data.

Sementara itu, SSD lebih mengarah ke sistem elektrik sepenuhnya tanpa adanya part yang bergerak ketika proses penulisan maupun pembacaan data.

Cara kerjanya mirip seperti proses transfer data yang biasa ditemukan di microSD, RAM, atau USB Flashdisk.

4. Perbedaan Efek yang Ditimbulkan

6 Custom 4afa7

Sumber foto: PCWorld

Jika kamu coba mengamati artikel perbandingan HDD vs SDD secara teliti, maka kamu bisa mengetahui bahwa HDD secara garis besar akan lebih berisik daripada SDD.

Hal tersebut disebabkan proses kerjanya yang melibatkan cakram/piringan metal di dalamnya berputar, geng.

Lain halnya dengan SSD. Karena ia nggak memiliki cakram/piringan metal layaknya HDD, ia nggak bakal mengeluarkan suara berisik yang bisa aja mengganggu aktivitas kamu.

5. Perbedaan Kecepatan dan Kinerja

7 Custom 23c94

Sumber foto: Tech Guided

Jika membahas mengenai perbedaan kecepatan SSD dan HDD, maka kita harus angkat topi pada SSD karena jauh lebih unggul dibandingkan SSD, mengingat ia menggunakan teknologi terbaru.

Untuk SSD sendiri, kecepatan rata-rata di antara 200MB/s sampai 2,5GB/s. Sementara itu untuk HDD kecepatan perekaman data hanya berkisar antara 50 sampai 120MB/s.

Ini juga bisa terlihat pada perbedaan kecepatan SSD dan HDD pada laptop jenis Macbook atau laptop merek Lenovo dan laptop OS Windows lainnya.

6. Perbedaan Memori dan Kapasitas

8 Custom 8a43e

Sumber foto: Windows101Tricks

Nah, untuk perbedaan memori atau kapasitas pada SSD dan HDD juga patut untuk kamu perhitungkan. Pasalnya, perbedaan ini bakal memengaruhi laptop yang kamu pakai, geng.

Biasanya, kapasitas SSD terbilang kecil, sekitar 1TB pada laptop. Untuk di PC sendiri bisa lebih banyak, bisa sekitar 4TB dalam 1 kepingan SSD atau kurang dari itu.

Sementara untuk HDD sendiri memori/kapasitas yang tersedia cukup besar, yakni 2TB pada laptop dan 10TB pada PC untuk 1 hardware. Ini mungkin disebabkan karena ukuran HDD yang lebih besar dan tebal, geng.

7. Perbedaan Harga

9 Custom 60c4d

Sumber foto: How 2 PC Help

Tentu saja yang paling sorotan adalah perbedaan harganya. SSD biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal daripada HDD, mengingat teknologinya yang masih baru dan lebih kompleks.

Perbedaan harga antara SSD dan HDD ini bahkan cukup jauh, di mana kamu bisa menemukan harga SSD berkapasitas 250GB yang setara dengan harga HDD kapasitas sebesar 1TB. Nah, loh!

Misalkan saja, Samsung SSD 860 EVO berkapasitas 500GB seharga Rp1.350.000, sementara HDD SEAGATE Barracuda berkapasitas sama hanya seharga Rp600.000. Beda harganya jauh banget, geng!

Kesimpulan

Dari sederet penjabaran Jaka di atas, kita bisa simpulkan bahwa perbedaan SSD dan HDD cukup banyak, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

SDD memiliki keunggulan dalam hal kecanggihan dan kecepatan penulisan data, sementara HDD memiliki keunggulan dari harga dan kapasitas. Jika kamu harus memilih, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan budgetmu, geng!

Tetapi jelas, SSD secara performa dan kecepatan rasanya sudah menjadi spek standar yang harus ada ketika kamu membeli laptop baru di tahun 2020.

Akhir Kata

Itulah tadi 7 perbedaan SSD dan HDD yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli gadget terbarumu tahun ini. Gimana? Setuju nggak sama Jaka?

Kalau misalkan kamu punya pendapat lain, silakan tuliskan di kolom komentar bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jadi Cafd4

5 Alasan Keyboard QWERTY Akan Hilang di Tahun 2020, Udah Gak Cocok Buat HP?

Af6f945bee38949943d45875229a4492

14 Handphone Terlupakan yang Paling Diincar Pada Tahun 2000-an

Keyboard Gaming Terbaik Banner 1be2c

10 Keyboard Gaming Terbaik & Termurah 2019|Gamers Banget

Mitos Seputar Handphone Banner Bf6fe

10 Mitos Handphone yang Terbukti Hoaks, Nomor 5 Banyak yang Ngelakuin!

20130902172407_2128

4 Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air

Desain Keyboard Terunik Dan Teraneh Yang Pernah Ada D2d44

5 Desain Keyboard Terunik yang Pernah Ada, Nomor 2 Nggak Pakai Tombol!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal