9 Fitur Windows 10X Terbaru! | Windows 10 Kalah Jauh!

Windows 10X adalah versi baru Windows yang telah dibangun dari awal untuk PC baru dan akan mulai dipasangkan pada perangkat keras di tahun 2021.

Windows ini dibangun di atas versi Windows modern baru yang disebut 'Windows Core OS' yang menggunakan komponen lama dan fitur yang mendukung pengalaman pengguna dan keamanan yang ditingkatkan.

Ini berarti Windows ini dibangun dari Windows Shell yang telah dibangun kembali dengan teknologi modern. Sehingga, Windows 10X tidak mendukung aplikasi Win32 lawas saat diluncurkan. PC Windows 10X akan dapat menjalankan Microsoft Edge, UWP, dan aplikasi web.

Aplikasi Legacy Win32 di kemudian hari yang akan mendukung aplikasi Win32 berjalan dalam ruang yang aman secara default. Sehingga tidak dapat memengaruhi kinerja sistem dan masa pakai baterai.

Penasaran apa saja fitur dari Windows 10X ini? Berikut ini Jaka sudah merangkumnya untuk kamu. Simak selengkapnya, yuk!

1. Pengalaman Pengguna Baru

Windows 10x Download A4335
Sumber foto: Windows Central

Windows 10X menampilkan shell baru, antarmuka pengguna yang telah dibangun dengan teknologi modern. Ini adalah pengalaman pengguna adaptif yang dapat menyesuaikan pada "postur" perangkat kamu.

Misalnya, dengan PC yang dapat dilipat, pengguna mungkin ingin menggunakannya dengan beberapa cara berbeda sebagai laptop, atau tablet, atau dalam mode tenda untuk film.

Karena itu, antarmuka pengguna harus beradaptasi untuk memberikan pengalaman terbaik, apa pun cara perangkat kamu digunakan.

Ini juga berarti elemen shell warisan, seperti Panel Kontrol, File Explorer, dan error dialog dan ikon tidak ada di Windows 10X.

Pasalnya, Microsoft telah membangun kembali seluruh shell, itu tidak termasuk hal-hal lama yang membuat Windows 10 sangat tidak konsisten dalam hal UI. Windows Shell pada Windows 10X harus jauh lebih konsisten.

Saat peluncuran, Windows 10X hanya akan tersedia di PC clamshell tradisional yang ditujukan terutama untuk pasar pendidikan dan perusahaan.

2. Menu Start Baru

Windows 10x Iso 56434
Sumber foto: Windows Central

Microsoft mendesain ulang pengalaman menu Start di Windows 10X dengan fokus pada produktivitas. Fitur search bar terletak di bagian atas yang juga dapat mencari web.

Windows ini juga memiliki area "recent activities" yang secara dinamis memperbarui hal-hal yang mungkin ingin langsung dilihat oleh pengguna, seperti dokumen Office terkini dan situs web yang dikunjungi.

Daftar aplikasi dapat disesuaikan dengan kemampuan bagi pengguna untuk mengatur ulang aplikasi mana yang muncul di beberapa baris pertama.

3. Taskbar Baru

Windows 10x Emulator 19122
Sumber foto: Windows Central

Windows 10X juga memiliki Taskbar adaptif baru yang menampilkan desain terpusat. Tombol Start dan Task View muncul di tengah, dengan aplikasi yang berjalan dan disematkan muncul di antara keduanya.

Saat kamu membuka aplikasi, tombol Start dan Task View akan melebar dengan lembut, memberikan tampilan Taskbar yang jauh lebih lancar.

Ada beberapa animasi baru, tombol Start dan Task View memiliki animasinya sendiri saat diklik dan ada pantulan halus ke ikon aplikasi saat kamu meminimalkan aplikasi yang berjalan ke Taskbar.

4. Action Center Baru

Windows 10x Os 626e4
Sumber foto: Windows Central

Selain pengalaman Start dan Taskbar baru, ada juga Action Center baru untuk melengkapi mereka. Action Center baru ini lebih menekankan pada tindakan cepat.

Fitur ini memiliki kemampuan untuk melompat ke tindakan cepat tertentu untuk kontrol lebih lanjut tanpa meninggalkan Action Center.

Ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga meniru pusat kendali, dengan pemberitahuan ditempatkan di atasnya dalam kotak terpisah. Action Center baru ini mencakup hal-hal seperti kontrol volume, opsi daya, dan persentase baterai.

5. Pengalaman Set Up Baru

Windows 11 7a44a
Sumber foto: Windows Central

Karena setiap bagian dari Windows 10X telah didesain ulang, pengalaman out of box juga telah diperbarui dengan tampilan dan nuansa modern.

Fitur ini memandu kamu saat melalui proses set up Windows, memilih bahasa, masuk dengan Akun Microsoft, dan menyetujui syarat dan ketentuan, tetapi Cortana tidak lagi hadir selama proses penyiapan.

Ini adalah pengalaman set up yang lebih tradisional yang dipercantik pada Windows 10X terbaru nantinya.

6. File Explorer Baru

Penerus Windows 10 1849a
Sumber foto: Windows Central

Karena Windows 10X memiliki inti modern, komponen lama seperti File Explorer klasik tidak lagi ada. Ini berarti Microsoft telah membuat File Explorer baru khusus untuk Windows 10X, dan dibuat dengan OneDrive.

Windows 10X adalah OS yang memprioritaskan web, dan itu mencakup cara kamu menyimpan dan mengelola file di PC Windows 10X kamu nantinya.

Secara default, semua file kamu disinkronkan dengan akun OneDrive kamu di cloud. Jangan khawatir, file juga tersedia secara lokal di perangkat tersebut.

7. Windows Update yang Disempurnakan

Windows 10x Release Date 32f75
Sumber foto: Windows Central

Microsoft juga meningkatkan Windows Update dengan cara yang membuatnya lebih cepat di Windows 10X. Pembaruan fitur tidak akan memakan waktu lama untuk diinstal seperti pada Windows 10.

Lantaran pembaruan fitur tersebut sekarang diinstal di background tanpa memerlukan reboot hingga proses update selesai.

Jadi, seperti di Android dan Chrome OS, saat update sudah siap untuk reboot PC, kamu akan restart seperti biasa, dan tidak akan memakan waktu 15 menit untuk menyelesaikan instalasinya.

8. Pengamanan secara Default

Windows 10 20h2 3e69c
Sumber foto: Windows Central

Tidak seperti Windows 10, Windows 10X menyediakan fitur yang disebut "state separation", merupakan cara OS meletakkan dirinya sendiri pada drive.

Windows 10 saat ini menginstal semuanya ke dalam satu partisi, yang berarti pengguna dapat mengakses file sistem yang berpotensi terkena scam ataupun serang hacking lainnya.

Pada Windows 10X, semuanya masuk ke partisi read-only sendiri. Jadi file OS dikunci, begitu pula app file, drivers, dan registry. Satu-satunya hal yang dapat diakses oleh pengguna dan aplikasi adalah partisi pengguna.

Ini berarti malware atau virus tidak dapat masuk dan memengaruhi sistem, karena program tersebut hanya dapat beroperasi di satu partisi.

9. Wallpaper Dinamis

Wallpaper Windows 10x B0877
Sumber foto: Windows Central

Windows 10X menampilkan wallpaper dinamis yang mengubah konten tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, Windows 10X memiliki fitur wallpaper dinamis pemandangan gunung.

Walpaper ini memiliki varian pagi, siang, sore, dan malam yang muncul berdasarkan waktu aktual perangkat kamu.

Wallpaper ini juga tampaknya memiliki awan dan burung yang dinamis yang sering muncul. Belum ditahui berapa banyak wallpaper dinamis ini yang akan hadir di Windows 10X juga belum diketahui seberapa rumitnya mereka.

Akhir Kata

Itu dia tadi sejumlah ulasan fitur terbaru dari Windows 10X yang bakal kamu temui. Cukup menarik dan modern bukan?

Kamu juga bisa coba untuk mengatur jam dan tanggal di HP smartphone yang cukup mudah dan singkat di Windows 10X ini.

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Pesan Tiket Bioskop Ea22e
7 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online 2021 | Lengkap dengan Tutorial!
Cara Screenshot Di Laptop 5fb06
Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!
Tips Vsco Cam F9157
Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!
Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a
10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
Cara Membuat Barcode Banner 567f6
3 Cara Membuat Barcode di PC dan Android 2019 | 100% Gratis
Tags Terkait: windowswindows 10
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal