J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apa itu Website & Berbagai Macam Fungsi Website yang Harus Kamu Tahu

Apa itu Website & Berbagai Macam Fungsi Website yang Harus Kamu Tahu

Senin, 22 Jun 2020, 10:00 WIB
Pingin tahu pengertian dan fungsi website? Di artikel kali ini, Jaka akan membahas mengenai apa itu website dan juga berbagai macam fungsi website.

Di zaman sekarang ini di mana proses pertukaran informasi terjadi dengan begitu cepat, orang-orang dituntut untuk selalu cepat tanggap bila tidak ingin tertinggal dari sebayanya.

Dengan memanfaatkan internet, akses informasi apapun mulai dari materi pembelajaran hingga tips dan trik teknologi menjadi sangat mudah untuk didapatkan melalui berbagai website yang bertebaran.

Saait ini, website menjadi sangat populer sebagai pilihan sumber informasi bagi banyak orang, tetapi sebenarnya apa itu website, dan apa saja fungsi website yang bisa dimanfaatkan?

Apa Itu Website & Kenapa Fungsi Website Menjadi Penting

Jawaban paling sederhana yang bisa Jaka berikan dari pertanyaan apa itu website? , adalah portal informasi yang berisi berbagai macam media yang dapat diakses melalui browser dengan koneksi internet.

Selain berisikan informasi penting, website bisa berisikan berbagai macam media dari mulai gambar hingga video untuk mendukung informasi yang ingin disampaikannya.

Fungsi website menurut para ahli pun ada bermacam-macam, tergantung dari jenis dan juga tujuan dibuatnya website tersebut. Saat ini, website sudah digunakan dengan sangat luas di seluruh dunia.

Bukan hanya perusahaan besar saja yang bisa membuat website, organisasi kecil bahkan individu sekalipun bisa membuat website berkat banyaknya layanan penyedia hosting dan domain terjangkau saat ini.

Jenis-Jenis Website Sekaligus Fungsi website Tersebut

Seperti yang sudah Jaka bahas sebelumnya, terdapat berbagai jenis website yang bisa kamu akses di internet. Tiap jenis website ini pun memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Setelah mempertimbangkan fungsi website yang ingin dibuat, jenis website yang paling cocok selanjutnya dipilih dan dibuat berdasarkan fungsi awal yang telah ditentukan.

Berikut ini pembagian jenis website secara umum, pengertian, perbedaannya satu sama lain, serta fungsi utama dari jenis website tersebut.

Pengertian dan Fungsi Website Statis

Website statis merupakan website yang menampilkan informasi yang tidak banyak berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Fungsi website statis biasanya ditujukan untuk menampilkan informasi yang jarang berubah, seperti profil perusahaan atau pun visi misi dari organisasi tertentu.

Ciri utama dari website statis adalah penggunanya harus melakukan modifikasi script bila ingin melakukan perubahan pada tampilan websitenya, tidak bisa langsung diubah melalui browser.

Pengertian dan Fungsi Website Dinamis

Seperti namanya, website dinamis merupakan website yang berisikan informasi dinamis, atau sering berubah-ubah.

Website ini pun didesain untuk mudah diupdate dari segi kontennya. Pengguna tidak perlu sampai mengubah script seperti pada website statis untuk mengubah tampilan informasi yang hendak disampaikan.

Fungsi website dinamis sangat cocok digunakan untuk website portal berita maupun website e-commerce, di mana update akan sangat sering untuk dilakukan.

Pengertian dan Fungsi Website Interaktif

Website interaktif merupakan pengembangan lebih lanjut dari website dinamis. Di website interaktif orang yang mengunjungi website ini bisa berinteraksi dua arah dengan lebih leluasa.

Fungsi website interaktif pun sangat beragam karena fiturnya yang bersifat unik. Website interaktif bisa dibuat menjadi portal diskusi, hingga game browser interaktif.

Pembuatan website jenis ini pun membutuhkan skill pemrograman yang cukup tinggi, karena harus memperhitungkan berbagai kemungkinan interaksi yang terjadi di dalam website tersebut.

Fungsi Website Secara Umum

Selain dibagi berdasarkan jenis, fungsi website pun dapat dikategorikan secara umum tanpa memperhatikan jenis websitenya sendiri.

Sebenarnya ada banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh website, karena teknologi dibalik proses pengembangan website bisa dibilang sudah sangat maju.

Meskipun begitu, secara umum fungsi website bisa dikategorikan menjadi beberapa macam seperti penjelasan di bawah ini.

Fungsi Website Sebagai Media Informasi

Fungsi website yang pertama dan paling umum adalah media penyebaran informasi. Desain website yang mampu menampilkan berbagai macam format tulisan dan media membuatnya sangat populer sebagai media informasi.

Selain itu, tampilan website pun bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di website tersebut.

Karakteristik ini lah yang membuat website menjadi salah satu media informasi yang paling populer saat ini.

Fungsi Website Sebagai Wadah Komunikasi

Selain sebagai media informasi, fungsi website yang juga sering dimanfaatkan adalah media atau wadah komunikasi.

Website mampu dimodifikasi menjadi platform yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, di antara para penggunanya.

Situs-situs media sosial pun mengadaptasi fungsi website sebagai media komunikasi ini dengan sangat baik, di mana mereka menambahkan berbagai macam fitur menarik untuk saling berkomunikasi.

Fungsi Website Sebagai Media Promosi

Pesatnya perkembangan penggunaan internet di seluruh dunia, membuat para pebisnis mulai merambah dunia website untuk mempromosikan produk mereka.

Fungsi website sebagai media promosi bisa dimanfaatkan hampir oleh semua orang berkat murahnya biaya pembuatan website saat ini.

Maka dari itu, website sudah menjadi media salah satu media promosi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Fungsi Website sebagai Sarana Hiburan

Fungsi website terakhir yang tidak kalah pentingnya dengan fungsi-fungsi lain yang telah dijabarkan adalah sebagai sarana hiburan murah yang mudah diakses.

Website dapat berisi berbagai file multimedia yang bisa langsung dinikmati oleh para pengunjungnya.

Kemudahan ini menjadi pendorong terbesar yang membuat website cepat berkembang sebagai sebuah media hiburan.

Saat ini, banyak website streaming film dan sejenisnya yang diakses oleh ribuan pengguna setiap hanrinya.

Akhir Kata

Itu dia pengertian apa itu website, fungsi website, dan segilintir informasi mengenai seluk-beluk website yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Dengan mengetahui informasi seputar website dengan lebih mendetil, semoga kamu bisa lebih handal lagi dalam mengakses website atau bahkan menumbuhkan ketertarikan untuk membuat website sendiri.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Website atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membuat Website Gratis Melalui HP, Cuma 5 Menit Langsung Jadi!

10 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik Pengganti IndoXXI, Terbaru 2020!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

7 Situs Nonton Drama Mandarin Sub Indo Terbaik 2020, Gratis!

Situs Nonton Film Indonesia Online (Streaming) Terlengkap 2020

10 Situs Download Aplikasi PC Gratis & Lengkap | Sedot, Geng!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal