J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang, Dianggap Masterpiece!

Jumat, 14 Agt 2020, 18:00 WIB
Meskipun kini dianggap legendaris dan timeless, ternyata ketujuh film ini sempat dilarang penayangannya karena alasan tertentu. Film apa saja? Yuk, simak geng!

Film merupakan industri yang paling pesat berkembang di era modern. Gak heran kalau jumlah film yang dirilis setiap tahunnya semakin bertambah.

Saking banyaknya film, kita pastinya makin bingung membedakan film mana yang bagus, dan film mana yang nggak. Yang bagus pun belum tentu diterima secara luas oleh masyarakat.

Film yang kontroversial biasanya bakalan dilarang tayang di negara tertentu. Anehnya, puluhan tahun kemudian, ketujuh film kontroversial ini malah dianggap masterpiece.

7 Film Terlarang yang Kini Disukai Banyak Orang

Dalam artikel ini, Jaka bakal mengulas tentang 7 film yang pada awal penayangannya dianggap ofensif, terlalu kasar, dan eksplisit sehingga dilarang tayang di mana-mana.

Namun, yang namanya budaya pasti bakalan berubah. Budaya masyarakat zaman sekarang yang lebih open-minded malah bikin ketujuh film ini dianggap sebagai salah satu karya film terbaik sepanjang masa.

Kira-kira film apa saja yang Jaka maksud ya, geng? Daripada penasaran, mendingan langsung saja simak daftar berikut ini!

1. Cannibal Holocaust (1980)

1 7e35c

Cannibal Holocaust adalah pelopor film ber-genre found footage. Film ini memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia perfilman sehingga kini dianggap sebagai masterpiece.

Berkisah mengenai sekelompok kru film dokumenter yang meliput suku kanibal di hutan Amazon. Naas, mereka malah jadi korban pembantaian dan jadi lauk makan siang para kanibal.

Film ini dilarang tayang karena dikira betulan. Deodato yang jadi sutradara saja sampai dipanggil pengadilan karena dianggap merekam dan menayangkan film pembantaian asli.

2. Brokeback Mountain (2005)

2 12510

Meskipun kini Amerika Serikat sudah melegalkan pernikahan dan hubungan sesama jenis, ada masa di mana hal tersebut dianggap tabu, geng.

Brokeback Mountain merupakan sebuah film drama yang mengisahkan kisah cinta antara 2 pria. Demi menutupi hubungan dan menghindari persekusi, mereka menikahi pasangan wanitanya masing-masing.

Film cinta terlarang ini sempat dilarang tayang di mana-mana, termasuk Amerika. Kini, Brokeback Mountain dianggap sebagai film yang berpengaruh untuk kaum LGBT di Amerika.

3. Clockwork Orange (1971)

3 60384

Clockwork Orange kini dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Meskipun begitu, film arahan Stanley Kubrick ini sempat dikecam oleh banyak pihak.

Film ini menceritakan narapidana yang mengikuti terapi kejiwaan sebagai pengganti hukuman penjara. Terapi tersebut memaksanya untuk menonton adegan kejahatan dan seks agar ia kelamaan muak dengan hal-hal tersebut.

Sayang, penonton kala itu gak mengerti dengan pesan Kubrick. Film ini sempat dilarang karena banyak orang yang berbuat kriminal sambil mendengarkan lagu Singin' in The Rain seperti dalam adegan di film.

4. The Exorcist (1973)

4 4164e

The Exorcist adalah film horor terbaik dan terseram sepanjang masa. Film ini mengombinasikan tema mengerikan, cerita yang solid, dan adegan sadis dengan sempurna.

The Exorcist mengangkat tema kerasukan setan. Secara garis besar, film ini berisi adegan pengusiran setan yang dilakukan oleh 2 pendeta terhadap seorang anak perempuan.

Karena dianggap sadis dan melecehkan agama, The Exorcist sampai dilarang tayang di bioskop selama 11 tahun, geng! Ada juga laporan yang mengatakan kalau penayangan film ini memakan korban jiwa.

5. Reservoir Dogs (1992)

5 48e01

Meskipun durasinya paling pendek, namun Reservoir Dogs adalah film arahan Quentin Tarantino yang paling berpengaruh, sekaligus menjadi debut film fiturnya.

Film ini bercerita mengenai sekelompok perampok yang upayanya digagalkan polisi karena salah satu anggotanya berkhianat. Reservoir Dogs laris keras meskipun cuma film indie, lho.

Sayangnya, penggunaan kekerasan yang berlebihan, terutama pada adegan pemotongan telinga bikin film ini sempat dilarang tayang di bioskop.

6. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

6 03897

Kalau film dilarang tayang sih pasti gak jauh-jauh dari kekerasan, geng. Film tentang psikopat sadis berjudul The Texas Chainsaw Massacre sempat bikin orang shock di tahun 1974.

Film ini memperkenalkan karakter Leatherface, psikopat dengan topeng wajah mayat yang ikonik, serta gergaji mesin sebagai mesin pembunuh di film horor.

Gak cuma karena sadis, film ini juga di-banned karena syutingnya menggunakan darah dan bangkai binatang asli yang dibiarkan membusuk di masa syuting.

7. Apocalypse Now (1979)

7 03049

Kalau kamu suka banget dengan film-film ber-genre perang, pasti kamu sudah gak asing dengan film berjudul Apocalypse Now. Film ini dibintangi aktor top Hollywood, mulai dari Martin Sheen hingga Marlon Brando.

Secara garis besar, Apocalypse Now bercerita tentang seorang kapten tentara yang ditugaskan ke hutan Kamboja untuk menghabisi nyawa kolonelnya yang gila dan berkomplot dengan penduduk asli.

Menampilkan kekejian perang, ternyata bukan hal itu yang bikin film ini sempat di-banned. Pesan anti perang yang disampaikan justru dianggap ofensif oleh beberapa negara yang kala perilisan film sedang berperang dengan negara lain.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film yang sempat dilarang tayang namun kini disukai dan dianggap masterpiece oleh para pecinta film. Film mana yang paling mengejutkan menurutmu?

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Terkenal yang Dilarang Tayang Saking Jeleknya, Cringe Abis!

7 Film Terkenal yang Dilarang Tayang Saking Jeleknya, Cringe Abis!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal