J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review: Final Fantasy XV Untuk PC, Game WAJIB Main 2018!

              Review: Final Fantasy XV Untuk PC, Game WAJIB Main 2018!

              00
              Jumat, 20 Apr 2018, 17:30 WIB
              Setelah penantian lama, seri game legendaris ini akhirnya datang kembali ke PC dengan all-out! Grafis super keren, gameplay menarik dan open world yang luar biasa luas! Game Final Fantasy XV ini dirancang agar bisa dinikmati oleh gamer kelas berat, hingga casual player. Kamu sudah coba?

              Sejarah game tidak bisa dipisahkan dengan seri legenda besutan Square Enix (atau dulu dikenal sebagai Squaresoft), yaitu Final Fantasy. Sejak zaman Super Nintendo, konsol modern, dan handheld, semuanya memiliki satu jenis game Final Fantasy yang memorable, sulit untuk dilupakan, misalnya Final Fantasy VII untuk PlayStation yang sudah dikenal oleh hampir semua gamer di dunia. Tapi dari semua platform game yang ada, biasanya PC dilupakan, atau nomor sekian, karena pangsa pasar terbesar game ya di konsol.

              Memang sih, FFVII ada di PC, dan juga FFVIII, FFIX dan lain sebagainya, tapi game tersebut muncul dengan porting yang parah ataupun juga memakan waktu belasan tahun sampai terealisasi. Tidak demikian dengan FFXV. Square Enix tampaknya mulai melihat PC sebagai pasar potensial dan mereka menggarapnya dengan serius. Final Fantasy XV (FFXV) diluncurkan di PC Region Asia oleh Bandai Namco Entertainment, hanya terpaut satu tahun dibanding versi konsolnya, dan dilengkapi dengan berbagai peningkatan kualitas yang luar biasa. Seperti apa? Dan apakah game satu ini worth it untuk dibeli? Yuk kita lihat sama-sama.

              BACA JUGA
              • 10 Bos Paling Curang di Game, Gak Bisa Kalah!
              • Bukan Cuma Final Fantasy, Ini 5 Game Bertema Fantasi Lainnya yang Seru Abis
              • 15 Rekomendasi Game RPG Terbaik di 2019 untuk Android & PC | Bisa Offline Juga Loh!

              Grafis Hampir Foto-realistik!

              01 XII Engine Vs Luminous Studio 92c3a
              Sumber foto: Istimewa | FF Versus XII engine (kiri) dan versi finalnya dengan engine Luminous Studio (kanan)

              Berkat engine baru yang diracik sendiri oleh Square Enix, yaitu Luminous Studio, Final Fantasy XV terlihat luar biasa realistik. Peningkatan dari grafik generasi sebelumnya akan sangat terlihat kalau kamu membandingkan grafisnya dengan gameplay Final Fantasy Versus XII (nama game ini 4 tahun yang lalu), akan jauh berbeda. Pencahayaan kini sudah menggunakan material-based lighting, HDR10 output ke TV/monitor yang sudah mendukung standar HDR, dukungan 4K, particle effect yang dihasilkan terlihat cantik, dan dunianya tidak lagi pre-rendered atau instanced, melainkan open world.

              Di PC, bagi pengguna kartu grafis Nvidia GeForce GTX, kamu bisa menggunakan fitur-fitur Nvidia GameWorks untuk mendapatkan efek partikel, efek rambut dan bayangan yang lebih detail dan halus. Walau demikian, pengguna AMD tidak perlu berkecil hati, karena walaupun fitur-fitur itu tidak aktif, performa game tetap lancar dan grafisnya masih terlihat luar biasa. Di lab JT, kami menguji menggunakan Intel i5 dan Radeon RX 480 8GB, ternyata nyaman-nyaman saja mencapai 60fps. Satu hal: Siapkan download yang menguras waktu karena ukuran file gamenya mencapai 80GB!

              Gameplay Hectic, tapi Strategis!

              02 Hectic Fa82e

              Kendali dalam game ini menggunakan gamepad akan terasa lebih natural dan mudah dibanding menggunakan keyboard/mouse. Ya, tidak heran sih... Tapi enaknya, mapping tombol untuk semua perangkat bisa kamu ubah sesuai kemauan. Lantas, gameplaynya seperti apa? Tidak lagi menggunakan turn-based atau bergiliran seperti Final Fantasy klasik, kamu sekarang berpetualang dan bertarung dalam real-time, artinya waktu berjalan seperti apa adanya.

              Hal ini berarti pertarungan menjadi semakin hectic, dan terkadang kamu akan merasa kesulitan untuk mengatur serangan, spell, item maupun warp atau blink (karena kemampuan yang dimiliki karakter utama game ini, Nocto), tapi seru! Karena pandangan third-person juga, maka apabila ada monster yang ukurannya besar, akan terlihat proporsional dan sangat menantang. Untuk bepergian, selain berjalan kaki dan naik Chocobo, kamu juga bisa naik mobil yang disebut dengan Regalia.

              03 Regalia 3879c

              Sistem RPG standar ada di sini, mulai dari status, item-item yang meningkatkan atribut pemain, sampai dengan spell atau sihir dan summon. Walau demikian, yang unik adalah sistem bantuan teman (tag skill), dan juga spell crafting. Karena Nocto berpetualang bersama tiga orang temannya yang lain, yaitu Prompto, Gladiolus dan Ignis, maka walaupun mereka tidak bisa dikendalikans secara penuh, kamu tetap bisa memanggil mereka dan mengaktifkan skill yang akan membantu dalam battle.

              Sistem spell crafting sangat kreatif, karena kamu bisa mengumpulkan materi untuk tiga jenis elemen: Api, es dan listrik sampai jumlah tertentu. Untuk menciptakan sebuah spell, kamu cukup mengambil jumlah masing-masingnya, dan mencampurnya dengan item lain, yang random dan biasanya bisa kamu dapatkan dari memungut item-item di jalan atau monster drop, dan setiap item tersebut akan memberi efek untuk spell yang dibuat. Selain tag skill dan spell, ada juga Royal Arms untuk Nocto, senjata mistik yang luar biasa kuat namun menyedot nyawa, dan sistem yang paling aneh tapi nyata: Kuliner!

              Fooooood 3c430

              Ya, setiap kali Nocto dkk beristirahat atau singgah di restoran atau bar, maka mereka bisa makan, dan jenis makanan akan memberi status boost yang berbeda-beda. Jadi, makanan tidak hanya menjadi gimmick saja, tapi memiliki peran penting bagi kelangsungan permainan kamu. Selain itu, untuk mendapatkan resep makanan, kamu juga harus rajin mengumpulkan bahan makanan atau membelinya di restoran. Tergiur dengan sajian-sajian khas Ignis? Kamu bisa mencoba resep masakan Ignis nan enak ini dengan mengikuti panduan dari buku masak "That's It!" karya seorang Redditor bernama panggilan aranea_highwind di website Komunitas, Reddit.

              Game Wajib Main Tahun Ini!

              Finale 5fda3

              Dari segi gameplay, seru! Dari segi grafis, benar-benar memanjakan mata... lantas dari segi cerita bagaimana? Apakah kamu pernah menonton film Kingsglaive: Final Fantasy baru-baru ini di bioskop? Atau anime series Final Fantasy XV Brotherhood? Ya, cerita Final Fantasy kali ini memang masif, dan sangat kompleks, karena melibatkan cerita prekuel, lalu kejadian di film bioskopnya, side story perjalanan Nocto dan kawan-kawan dan juga cerita sesudah semua itu. Kalau kamu ingin tahu cerita lengkapnya, ya, kamu harus menonton semua seri film dan animenya, termasuk memainkan gamenya. Luar biasa bukan?

              Rasanya, kalau seorang gamer belum main Final Fantasy, belum afdol deh. Tapi kalau kamu seorang gamer PC, selama ini pasti Final Fantasy bisa dibilang bukan game prioritas, ya karena tidak semua serinya ada di PC. Toh, kalaupun ada, sudah usang dan ketinggalan jaman. Kini, sebagai gamer PC, kita patut berbangga, game sekaliber ini bisa datang di PC tidak lama setelah konsolnya, dan kita harapkan ke depannya, tren ini bisa terus dijaga, bahkan ditingkatkan lagi oleh para developer. Bravo!

              APPS TERKAIT
              Mobius Final Fantasy Icon
              MOBIUS FINAL FANTASY 1.3.130
              Games SQUARE ENIX Co.,Ltd.
              Final Fantasy Brave Exvius Icon
              FINAL FANTASY BRAVE EXVIUS 2.1.1
              Games SQUARE ENIX INC
              Finalfantasy Icon
              FINAL FANTASY Record Keeper 5.1.1
              Games DeNA corp
              Icon Fantasy Defense
              Fantasy Defense 2 for Android
              Games NHN Entertainment corp

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal