J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Fitur Rahasia Di Android Oreo yang Wajib Kamu Coba!

6 Fitur Rahasia Di Android Oreo yang Wajib Kamu Coba!

Selasa, 7 Nov 2017, 11:00 WIB
ternyata ada segudang fitur-fitur tersembunyi yang ditanamkan Google lewat Android Oreo. Daripada tambah penasaran, yuk langsung simak ulasan Jaka berikut ini.

Google selaku developer Android, baru saja merilis versi terbaru dari Android mereka yaitu O, sebagai singkatan dari Oreo. Sama seperti versi-versi sebelumnya, Android O ini juga mendapat perbaikan dari Nougat sekaligus penambahan fitur yang diharapkan bisa membantu produktivitas pengguna. Tetapi, setiap orang pastinya memiliki rasa ingin tahu yang lebih mengenai Android O ini.

Dan benar saja, ternyata ada segudang fitur-fitur tersembunyi yang ditanamkan Google lewat Android versi terbaru ini. Sebenarnya, fitur-fitur tersebut tak sepenuhnya disembunyikan, hanya saja butuh perjuangan ekstra untuk bisa menggunakannya. Daripada tambah penasaran, yuk langsung simak ulasan Jaka berikut ini.

BACA JUGA
  • Daftar Smartphone yang Mendapatkan Android Oreo, Sudah Siap Update?
  • 14 Fitur & Kelebihan Android Oreo 8.0, Sudah Tahu Belum?
  • Perbandingan Android Oreo vs iOS 11, Siapa Pemenangnya?

6 Fitur Rahasia Di Android Oreo Yang Wajib Kamu Coba!

1. Ubah Bentuk Ikon Aplikasi

346d0ccd0c035f0055365f6e3b4b321e
Sumber foto: Foto: fossbytes.com Biasanya, ikon aplikasi hanya bisa diubah atau dimodifikasi melalui app third-party yang terdapat pada Play Store. Namun pada Android O, Google menyematkan fitur tweak ikon pada aplikasi yang langsung tersedia pada Settings. Kamu bisa menemukannya dengan cara ketuk dan tahan pada layar awal. Pilih Settings, kemudian ketuk change icon shape.

2. Hidupkan Wi-Fi Secara Otomatis

Ff696e9b62cd5f3a166857b8580336de
Sumber foto: Foto: androidpit.com Google menambahkan kemampuan baru pada Wi-Fi di Android O, yaitu bisa dengan otomatis menghidupkan Wi-Fi ketika berada di area tertentu. Cara kerjanya, saat fitur pada setelan Wi-Fi diaktifkan, Android secara otomatis menyimpan koordinat Wi-Fi tersebut via GPS. Jadi, setiap kali berada di area tersebut, maka WiFi pada perangkat kamu akan hidup secara otomatis untuk terhubung ke jaringan yang tersimpan.

Kekurangannya, fitur ini tidak bisa berfungsi jika kamu menonaktifkan layanan lokasi atau perangkat kamu berada dalam mode hemat baterai. Kamu bisa menemukan fitur ini di Settings > Wi-Fi preferences, lalu aktifkan Turn on Wi-Fi automatically.

3. Menunda Notifikasi

D177015b3d7222aa7369365849533890
Sumber foto: Foto: fossbytes.com Seiring bertambahnya aplikasi, notifikasi juga ikut bertambah. Sebenarnya hal seperti ini bukanlah masalah besar karena pengguna bisa dengan mudah menghilangkan notifikasi hanya dengan menggesekkannya ketika muncul di status bar. Nah, pada Android O, Google melakukan beberapa improvisasi pada sisi notifikasi yaitu dengan menambahkan fitur tunda sehingga pengguna bisa menunda notifikasi yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggesek notifikasi yang diinginkan sampai muncul opsi. Lalu, ketuk ikon berbentuk jam dan atur berapa lama kamu ingin notifikasi tersebut muncul kembali.

4. Asisten Wi-Fi dan Google VPN

7eece5247ee14b3253cd25bf3a59260d
Sumber foto: Foto: fossbytes.com Sebenarnya fitur asisten Wi-Fi sudah tersedia pada Android 5.1 keatas. Namun pada Android O, fitur ini sedikit dibenahi sehingga terlihat lebih baik. Jadi, asisten Wi-Fi pada Android O akan secara otomatis terhubung ke jaringan yang terbuka, namun juga akan menghubungkan ke Google VPN sebagai pengaman. Sayangnya, fitur ini hanya bekerja di beberapa negara saja.

5. Membatasi Latar Belakang Aplikasi

72aa742ba038fd954ae135b947fa0fa7
Sumber foto: Foto: androidauthority.com Android O telah dibenahi sedemikian rupa agar bisa memonitori aplikasi yang berjalan di latar belakang. Saat ini, hanya beberapa aplikasi saja yang diupdate ke API level 26 sehingga Android tidak bisa mengawasinya. Kabar baiknya, kini pada Android O kamu bisa memaksa aplikasi latar belakang yang kamu rasa menghabiskan banyak baterai untuk berhenti.

Caranya, pergi ke Settings lalu pilih Battery, kemudian scroll ke bawah untuk melihat aplikasi background apa saja yang menguras baterai. Pilih aplikasi yang kamu inginkan, ketuk kemudian nonaktifkan Background Activity.

6. Smart Storage

F71bb98756e25a4282c759a774b1d292
Sumber foto: Foto: tunecomp.net Sama seperti Storage Sense di Windows 10, Smart Storage pada Android O juga memungkinkan pengguna untuk menghapus file-file tidak penting pada perangkat ketika penyimpanan hampir penuh. Untungnya, fitur ini hanya berlaku bagi file-file yang telah di-backup pada Google Drive, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan file-file penting.

Itulah tadi beberapa fitur terbaru dan tersembunyi dari Android O. Butuh waktu serta kerja keras yang ekstra memang untuk menemukan fitur-fitur tersebut, namun sekali menemukannya dijamin bakal memudahkan pengguna. Menurut kamu mana yang paling menarik? tulis di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Download Video Youtube Di Android 30ef9

Cara Download Video YouTube di Android dengan Cepat 2018

7d515cec541c52175c169eeeaf7944ce

Waduh! 5 Game Populer Ini Ternyata Sudah Dibuat Jadi Film 'Dewasa'

F3ac824d939b7fd1203b787320995d4a

Jangan Mainin! Ini 10 Stage Game yang Paling Dibenci Para Gamer

Hal Ngangenin Sebelum Ada Internet

11 Hal Ngangein Saat Sebelum Ada Internet, Cek Nomor 9!

5e4f085a18451e056bc13f716eceb387

5 Smartphone 4G Murah Ini Dibanderol Kurang Dari 1 Juta Rupiah

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Fitur Android O yang Bikin Kamu Gak Sabar Untuk Memainkannya

5 Fitur Android O yang Bikin Kamu Gak Sabar Untuk Memainkannya

iPhone Payah! 5 Fitur Canggih Android yang Tidak Ada di iPhone Sampai Sekarang

iPhone Payah! 5 Fitur Canggih Android yang Tidak Ada di iPhone Sampai Sekarang

Cara Mudah Gunakan Fitur-fitur Android Oreo Tanpa Update

Cara Mudah Gunakan Fitur-fitur Android Oreo Tanpa Update

14 Fitur & Kelebihan Android Oreo 8.0, Sudah Tahu Belum?

14 Fitur & Kelebihan Android Oreo 8.0, Sudah Tahu Belum?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal