J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Terkenal yang Tersandung Kasus Plagiarisme, Cari Sensasi?

7 Film Terkenal yang Tersandung Kasus Plagiarisme, Cari Sensasi?

Selasa, 21 Jan 2020, 11:00 WIB
Kasus plagiarisme memang nggak pernah jauh dari industri hiburan. Begitu juga ketujuh film terkenal ini yang ternyata pernah dituntut karena dianggap plagiat.

Sebuah pepatah mengatakan, "semakin tinggi pohon menjulang, semakin kencang juga angin yang bertiup". Pepatah ini relate banget sama kasus plagiarisme dalam film, geng.

Semakin tinggi profit dan kesuksesan sebuah karya, maka bakal banyak orang yang berusaha untuk mengambil keuntungan dari karya tersebut.

Salah satunya adalah menuduh kalau karya tersebut merupakan plagiat dari karya mereka meskipun belum tentu kebenarannya.

7 Film Terkenal yang Tersandung Kasus Plagiarisme

Menururt Wikipedia, plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karya, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karya sendiri.

Dalam industri seni seperti film atau musik, hal ini cukup sering terjadi, lho. Kasus plagiarisme harus diselesaikan di pengadilan dan pemenangnya berhak mendapatkan ganti rugi.

Nah, beberapa film terkenal di bawah ini ternyata pernah tersangkut kasus plagiarisme. Penasaran film apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Avatar (2009)

1 Dead2

Avatar merupakan sebuah film ber-genre adventure yang disutradarai oleh James Cameron. Film ini sempat menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah.

Nggak heran kalau banyak orang yang berniat mengambil keuntungan dari film ini. Tercatat, ada 5 laporan mengenai plagiarisme yang dituduhkan kepada film Avatar.

Namun, pengadilan justru memenangkan film Avatar karena tuduhan-tuduhan tersebut dianggap nggak berdasar. Bahkan, Cameron malah memenangkan US$ 2,5 miliar dari pengadilan.

2. The Matrix (1999)

2 Fa80e

Franchise film The Matrix nggak hanya sekali dituntut untuk masalah plagiat, melainkan 2 kali. Untungnya, film ini juga menang di pengadilan.

Tuntutan pertama berasal dari seorang wanita bernama Sophie Stewart yang mengklaim bahwa Wachowski Sisterss mencuri draft dari filmnya yang berjudul The Third Eye.

Stewart bilang ia pernah mengirim cerita buatannya kepada Wachowski Sisters tahun 1986. Meskipun ia mendapat US$ 300 ribu, namun ia nggak pernah datang ke pengadilan sehingga kasus ini dihentikan.

3. Finding Nemo (2003)

3 9a510

Seorang penulis buku anak-anak asal Perancis bernama Franck Le Calvez menuntut Pixar karena mencuri ide film Finding Nemo dari buku yang ditulisnya.

Ketika diperiksa di pengadilan, bukunya yang berjudul Pierrot Le Poisson Clown ternyata dirilis setelah film Finding Nemo sehingga Franck lah yang dianggap memplagiat.

Bukannya memenangkan kasus ini dan jadi kaya raya, Franck malah dipenjara atas tuduhan penipuan dan harus membayar denda yang cukup besar. Wah, kena karma, geng!

4. The Dark Knight (2008)

4 99c67

Kasus plagiarisme yang menyandung film The Dark Knight karya Christopher Nolan ini sepertinya adalah yang paling kocak di antara semua, geng.

Seorang pria bernama Huseyin Kalkan menuntut film ini karena nggak membayar royalti. Ternyata, Batman adalah nama sebuah kota di Turki di mana Huseyin menjabat sebagai walikota, geng.

Ia juga mengklaim kalau kasus bunuh diri dan pembunuhan meningkat drastis setelah film ini dirilis. Duh, bodoh banget ya, geng?

5. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003)

5 31790

Disney pernah dituntut sebesar miliaran dolar karena franchise Pirates of the Caribbean miliknya. Tuntutan ini diajukan oleh seorang penulis buku bernama Royce Mathew.

Royce mengklaim bahwa film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl mencuri cerita dari novel yang ia tulis.

Tuduhan ini dibatalkan pengadilan setelah Disney merilis buku. Dalam buku, Disney menjelaskan proses bagaimana film ini terinspirasi dari wahana terpopuler mereka di Disney Land.

6. Titanic (1997)

6 Ecaa7

Titanic dianggap sebagai salah satu film romantis terbaik sepanjang masa. Film ini juga sempat tersandung kasus plagiarisme menghebohkan pada tahun 2012 lalu.

Seorang wanita bernama Princess Samantha Kennedy mengklaim bahwa cerita Titanic memplagiat isi dari buku biografi yang ia buat tentang ayahnya.

Wanita tersebut menuntut agar ia mendapatkan seluruh keuntungan film dan seluruh copy film Titanic dihancurkan. Kasus ini dibatalkan karena bukti yang dilampirkan nggak valid.

7. Frozen (2013)

7 Fa14c

Siapa di antara kamu yang belum pernah nonton Frozen? Film ini populer banget dan bahkan memenangkan Oscar untuk film animasi terbaik tahun 2014.

Nah, film ini juga sempat tersandung kasus plagiarisme di tahun 2015, geng. Bedanya, kali ini pengadilan nggak memihak ke film ini.

Seorang animator 2D bernama Kelly Wilson berhasil menunjukkan kalau trailer Frozen mencontek film pendek yang ia buat berjudul The Snowman.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film terkenal yang pernah tersandung kasus plagiarisme. Kalau terbukti film-film tersebut plagiat, nggak kebayang deh berapa besar uang yang harus mereka bayarkan.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Film Binatang Terbaik Bd2d7

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

Film Robert Downey Jr Banner A9173

10 Film Terbaik Robert Downey Jr. Selain Iron Man dan Avengers, Ada Film Komedi!

10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1

10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu

Film Terbaik Keanu Reeves 0812f

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?

Film Terbaik Johnny Depp 1d757

10 Rekomendasi Film Terbaik Johnny Depp | No. 3 Bikin Terharu!

Film Song Joong Ki Banner B1cdf

10 Film Terbaik Song Joong-ki, Pernah Jadi Werewolf!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal