J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Trilogi yang Gagal Tayang Karena Gak Laku, Banyak Film Marvel?

7 Film Trilogi yang Gagal Tayang Karena Gak Laku, Banyak Film Marvel?

Minggu, 3 Mei 2020, 20:00 WIB
Diharapkan sukses menjadi trilogi, nyata film-film ini enggak pernah dapat kesempatan buat dapat film ketiganya! Apa saja?

Apa salah satu tanda kesuksesan dari sebuah film? Mungkin jika memiliki sekuelnya, bahkan kalau perlu menjadi trilogi.

Ada banyak contoh film trilogi yang menjadi kesuksesan sebuah film, mulai dari John Wick, Star Wars, The Lord of the Rings, hingga The Dark Knight.

Hanya saja, enggak semua film yang direncanakan untuk menjadi trilogi sukses! Banyak yang harus berhenti di film kedua karena beberapa alasan. Apa saja?

Film Trilogi yang Enggak Pernah Selesai

Tidak semua film trilogi berjalan sesuai rencana. Membuat satu film sukses saja membutuhkan usaha keras, apalagi jika harus membuat tiga.

Film-film yang gagal menjadi trilogi di bawah ini menjadi contohnya. Ada yang dapat kritik habis-habisan, gagal di box office, kekurangan anggaran, dan lain sebaginya.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar film trilogi yang enggak pernah selesai!

1. The Amazing Spider-Man

Film Trilogi Enggak Selesai 1 36d75
Sumber foto: WallpaperAccess

Superhero favorit sejuta umat, Spider-Man, diketahui telah mengalami pergantian pemeran hingga tiga kali. Diawali oleh Tobey Maguire hingga sekarang diperankan oleh Tom Holland.

Di antara kedua aktor tersebut, ada Andrew Garfield yang menjadi Peter Parker di film The Amazing Spider-Man.

Film pertamanya yang rilis pada tahun 2012 dianggap berhasil dengan mendapatkan $757 juta dan mendapatkan ulasan yang relatif positif.

Sebelum mengumumkan sekuelnya, Sony mengumumkan akan membuat Spidey Cinematic Universe. Spider-Man akan memiliki film ketiga dan keempat, serta film spin-off untuk Sinister Six dan Venom.

Sayangnya, kegagalan sekuelnya membuat rencana tersebut berantakan. Meskipun berhasil secara box office, film tersebut mendapatkan ulasan yang buruk.

Pada akhirnya Disney membawa Spider-Man masuk ke dalam Marvel Cinematic Universe dan Sony tetap merilis film Venom. Kita tidak akan melihat film The Amazing Spider-Man 3.

2. Justice League

Film Trilogi Enggak Selesai 2 8fa1c
Sumber foto: Digital Spy

Mana yang lebih terkenal, Avengers atau Justice League? Jika pertanyaan ini dilontarkan dua decade lalu, jawabannya jelas Justice League.

Kenyatannya, Marvel berhasil membalikkan keadaan dengan Marvel Cinematic Universe-nya. DC pun tertatih-tatih mengejar ketertinggalan dan mengeluarkan beberapa film, termasuk Justice League.

Awalnya, film ini disutradarai oleh Zack Snyder yang juga menyutradarai Man of Steel dan Batman v Superman: Dawn of the Justice.

Di tengah perjalanan, ia mengundurkan diri karena masalah pribadi. Posisinya digantikan oleh Joss Whedon yang mengerjakan dua film Avengers.

Setelah tayang, film ini mendapatkan keuntungan di bawah The Avengers dan mendapatkan ulasan tajam. Film ini pun tidak menemui titik terang untuk dilanjutkan.

Padahal, Justice League direncanakan memiliki dua sekuel lagi yang akan menampilkan Green Lantern Corps dan Darkseid. Sayang, hal tersebut nampaknya tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

3. Fantastic Four

Film Trilogi Enggak Selesai 3 8132a
Sumber foto: Wallpaper Flare

Selain Avengers, kelompok superhero yang paling terkenal adalah Fantastic Four. Pada tahun 2005, mereka memiliki film mereka sendiri yang cukup sukses walau harus menerima kritikan pedas.

Sekuelnya, Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer, menjadi mimpi buruk. Selain tetap mendapatkan kritikan pedas, film ini juga mendapatkan hasil box office yang biasa saja.

Akhirnya, Fox selaku pemegang hak Fantastic Four memutuskan untuk membatalkan rencana trilogi, Padahal, kelima pemeran utama telah menandatangai kontrak untuk tiga film.

Fox tidak patah semangat. Pada tahun 2015, mereka membuat versi reboot-nya dan hasilnya mengerikan.

Semoga dengan akuisisi yang dilakukan oleh Disney ke Fox, kita bisa melihat film-film Fantastic Four yang lebih pantas.

Film Trilogi Lainnya . . .

4. Hellboy

Film Trilogi Enggak Selesai 4 5bbd3
Sumber foto: Screen Daily

Disutradarai oleh Guilermo del Toro, Hellboy juga termasuk film trilogi yang gagal terwujud. Film pertamanya termasuk sukses, dengan skor 81% di situs Rotten Tomatoes.

Pendapatannya pun cukup memuaskan. Kesuksesan ini membuat Universal Studio membeli haknya dari Revolution Studios dan membuat sekuelnya yang berjudul Hellboy II: The Golden Army.

Meskipun berhasil mendapatkan $168 juta, film ini gagal memiliki seri ketiganya. Del Toro berharap bisa menyelesaikannya, namun anggaran yang dibutuhkan adalah $120 juta.

Masaahnya, tidak ada studio film yang mau mengeluarkan uang sebanyak itu untuk film yang tidak begitu menghasilkan.

Pada tahun 2019, Lionsgate membuat reboot Hellboy dengan menunjuk Neil Marshall sebagai sutradara. Hasinya? Sangat berantakan. Selain gagal balik modal, film ini dikritik habis-habisan.

5. Tron

Film Trilogi Enggak Selesai 5 32ea2
Sumber foto: GeekTyrant

Film Tron pertama dirilis pada tahun 1982. DIbutuhkan waktu sekitar 30 tahun agar film ini memiliki sekuelnya yang berjudul Tron: Legacy.

Disney merasa cukup percaya diri sehingga berani menggelontorkan dana hingga $200 juta. Sayang, kinerjanya buruk.

Selain keuntungan yang kecil, film ini hanya mendapatkan skor Tomatometer sebesar 51 persen. Disney paham kalau uang mereka sebaiknya dihabiskan untuk film yang lebih menghasilkan.

Padahal sebelum sekuelnya dirilis, penulis scenario film telah mengerjakan naskah untuk film ketiganya. Nampaknya kita tidak bisa berharap kalau naskah tersebut akan digunakan di masa depan.

6. Teenage Mutant Ninja Turtles

Film Trilogi Enggak Selesai 6 5238f
Sumber foto: The Verge

Meskipun populer, film Teenage Mutant Ninja Turtles tidak pernah meraih kesuksesan di layar lebar. Pada tahun 2014, Paramount merilis kembali setelah kegagalan trilogi yang terjadi di awal 90-an.

Film pertama ini lumayan sukses dengan menghasilkan $485 juta dari anggaran $125 juta. Paramount pun menjadi percaya dini dan menaikkan anggaran untuk sekuelnya.

Dibuat dengan dana $135 juta, film Teenage Mutant Ninja Tutles: Out of the Shadows hanya berhasil meraup $245 juta, penurunan hingga 50 persen.

Kegagalan ini membuat Paramount tidak ingin mengulangi kesalahan di masa lampau dan memutuskan untuk tidak melanjutkan waralaba ini.

7. Percy Jackson and the Olympians

Film Trilogi Enggak Selesai 7 3d65c
Sumber foto: About Greek Myth

Diangkat dari seri novel terkenal, seharusnya Percy Jackson and the Olympian's bisa sesukses waralaba Harry Potter.

Film pertamanya, The Lightning Thief, hanya mendapatkan skor 49 persen di Rotten Tomatoes. Hal tersebut tidak menghalangi pihak produsen untuk membuat sekuelnya.

Maka dirilisnya film kedua yang berjudul Sea of Monster. Lagi-lagi skornya buruk, hanya 42 persen. Hal ini akhirnya membuat film ketiganya, Titan's Curse, tidak pernah terwujud.

Kabar baiknya, pemegang hak seri buku Percy Jackson dipegang oleh Fox. Seperti yang kamu tahu, Fox telah diakuisisi oleh Disney. Mungkin kita akan melihat reboot yang lebih baik di masa depan.

Akhir Kata

Itulah beberapa film yang direncanakan untuk memiliki trilogi, namun gagal menjadi kenyataan. Kalau menurut Jaka, sampai kapanpun film-film tersebut tidak akan mendapatkan film ketiganya.

Menurutmu, mana yang paling fail, geng? Atau kamu punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 515bb

7 Film Populer yang Gagal Saat Pertama Kali Dirilis, Sekarang Malah Dipuja-puja!

Aktor Film Sutradara Saling Benci Fd828

7 Aktor dan Sutradara yang Saling Benci, Bikin Film Gagal Total!

Banner 1819a

7 Plot Hole Paling Bodoh di Film Superhero DC, Film DCEU Gak Sebagus MCU?

Banner Jadi 7929d

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

Film Paling Gagal 2019 Dfc46

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

Banner C22bb

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

7 Sekuel Film yang Akhirnya Dibatalkan | No.2 Karena Gak Cukup Modal!

7 Sekuel Film yang Akhirnya Dibatalkan | No.2 Karena Gak Cukup Modal!

7 Trilogi Film Terburuk Sepanjang Masa, Mending Gak Usah Nonton!

7 Trilogi Film Terburuk Sepanjang Masa, Mending Gak Usah Nonton!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal