J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fitur Tersembunyi Android 10 | Lebih Canggih dari iOS 13?

7 Fitur Tersembunyi Android 10 | Lebih Canggih dari iOS 13?

Minggu, 8 Des 2019, 14:00 WIB
HP kamu sudah menjalankan OS Android 10? Mending simak beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang buat kamu lewatkan berikut ini.

Setelah sebelumnya diperkenalkan dalam gelaran acara Google I/O, versi final sistem operasi Android 10 akhirnya secara resmi dirilis pada 3 September 2019 lalu.

Membawa sejumlah fitur menarik serta pembaruan dalam hal keamanan dan privasi, kehadiran Android 10 tentu saja berhasil menarik perhatian para pengguna HP Android.

Meskipun kenyataannya sistem operasi Android terbaru ini baru bisa dinikmati oleh segelintir merek dan tipe HP saja, termasuk HP Pixel besutan Google.

Tapi, kamu tahu nggak, sih, kalau ternyata Android 10 juga memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang lho.

Fitur Tersembunyi Android 10Lebih

Serupa dengan iOS 13 yang menyimpan berbagai fitur tersembunyi, sistem operasi besutan Google satu ini juga rupanya menawarkan hal yang sama.

Lalu, apa saja, sih, fitur-fitur tersembunyi yang ditawarkan oleh Android 10 ini? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

1. Focus Mode

Focus Mode Android Authority 14cf1
Sumber foto: Android Authority

Sesuai dengan namanya, Focus Mode adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan sementara aplikasi tertentu untuk menjaga agar penggunanya bisa tetap fokus.

Merupakan bagian dari layanan Digital Wellbeing yang belakangan ini tengah menjadi fokus Google, fitur Focus Mode cocok banget buat kamu yang suka kecolongan main media sosial saat waktu kerja nih, geng.

Nantinya ketika fitur ini telah diaktifkan, maka ikon aplikasi-aplikasi yang telah kamu pilih sebelumnya akan berubah menjadi warna abu-abu dan akan muncul warning saat kamu mencoba membukanya.

Tak hanya itu, notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut juga tidak akan muncul hingga kamu menonaktifkan fitur ini.

Untuk menggunakan fitur Focus Mode, kamu hanya perlu pergi ke aplikasi Settings > Digital Wellbeing & Parental Control > Focus Mode.

2. Undo Aplikasi yang Terhapus

Undo App Remove 1d8ea
Sumber foto: fossbytes

Nggak sengaja menghapus aplikasi penting yang ada di HP kamu? Kini berkat pembaruan yang ditawarkan di Android 10 hal itu nggak lagi jadi masalah besar, geng.

Lho kok gitu? Iya, soalnya Android 10 menawarkan fitur "Undo" aplikasi yang nggak sengaja terhapus dari halaman home screen, geng.

Nantinya ketika kamu nggak sengaja menghapus aplikasi yang ada di halaman home screen, maka akan ada opsi Undo yang muncul di bagian bawah layar.

Tapi, perlu diingat bahwa fitur ini cuma bisa berfungsi saat kamu nggak sengaja menghapus aplikasi dari halaman home screen, bukan aplikasi Settings.

3. Battery Saver Scheduler

Battery Saver Scheduler Fossbytes 27421
Sumber foto: fossbytes

Menjadi salah satu komponen penting yang mampu menghidupkan perangkat smartphone, Google rupanya turut menghadirkan fitur rahasia di sektor ini lewat pembaruan Android 10 besutannya.

Fitur tersebut adalah Battery Saver Scheduler yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan mode battery saver alias penghemat daya sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.

Misalnya saja, kamu bisa mengatur agar fitur ini aktif di jam biasanya baterai HP mulai menipis. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih mengontrol pemakaian baterai setiap waktunya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa pergi ke aplikasi Settings > Battery > Battery Saver > Set a Schedule.

4. Smart Reply

Smart Reply Smartponsel Fefa7
Sumber foto: smartponsel

Lagi sibuk banget sampai nggak sempet balas chat pacar? Mungkin fitur Smart Reply ini bisa membantu agar komunikasi kamu dengan si doi tetap terjaga, geng.

Sejauh ini Smart Reply digadang-gadang sebagai salah satu fitur baru terbaik yang dihadirkan Google lewat pembaruan Android 10.

Fitur Smart Reply sendiri memungkinakn kamu untuk membalas chat dengan cepat menggunakan respon yang disarankan.

Respon-respon tersebut dibuat menggunakan machine learning di mana berkat teknologi ini perangkat HP akan mempelajari respon seperti apa yang paling sering kamu kirim, atau yang biasanya kamu kirimkan di situasi tertentu.

Sebenarnya fitur ini sendiri sudah pernah tersedia sebelumnya, namun hanya untuk aplikasi-aplikasi buatan Google saja.

5. Wi-Fi Sharing via QR Code

Wi Fi Sharing Via QR Code 9to5Google 67e15
Sumber foto: 9to5Google

Bagi pengguna HP Xiaomi ataupun HUAWEI, mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan fitur satu ini, ya, geng?

Menawarkan fungsi yang cukup bermanfaat, Google akhirnya mengadopsi fitur Wi-Fi sharing via QR Code ini di pembaruan Android 10 mereka.

Fitur ini sendiri memungkinkan kamu untuk berbagi password Wi-Fi yang sedang digunakan kepada orang lain atau sebaliknya hanya dengan memindai kode QR.

Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi mengetik password Wi-Fi secara manual yang tentunya memakan waktu lebih lama daripada sekadar memindai kode QR.

6. Personalized Ad Recommendation

Personalized Ad Recommendation Pcmag E9189
Sumber foto: PCMag

Salah satu pembaruan dalam hal privasi yang dibawa oleh Android 10 adalah soal perlindungan data pengguna yang digunakan oleh pihak advertising untuk menampilkan iklan, geng.

Untuk memastikan bahwa aplikasi tidak akan menggunakan data kamu untuk menampilkan iklan, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur bernama Personalized Ad Recommendation yang tersedia di Android 10.

Saat fitur ini diaktifkan, kamu akan tetap menerima sejumlah iklan hanya saja tidak berdasarkan informasi data pribadi kamu.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi Settings > Privacy > Advanced > Ads.

7. Gesture Google Assistant

Google Assistant Androidauthority E774e
Sumber foto: Android Authority

Tak dapat dipungkiri kalau kehadiran layanan Google Assistant pada HP Android tentunya sangat membantu sekali bagi penggunanya, tapi tak jarang juga fitur ini muncul secara tiba-tiba sehingga sangat mengganggu.

Selain menggunakan perintah suara "Ok, Google", kini pembaruan Android 10 juga menawarkan navigasi gesture baru untuk dapat mengakses Google Assistant.

Kamu hanya perlu melakukan swipe dari dua sudut pojok bawah layar ke arah dalam sampai layanan Google Assistant aktif.

Namun, karena metode aktivasi Google Assistant ini seringkali tidak disadari oleh penggunanya, maka Google akhirnya menambahkan "handle" di kedua sudut bawah layar.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja, geng.

Menurut kamu fitur tersembunyi Andorid 10 mana, sih, yang paling menarik dan layak dicoba? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Alasan Apple Fans Tidak Pernah Bosan Banner B52a1

7 Alasan Mengapa Apple Fanboy Selalu Menyukai Produk Apple, Demi Gengsi?

Masalah Pada Android 10 6b4c0

Jangan Buru-Buru Update! Inilah 5 Masalah yang Ada di Android 10

Risiko Bahaya Fitur Dark Mode Cb9e4

Hati-Hati! Ini Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tidak Diungkap Ke Publik

Tanda Password Terlalu Lemah 275a6

Buruan Ganti! Inilah 7 Tanda Password yang Kamu Gunakan Terlalu Lemah

Fitur Iphone Yang Dibutuhkan Di Generasi Berikutnya Be2d2

7 Fitur yang Dibutuhkan di iPhone 2020 | Jangan Cuma Mahal Doang!

Fitur Iphone Yang Kini Ada Di Android 5c0c4

7 Fitur iOS yang Kini Sudah Ada di Android | Gak Usah Beli iPhone Xs!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal