J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Film Terkenal yang Ternyata Mencuri Ide Film Lain, Lion King Cuma Plagiat?

              7 Film Terkenal yang Ternyata Mencuri Ide Film Lain, Lion King Cuma Plagiat?

              00
              Sabtu, 23 Nov 2019, 12:00 WIB
              Banyaknya film yang diciptakan selama lebih dari seabad ini bikin penulisan ide cerita menjadi hal yang cukup sulit. Nggak jarang, ada film terkenal yang mencuri idenya dari film lain yang kurang populer

              Sejarah perfilman dunia sudah sangatlah panjang. Film bergerak pertama yang pertama dibuat berjudul Roundhay Garden Scene yang dirilis pada tahun 1888.

              Ratusan tahun telah berlalu semenjak film pertama kali dibuat, namun film tetap menjadi hiburan utama di segala zaman.

              Sulit rasanya membuat film dengan cerita orisinal di zaman sekarang. Segala ide cerita tentunya sudah dieksplor para pembuat film.

              Meskipun begitu, tetap saja nggak mustahil memberikan sedikit pembeda antara film tersebut dengan film yang sudah pernah tayang sebelumnya.

              7 Film Terkenal yang Ternyata Mencuri Idenya dari Film Lain

              Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 7 film yang benar-benar mencuri ide cerita orisinal dari film yang sudah pernah ditayangkan sebelumnya.

              Film yang dicuri idenya merupakan film jadul atau film yang kurang populer di dunia sehingga nggak langsung ketahuan ketika ada film yang terang-terangan mencuri ide tersebut.

              Masalahnya, film yang mencuri ide tersebut justru mendapatkan popularitas dan kesuksesan finansial yang sangat besar. Wah, ini sih plagiarisme akut, geng.

              Kalau kamu penasaran sama film-film yang mencuri ide orisinal film lain, langsung saja simak artikel Jaka berikut ini, yah!

              1. The Lion King (1994)

              1 707f0

              Lion King merupakan film animasi dari Walt Disney yang menceritakan tentang seekor singa muda yang mencari jati dirinya sebagai raja hewan.

              Saking populernya, film ini kemudian dibuat versi Live Action-nya 25 tahun kemudian, geng. Namun, Lion King ternyata benar-benar menjiplak ceritanya dari serial animasi Jepang, Kimba The White Lion.

              Kimba The White Lion adalah animasi Jepang yang tayang pada tahun 1965 - 1967 dan memiliki banyak banget kesamaan dengan Lion King sehingga mustahil banget kalau orang berpikir ini hanya kebetulan.

              Keduanya memiliki karakter utama seekor singa bernama Kimba dan Simba, karakter monyet bijak, hyena gila, dan 2 sahabat yang kocak. Wah, ini sih plagiat banget, geng.

              2. The Hunger Games (2012)

              2 7e5ea

              Hunger Games memiliki premis yang mirip dengan game battle royale di mana semua orang dipersenjatai untuk membunuh satu sama lain hingga tersisa 1 pada akhirnya.

              Hunger Games mirip banget dengan film asal Jepang yang berjudul Battle Royale yang dirilis pada tahun 2000. Meskipun begitu, nggak semua aspek dicuri dari film Jepang tersebut.

              Penulis novel Hunger Games mengatakan bahwa ia belum pernah sama sekali nonton film Battle Royale tersebut. Justru, ia mendapat inspirasi dari kisah Spartacus, seorang budak yang menjadi pemberontak.

              3. Reservoir Dogs (1992)

              3 38df0

              Reservoir Dogs merupakan film action karya sutradara kawakan, Quentin Tarantino. Film ini menceritakan sekelompok pencuri yang gagal melakukan pencurian besar karena salah satu dari mereka adalah polisi yang menyamar.

              Kesuksesan film ini diraih dari ide cerita yang dicuri Tarantino dari film Hong Kong tahun 1987 berjudul City on Fire. Quentin Tarantino bahkan mengonfirmasi bahwa ia terinspirasi dari film tersebut.

              Berbeda dengan 2 film di atas, sutradara Reservoir Dogs benar mengakui bahwa ia mencuri ide dari film lain. Meskipun begitu, ia nggak benar-benar meniru semua adegan dan cerita dari City on Fire.

              4. A Fistful of Dollars (1964)

              4 B7c55

              Satu lagi film terkenal yang mencuri idenya dari film Jepang, nih, geng. A Fistful of Dollars merupakan film legendaris yang dibintangi oleh Clint Eastwood pada tahun 1964.

              Menceritakan seorang koboi tanpa nama yang datang di sebuah kota kecil. Kota tersebut dikuasai oleh 2 geng penjahat yang berperang untuk memperebutkan wilayah kekuasaan.

              Film ini ternyata mencuri idenya dari film Jepang klasik berjudul Yojimbo. Perbedaannya cuma 1, karakter film Yojimbo adalah seorang Samurai.

              Nggak cuma ide ceritanya saja, bahkan adegan film dan sudut pengambilan gambarnya pun persis banget, geng.

              5. Star Wars (1977 - Sekarang)

              5 340d6

              Siapa yang nggak kenal, sih, dengan salah satu franchise media terbesar di dunia satu ini? Nggak cuma film saja, Star Wars juga memiliki serial game, animasi, dan masih banyak lagi.

              Namun, Star Wars nggak bakal ada tanpa inspirasi dari film Jepang klasi berjudul The Hidden Fortress yang rilis pada tahun 1958.

              George Lucas, pencipta Star Wars mengakui bahwa ia "meminjam" ide The Hidden Fortress dengan menceritakan dari sudut pandang 2 karakter terendah, yakni C3PO & R2D2.

              Nggak cuma itu, kedua film juga memiliki jalan cerita yang cukup mirip. Bedanya, Star Wars ber-setting di luar angkasa, sedangkan The Hidden Fortress ber-setting di zaman kerajaan Jepang.

              6. Alien (1979)

              6 F856b

              Seperti judulnya, film berjudul Alien yang dirilis pada tahun 1979 ini menceritakan tentang teror Alien jahat yang menyerang sebuah pesawat luar angkasa.

              Ternyata, film ini juga mencuri idenya dari film lain, geng. Film yang dicuri adalah sebuah film kelas B berjudul The Terror From Beyond Space (1958).

              Ceritanya pun mirip. Keduanya menceritakan kisah sebuah pesawat luar angkasa yang mendarat di planet asing. Ternyata, ada alien yang masuk ke dalam pesawat dengan bersembunyi di saluran udara.

              Ketika diwawancarai, produser film Alien menyanggah kalau filmnya merupakan rip-off. Ia malah menyalahkan si penulis naskah yang mencuri idenya dari film lain.

              7. Cars (2006)

              7 623e7

              Film animasi Pixar sangat terkenal dengan kualitasnya. Bahkan, film animasinya yang paling medioker, yakni Cars, masih bagus dan seru untuk ditonton.

              Namun ada satu kekurangan fatal dari Cars, yakni ide ceritanya yang ternyata plagiat, geng. Film yang dicuri idenya oleh Cars adalah Doc Hollywood yang dirilis pada tahun 1991.

              Keduanya menceritakan karakter utama sombong yang terjebak di kota kecil. Di sana, ia dipaksa untuk bekerja sebagai ganti rugi karena telah merusak kota.

              Awalnya, karakter utama enggan namun lama kelamaan ia berubah hatinya dan memutuskan untuk menetap di kota kecil tersebut.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 7 film terkenal yang mencuri ide ceritanya dari film lain. Menurut kamu, film mana yang paling plagiat, geng?

              Tulis jawabanmu beserta alasannya di kolom komentar yang tersedia. Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya, yah!

              Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal