Jangan Dibuang! Ternyata RAM Jadul Bisa Digunakan Untuk Melakukan Hal Ini...

20 April 2017

Pernahkah kamu upgrade PC atau laptop, misalnya mengganti modul RAM agar kinerja keseluruhan perangkat komputer menjadi lebih kencang? Biasanya setelah mengganti modul RAM dengan yang baru, perangkat yang lama jarang dipakai lagi.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan dengan modul RAM yang sudah tidak terpakai? Apakah dapat digunakan kembali? Atau sebaiknya didaur ulang saja? Yuk, simak bahasan Jaka mengenai apa yang bisa kita lakukan dengan modul RAM yang telah usang.

Jangan Dibuang! Ternyata RAM Jadul Bisa Digunakan Untuk Melakukan Hal Ini...

1. Upgrade Komputer Tua

cara upgrade RAM

Jika ada RAM yang tidak terpakai, cobalah gunakan kembali untuk upgrade komputer tua. Jadi yang terpenting adalah pastikan kompatibilitas antara jenis RAM dan perangkat. Dan jangan lupa juga untuk mencegah kerusakan dengan tetap menggunakan gelang anti-statis saat pemasangan modul RAM ke perangkat komputer.

Pertanyaan selanjutnya adalah jenis RAM apa yang sobat gunakan? Bagaimana cara mengetahui jenis RAM yang mendukung perangkat kita? Ada berbagai macam jenis RAM, seperti DDRAM dan SDRAM dan beberapa jenis tingkatan dari DDR RAM yang masing-masing memiliki kecepatan yang berbeda. Kemudian kita mengenal ukuran RAM yang lebih kecil yang biasa digunakan pada perangkat laptop, contohnya seperti SIMM, DIMM, dan SODIMM.

Kini kita dimudahkan untuk mencari tahu perangkat RAM yang tepat untuk keperluan upgrade. Cara tersebut bisa kita akses secara online melalui situs yang bernama Advisor Krusial Tool. Melalui situs tersebut, kita akan diberikan pilihan RAM yang sesuai dengan kompatibilitas perangkat yang kita miliki.Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan tool Scanner Krusial. Cara ini akan lebih mudah karena bekerja secara otomatis dengan menmindai perangkat. Jadi kita tidak perlu repot-repot memasukkan merk dan manufaktur produk.

2. Donasikan ke Sekolah Atau yang Membutuhkan

kegiatan amal sekolah

Kita perlu sadari bahwa bukan hanya pekerja di bidang teknologi saja yang membutuhkan perangkat keras seperti RAM. Lembaga-lembaga seperti panti asuhan, panti sosial, sekolah, dan bahkan rumah sakit, juga memerlukan perangkat komputer untuk membantu pekerjaan mereka.

Justru karena ini hanya sebuah perangkat RAM, maka proses menyumbangnya pun tidak sulit. Berbeda jika yang akan kita jual atau sumbangkan adalah perangkat seperti hard disk yang memerlukan pemindahan dan penghapusan data terlebih dahulu.

3. Menghubungkan Perangkat RAM ke Arduino

Benar, bagi yang mempunyai hobi mengoperasikan Arduino tentu tidak ada salahnya jika melakukan percobaan dengan menghubungkan perangkat RAM ke Arduino untuk penyimpanan tambahan. Apakah bisa? Bagaimana cara kerjanya? Yuk, cek video di bawah ini.

4. Membangun RAM Disk

perangkat i-RAM

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membangun sebuah RAM Disk. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan beberapa RAM yang tidak terpakai untuk digabungkan menjadi satu. Cara ini bisa dilakukan dengan sebuah perangkat, contohnya saja i-RAM.

Dengan perangkat tersebut, kita dapat menggabungkan beberapa modul RAM menjadi satu kesatuan. Selain itu terdapat pula fitur baterai yang digunakan untuk penyimpanan data dengan aman yang disimpan sementara ketika PC dimatikan.

3 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa RAM Pada Windows
3 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa RAM Pada Windows
3 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa RAM Pada Windows
Baca

5. Membuat Gantungan Kunci

Meskipun terdengar jauh lebih mudah daripada saat membuatnya, tetapi barang-barang seperti ini bisa kita dapatkan di situs seperti eBay, dan sangat laris manis. Yang perlu kita butuhkan adalah beberapa peralatan keamanan sepeti masker, kacamata keselamatan, dan tang.

Karena modul RAM yang terlalu panjang, maka kita perlu memotongnya melalui bagian tengah. Jumlah potongan yang dapat dibuat tergantung pada seberapa banyak gantungan kunci yang dibutuhkan. Yang perlu diperhatikan adalah saat proses pembuatan untuk tetap menggunakan masker dan kacamata, karena debu dari perangkat RAM sangat berbahaya jika dihirup, sedangkan pecahan RAM dapat menyebabkan kebutaan. Cek video di bawah ini tentang bagaimana proses pembuatan gantungan kunci.

6. Dijual Kembali Atau Diberikan Secara Gratis

perangkat keras RAM

Pilihan yang paling sederhana adalah memberikannya secara gratis dengan mempostingnya ke situs seperti Facebook, dengan begitu akan ada orang yang bersedia untuk mendapatkannya dari kita.

Atau, cara yang bisa dicoba adalah dengan menjualnya kembali di beberapa toko online atau offline. Biasanya masih banyak orang yang membutuhkan perangkat keras yang terpisah untuk keperluan kanibal pada perangkat yang lain.

7. Kirimkan ke Layanan Daur Ulang dan Jangan Dibuang

layanan daur ulang perangkat komputer

Dari semua hal yang bisa dilakukan, poin inilah yang sangat penting. Jangan sampai perangkat keras, contohnya dalam hal ini adalah RAM, yang sudah tidak terpakai lalu dibuang dan berakhir di tempat sampah. Itu karena bahan kimia pada perangkat bisa mengalami kebocoran dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah untuk lingkungan.

Cara yang aman adalah dengan mengirimnya ke perusahaan yang melayani daur ulang. Dengan begitu kita tetap bisa menjaga lingkungan agar tetap sehat. Apakah kamu memiliki cara lain untuk memanfaatkan modul RAM yang usang? Yuk, bagikan di kolom komentar di bawah ini.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar