Download Find My iPhone: Cara Aktifkan & Lacak Perangkat iOS yang Hilang

Default

Find My iPhone mampu melacak dan menemukan perangkatmu yang hilang, mulai dari iPhone, iPad, MacBook, Apple Watch, bahkan hingga barang pribadi yang tertaut ke AirTag.

Aplikasi bawaan perangkat Apple ini bahkan sempat mengungkap beberapa kasus sindikat black market dan pencurian gadget di Amerika dan Eropa. Semua itu terjadi berkat fiturnya yang mampu mendeteksi perangkat bahkan dalam kondisi mati atau tanpa sinyal sekalipun.

Itu sebabnya, buat kamu pengguna smartphone iPhone, segera download dan install versi terbarunya. Jaka juga sajikan cara mencari iPhone yang hilang dengan Find My iPhone. Selamat mencoba!

Tentang Find My iPhone

Find My Iphone Icloud 1 4c13d

Sumber foto: Find My iPhone iCloud

Find My iPhone adalah aplikasi bawaan iOS yang berfungsi melacak keberadaan semua perangkat Apple, mulai dari iPhone, iPad, iPod, AirPods, MacBook, Apple Watch, bahkan hingga barang pribadi yang tertaut ke AirTag.

Aplikasi ini wajib banget untuk install. Selain mampu melacak iPhone hilang, aplikasi ini juga bisa membagikan lokasi kamu dengan pacar, teman, atau keluarga. Harapannya, mereka bisa menemukan keberadaanmu saat kamu tidak bisa dihubungi.

Agar bisa mengoperasikannya, kamu harus mempelajari dulu cara penggunaannya. Harapannya, ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, kamu bisa langsung sigap beraksi tanpa panik.

Download Find My iPhone APK 2022

Find My iPhone merupakan aplikasi bawaan seluruh perangkat Apple. Jadi, aplikasi ini pasti akan selalu ada di gawaimu secara otomatis tanpa perlu diinstall lagi.

Namun, jika kamu tidak menemukannya di gawaimu, atau entah karena sesuatu jadinya hilang, jangan khawatir! Kamu tetap bisa menemukan aplikasi ini di App Store. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Detail Find My iPhone
Developer Apple
iOS/iPadOS Minimal 8.0 ke atas
Ukuran 11.3MB
Rating 4.2/5.0 (App Store)

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja nih intip tautan Find My iPhone pada tabel berikut ini.

Versi Tanggal Rilis/Update Fitur Unggulan Link Download
Orisinal 2022 - App Store

Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Ketika pertama kali membeli iPhone maupun perangkat Apple lainnya, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengaktifkan fitur Find My iPhone. Tentu saja, agar bisa beroperasi, kamu harus membuat iCloud terlebih dahulu.

Cara Membuat Icloud Fd2b1
Cara Membuat ICloud Dengan Mudah & Praktis, Amankan Data Pentingmu Sekarang!
Baru memiliki perangkat Apple? Simak penjelasan cara membuat iCloud di sini. Amankan semua data pentingmu dengan mudah dengan langkah-langkah ini.
LIHAT ARTIKEL

Berikut cara mengaktifkan Find My iPhone:

  1. Buka Settings di iPhone.
  2. Klik Apple ID, pastikan kamu sudah log in.
  3. Pilih menu Find My iPhone.
  4. Klik Find My iPhone.
  5. Centang posisi "ON".
  6. Geser "Send Last Location" ke posisi aktif.
Find My Iphone Icloud 2 0c357

Sumber foto: Find My iPhone Device

Dengan mengaktifkan toggle "Send Last Location", iPhone kamu akan mengirimkan lokasinya ke server Apple ketika baterai perangkat mencapai 20%. Kerennya, fitur ini juga akan melacak posisi terakhir perangkat sebelum dimatikan secara manual.

Apakah bisa menggunakan Find My iPhone tanpa iCloud? Jawabannya adalah tidak bisa. Find My iPhone hanya bisa diakses dengan Apple ID. Apple ID hanya bisa didapat saat pengguna membuat iCloud. Jadi semuanya saling berkaitan dan tak bisa dipisahkan.

Lalu, apa yang terjadi jika pengguna lupa dengan Apple ID dan passwordnya? Jangan khawatir! Silakan baca artikel Jaka berjudul "Cara Mengembalikan Akun iCloud yang Lupa Password" atau tekan banner berikut.

Lupa Password Icloud C68f3
Lupa Password Akun ICloud Apple? Begini Cara Mengembalikannya
Kamu lupa password iCloud di iPhone atau iPad? Jaka punya nih cara paling aman untuk reset password ketika kamu lupa kata sandi iCloud. (Update 2020)
LIHAT ARTIKEL

Cara Menggunakan Find My iPhone, Jangan Panik!

Sekali lagi Jaka tekankan, jika iPhone kamu tiba-tiba hilang atau dicuri, jangan panik. Jika kamu terlambat bertindak kurang dari 20 detik, perangkatmu takkan bisa lagi dideteksi keberadaannya karena sudah terlanjur dimatikan orang lain.

Berikut adalah cara melacak iPhone dengan Find My iPhone:

  1. Buka fitur Find My iPhone pada perangkat lain.
  2. Atau, buka situs https://www.icloud.com/find lewat browser.
  3. Login dengan Apple ID.
  4. Pilihlah perangkat iPhone kamu yang hilang.
  5. Langsung tekan opsi "Lost Mode".
  6. Tekan "Play Sound" untuk mengetahui lokasi HP kamu.
  7. Jika terpaksa, tekan "Erase iPhone" untuk hapus semua data di HP kamu.
Find My Iphone Icloud 3 F78ab

Sumber foto: Find My iPhone on iCloud

Berikut catatan yang perlu kamu baca sebelum menggunakan semua fitur yang tersedia di Find My iPhone. Silakan diperhatikan baik-baik.

  • iPhone kamu yang hilang dapat terdeteksi melalui peta. Syaratnya, iPhone harus menyala dan Location Services dalam keadaan aktif.
  • Kalau iPhone kamu mati, maka peta bakal menunjukkan lokasi terakhir iPhone tersebut sebelum mati.
  • Jika kamu berada dekat lokasi iPhone yang hilang, klik Play Sound agar iPhone tersebut mengeluarkan suara.
  • Kalau lokasi iPhone jauh dari kamu, aktifkan mode hilang dengan klik Lost Mode. Tapi Jaka sarankan, segera aktifkan mode ini secepat mungkin.
  • Lost Mode akan mengunci iPhone tersebut. Setelah itu, layar akan menampilkan nomor telepon serta pesan khusus yang dimasukkan pada menu Find My iPhone.
  • Jika kamu yakin iPhone hilang dan tidak bisa ditemukan, gunakan fitur Erase iPhone untuk hapus semua data. Konsekuensinya, kamu tidak bisa lagi menggunakan Find My iPhone.

Untungnya, disadur MakeMac, Find My iPhone masih bisa melacak iPhone dengan iOS 15 bahkan walaupun perangkatnya dimatikan.

Untuk info selengkapnya mengenai cara melacak iPhone hilang, silakan baca artikel Jaka berjudul "Cara Melacak iPhone yang Hilang" atau tekan banner berikut.

Jangan Keburu Panik Begini Cara Melacak Iphone Yang Hilang C35ab
Begini Cara Melacak IPhone Yang Hilang Dengan Mudah & Cepat
iPhone kamu hilang? Eits, jangan langsung panik, geng! Kamu bisa ikuti tutorial dari Jaka mengenai cara melacak iPhone yang hilang berikut ini
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Keberadaan Find My iPhone sangat krusial dalam menemukan perangkat yang hilang. Namun, keberhasilannya sangat ditentukan oleh kesigapanmu di detik-detik pertama.

Tentu saja, Jaka berharap kamu tidak akan pernah menggunakan aplikasi ini. Namun, ada baiknya kamu mempelajari cara menggunakan Find My iPhone dari sekarang. Tujuannya agar siap jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca juga artikel seputar iPhone atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal