J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Gadget Canggih di Sekitarmu yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa, Bikin Ngeri!

              Gadget Canggih di Sekitarmu yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa, Bikin Ngeri!

              00
              Jumat, 21 Jun 2019, 14:00 WIB
              Teknologi pintar di sekitar kita yang memudahkan hidup sehari-hari ternyata juga bisa mengancam nyawa manusia. Simak penjelasan Jaka dalam artikel berikut.

              Apakah kalian pernah menonton film di mana robot menguasai dunia dan menindas manusia seperti di film Terminator?

              Bagaimana dengan film mengenai seorang kloning yang mencuri identitas orang yang ia replika?

              Kelihatannya mustahil, ya, kalau bisa terjadi kepada kita di dunia nyata? Namun, Jaka menjadi mulai ragu mengenai pendapat itu, geng.

              Alasannya, karena teknologi jaman sekarang sudah semakin canggih dan maju. Penyakit seperti kanker saja sudah bisa disembuhkan dengan teknologi medis terkini.

              Teknologi yang terus berinovasi dan berevolusi menjadikan hidup kita semakin dimanjakan dengan adanya penemuan-penemuan baru yang mempermudah pekerjaan sehari-hari.

              Gadget Canggih di Sekitarmu yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa

              Semakin ke sini, orang menjadi semakin bergantung kepada teknologi. Teknologi zaman sekarang mampu untuk melakukan tugas sehari-hari manusia yang sederhana.

              Teknologi "smart" seperti smart home, smart car, smart camera, smart TV, dan lain-lain sudah semakin umum digunakan oleh banyak orang.

              Tapi tahukah kamu bahwa teknologi yang selalu memudahkan kita sehari-hari ternyata bisa saja menyusahkan bahkan membahayakan kita? Apalagi ketika di-hack oleh orang tak bertanggung jawab.

              Penasaran? Simak artikel Jaka berikut ini!

              1. Home Assistant Dapat Memata-mataimu

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 1 64e33

              Teknologi Home Assistant canggih seperti Alexa milik Amazon memang membuat hidup kita lebih mudah.

              Pasalnya, dengan hanya memberi perintah ke alat tersebut, kita mampu mengontrol alat smart lain yang terkoneksi.

              Selain itu, Home Assistant dapat disambungkan ke kartu kredit, rekening bank, hingga password kalian untuk mempermudah transaksi belanja keperluan dan kebutuhan.

              Namun, bayangkan apabila Home Assistant kalian di-hack dan sang hacker mendapatkan informasi kartu kredit yang kalian simpan di Home Assistant. Bisa-bisa kalian jadi auto tekor, geng!

              Selain itu, apabila Home Assistant di-hack, orang lain juga mampu merekam pembicaraan melalui microphone yang telah tertanam di Home Assistant. Ngeri, ya?

              2. Self-Driving Car Dapat Membuatmu Menabrak

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 2 9365e

              Sudah tahukah kalian tentang teknologi mobil yang mampu menyetir dengan sendirinya? Membayangkannya saja pasti seru ya, geng.

              Bayangkan kalian nggak perlu lagi capek nyetir mobil dan bermacet ria untuk sampai ke tujuan. Tinggal masukkan destinasi ke GPS, mobil akan otomatis berjalan sembari kalian tidur siang.

              Namun, realita memang nggak seindah ekspektasi, geng. Namanya teknologi pasti akan ada saatnya mengalami troubleshoot alias error.

              Bisa saja terjadi kejadian di mana sensor smart car tersebut tidak dapat mendeteksi pejalan kaki di depannya sehingga akhirnya menabrak dan terjadi kecelakaan.

              Waduuh, serem ya, geng!

              3. Smart Toys Dapat Membunuhmu

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 3 052d6

              Sebuah boneka, robot, atau mainan lainnya yang dapat berinteraksi secara realistik kepada anak-anak dapat membantu mereka dalam mengenal komputer ataupun mengembangkan skill berkomunikasi sejak dini.

              Tapi apa jadinya kalau mainan anak-anak yang canggih tersebut memiliki sifat pembunuh berdarah dingin seperti Chucky dalam film Child's Play?

              Jangan salah, geng. Robot mainan yang sudah semakin canggih kini bisa dikendalikan dengan remote bahkan diprogram secara otomatis.

              Robot tersebut dapat diprogram oleh orang jahat untuk memegang benda berbahaya seperti pisau dan menyakiti orang tanpa perlu merasa bersalah.

              4. Smart Watch Dapat Mencuri Identitasmu

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 4 A34c2

              Dari sekian banyak gadget smart yang beredar di pasaran, smart watch merupakan salah satunya yang paling populer dan memiliki banyak pengguna.

              Fitur-fitur canggih seperti mampu menerima panggilan telepon, membuka pesan, hingga mengukur detak jantung, semuanya dapat dilakukan oleh smartwatch.

              Namun, ada salah satu fitur smart watch yang lumayan berbahaya apabila dimanfaatkan oleh orang jahat. Fitur tersebut adalah sensor yang mampu melacak gerakan.

              Mengapa berbahaya? Karena hacker mampu melacak gerakanmu ketika memencet PIN ATM atau password sehingga kamu bisa kecurian tanpa kamu sendiri menyadari, geng.

              5. CCTV Dapat Memonitormu Tanpa Kamu Ketahui

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 5 0c836

              Apakah kamu menggunakan CCTV di rumah untuk memonitor keamanan? CCTV memang berguna banget untuk kamu yang selalu was-was dan khawatir dengan kondisi rumahmu.

              CCTV zaman sekarang bisa disambungkan dengan perangkat yang kalian miliki hanya bermodalkan internet. Jadi, kalian dapat memonitor di mana saja dan kapan saja.

              Tetapi, hal itu juga berbahaya, geng. Apabila di-hack, nggak cuma kamu yang bisa memonitor rumah, kamu juga bisa dimonitor hacker melalui CCTV tersebut.

              Mirip film horor nggak, sih?

              6. Smart Bed Mampu Menelanmu

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 6 75fcd

              Kalian tahu smart bed? Smart bed merupakan kasur pintar yang dapat merekam aktivitas tidurmu serta mengatur kenyamanan sesuai dengan preferensi kalian.

              Meskipun canggih dan terkesan futuristik, nyatanya smart bed ini juga memiliki bahaya yang cukup mengerikan lho, geng.

              Bayangkan kamu sedang tidur siang enak-enak lalu tiba-tiba kasur menekuk dan menelanmu hidup-hidup. Ini nggak mustahil, lho. Namanya teknologi, pasti suatu kali akan rusak dan error.

              7. Teknologi Smart Dapat Dirasuki oleh Hantu?

              Gadget Canggih Di Sekitarmu Yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 7 4e98e

              Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, teknologi sudah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari. Bahkan, beberapa orang sudah tidak bisa hidup tanpa teknologi.

              Ternyata nggak cuma manusia saja yang bisa memanfaatkan teknologi. Hantu juga bisa, geng!

              Kalau kalian pernah menonton acara pemburu hantu di luar negeri, mereka semua menggunakan teknologi pendeteksi elektromagnetik untuk mendeteksi hantu atau sekedar berkomunikasi.

              Hantu akan memanfaatkan alat tersebut untuk berinteraksi dan kadang merasuki alat-alat tersebut sehingga hal-hal mengerikan terjadi.

              Bayangkan apabila rumah kalian yang dipenuhi oleh teknologi smart ternyata berhantu. Sepertinya para hantu akan lebih mudah dalam menakut-nakutimu berkat teknologi canggih yang bisa mereka manfaatkan.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai gadget canggih di sekitarmu yang ternyata bisa membahayakan nyawa. Apakah menurut kalian teknologi dapat membinasakan manusia?

              Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal