J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Fingerprint untuk Absensi Siswa di Sekolah Bisa Efektif, Asal

Fingerprint untuk Absensi Siswa di Sekolah Bisa Efektif, Asal

Jumat, 26 Agt 2016, 13:00 WIB
Tren absensi menggunakan fingerprint mulai melanda sekolahan. Absen menggunakan fingerprint ini bisa saja efektif, asal..

Absensi pake fingerprints emang bukan isu baru. Di beberapa tempat, sistem ini malah udah diterapkan sejak lama. Ada yang masih pake, ada juga yang berenti digunakan karena ternyata malah menyusahkan semua pihak. Ya iyalah, satu sekolah cuma satu mesinnya, udah gitu sering error pula.

Gimana ya, kalo di Indonesia tuh sering sok ide, tapi nggak ditinjau lebih jauh gitu gimana biar sistemnya bisa berhasil dan bener-bener berguna. Ujung-ujungnya, terkesan kalo wacana ginian tuh cuma buat ngabisin APBD. Biasalah, proyek akhir tahun.

Gak boleh berprasangka buruk sih, tapi gimana dong. Daripada ngeluh dan nuduh, mending pikirin bareng-bareng solusinya.

[mbdc] Orang Tua Sering Bilang 'Sekolah Dulu yang Bener, Baru Pacaran!' Mungkin Ini Alasannya|http://malesbanget.com/2016/07/orang-tua-sering-bilang-sekolah-dulu-yang-bener-baru-pacaran-mungkin-ini-alasannya/?utm_source=jalantikus&utm_medium=ibuanakjaltik&utm_campaign=distribution-partner, 8 Momen yang Bisa Bikin Kamu Dapet Temen di Sekolah Seperti Cerita di FTV|http://malesbanget.com/2016/07/8-momen-yang-bisa-bikin-kamu-dapet-temen-di-sekolah-seperti-cerita-di-ftv/?utm_source=jalantikus&utm_medium=ibuanakjaltik&utm_campaign=distribution-partner, 10 Peraturan Sekolah Ini Emang Agak Aneh. Kamu Pasti Pernah Ngalamin!|http://malesbanget.com/2015/10/10-peraturan-sekolah-ini-emang-agak-aneh-kamu-pasti-pernah-ngalamin/?utm_source=jalantikus&utm_medium=ibuanakjaltik&utm_campaign=distribution-partner [/mbdc]

Fingerprint untuk Absensi Siswa di Sekolah Bisa Efektif, Asal

1. Ditaro di Depan Kelas

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 1

Keresahannya selama ini kan karena satu sekolah hanya ada satu mesin aja, dan itu juga ditaro hanya di deket ruang piket. Tentu aja ribet dong. Sebaiknya sih di depan setiap kelas ada, atau malah kalo perlu di pintunya langsung aja kayak gini:

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 7

Jadi siapapun yang masuk dan keluar ketauan. Kalo perlu ya pake SMS gateaway juga aja lah, supaya orang tua juga tau anaknya di sekolah tuh sering keluar kelas apa enggak.

2. Ada Petugas Khusus

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 4

Kalo ada yang gini-gini, yang mau ngawasin siapa? Bisa sih guru piket, tapi alangkah lebih baiknya kalo ada petugas khusus, yang sekalian keliling juga gitu. Begitu ketauan hal yang mencurigakan, bisa dia yang turun tangan deh.

3. Syarat Naik Kelas

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 2

Kalo mau diterapkan seperti jaman kuliah sih lebih bagus lagi. Misalnya bolos satu mata pelajaran hanya boleh tiga kali selama satu semester, kalo enggak bakal nggak naik kelas, dijamin pasti jadi pada rajin semua deh.

4. Berlaku Juga untuk Gurunya

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 6

Meski udah pada bangkot tuh yang SMA, tapi namanya anak tetap butuh panutan. Maka, gurunya juga harus bisa ikut disiplin, nggak main ijin atau ngasih tugas terus keluar kelas. Kalo ada contoh baiknya, anak-anak juga pasti segan untuk melanggar.

5. Beli yang Mesinnya Bagus Sekalian

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 5

Ibaratnya kamu pake mesin cuci murahan tapi satu gang di komplek rumah kamu semua pake mesin itu, gimana nggak cepet rusak? Biar mesin fingerprint gak error atau muncul masalah kayak harus scan berkali-kali karena mesinnya nggak responsif dan sensitif, ya ganti kek ke yang bagusan gitu. Harga mah nggak akan bohong.

6. Ada Kuota Keluar Masuk

Absen Pake Fingerprint Di Sekolah 1

Biar lebih disiplin sih sebaiknya dikasih limit juga tuh dia sehari boleh keluar kelas berapa kali. Misalnya istirahat sekali, boleh lagi kalo ada pelajaran olahraga, atau kalo mau ke lab, pipis berapa kali, ya diitung lah rata-ratanya berapa. Baru tentuin kuotanya. Kalo lebih, kasih sanksi.

Namanya teknologi baru pasti gak bisa semerta-merta bisa nyaman digunakan. Apalagi sama lingkungan yang melibatkan massa yang besar. Selama rancangan sistemnya bener, semuanya pasti bisa lancar kok. Tapi menurut MBDC sih daripada ngurusin anak bandel dengan teknologi yang bikin ribet, mending dananya bisa dialokasikan ke sekolah di daerah. Mereka pasti lebih butuh.

Artikel Menarik MBDC Lainnya

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal