J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Tentang Demo Terbaik, Mirip yang Sedang Terjadi di DPR!

7 Film Tentang Demo Terbaik, Mirip yang Sedang Terjadi di DPR!

Jumat, 9 Okt 2020, 17:30 WIB
Ternyata ada beberapa film demo yang mencerminkan apa yang sedang terjadi sekarang. Yuk, simak 7 film tentang demo terbaik, mirip yang sedang terjadi di DPR!

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan peraturan baru yang memicu adanya demo di DPR.

Kalau kamu jadi penasaran tentang film demo terbaik yang mirip dengan kejadian seperti itu, kamu bisa simak judul-judulnya di artikel ini!

Nggak bisa dipungkiri kalau tahun 2020 memang tahun yang kontroversial.

Mulai dari virus Corona, kebakaran hutan massal, hingga kematian George Floyd yang mengundang protes massal di Amerika Serikat dan lainnya, udah mirip banget sama setting film apocalypse.

Indonesia adalah salah satu korban dari peristiwa yang tidak menguntungkan di 2020. Undang Undang Cipta Kerja sangat ditentang masyarakat hingga memicu kehebohan, demo bahkan aksi lainnya.

Ternyata, ada juga film tentang demonstrasi serupa yang bisa kamu saksikan. Jaka sudah mengumpulkan 7 film tentang demo terbaik. Yuk, langsung simak film apa saja!

Deretan Film Tentang Demo Terbaik

Nggak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu yang ditentang masyarakat dapat memicu demo demi menuntut keadilan.

Demonstrasi yang terjadi di dunia nyata ternyata juga bisa kita temukan di film, lho. Kamu bisa langsung menyimak deretan film tentang demo terbaik berikut.

1. When the Day Comes (2017)

Film Tentang Demo Terbaik When The Day Comes 2017 C5a32

When the Day Comes adalah film thriller berunsur politik Korea Selatan tahun 2017 yang berdasarkan kisah nyata di tahun 1987. Film ini dibintangi oleh Kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, dan Kim Tae-ri.

Pada tahun 1987, Korea berada di bawah rezim militer yang menindas. Sebuah interogasi yang melanggar hukum mengakibatkan kematian seorang mahasiswa.

Tentu saja, tragedi tersebut menyulut warga negara biasa yang tidak terima atas apa yang terjadi. Mereka pun berusaha untuk memperjuangkan kebenaran dan mewujudkan keadilan.

2. Matewan (1985)

Film Tentang Demo Terbaik Matewan E2f08

Matewan adalah film indie yang menceritakan demonstrasi penambang batu bara di Virginia pada tahun 1920an. Film ini terkenal karena dibintangi salah satu aktor terbaik, yaitu Chris Cooper.

Matewan menceritakan mengenai nasib para pekerja penambang batu bara yang tidak dapat mengandalkan kekuatan pepatah untuk perlindungan.

Ketegangan akhirnya memuncak, yang mengarah ke Pertempuran Matewan dan baku tembak yang menewaskan beberapa orang. Film ini sukses mendapatkan nominasi Oscar untuk Sinematografi Terbaik karena visualnya yang memukau.

3. La Haine (1995)

Film Tentang Demo Terbaik La Haine F4473

La Haine adalah film drama tahun 1995 yang dirilis setelah kerusuhan besar di lingkungan miskin Paris. Hal ini disebabkan oleh serangan terhadap seorang imigran oleh petugas polisi.

Drama hitam-putih ini mengikuti ketiga teman korban yang menemukan pistol polisi setelah kerusuhan. Mereka memperdebatkan apakah mereka harus menanggapi kekerasan dengan kekerasan lebih lanjut.

Dalam waktu bersamaan, mereka juga sambil menghindari penegakan hukum yang semakin brutal yang menyerang lingkungan mereka. Fakta menarik dari film ini adalah judul film La Haine secara kasar dapat diterjemahkan menjadi Hate atau benci.

4. Even the Rain (2010)

Film Tentang Demo Terbaik Even The Rain A1cbc

Even the Rain adalah film yang dinominasikan di Oscar sebagai Film Asing Terbaik. Menceritakan kisah sekelompok pembuat film fiksi yang terlibat dalam Perang Air Cochabamba di Bolivia di kehidupan nyata.

Sutradara dan produsernya memilih Bolivia untuk film biografi mereka tentang Christopher Columbus karena mereka dapat mempekerjakan pekerja dan aktor dengan harga murah.

Film mereka menjadi terancam ketika aktor utama mereka memulai protes terhadap keputusan pemerintah untuk memprivatisasi pasokan air negara. Even the Rain memiliki pesan yang baik dan kuat sehingga membuatnya menarik ditonton.

5. Joker (2019)

Film Tentang Demo Terbaik Joker F8b56

Film Joker yang termasuk film kontroversial ini mencerminkan kehidupan Arthur Fleck yang berprofesi sebagai badut yang sering dicerca masyarakat. Dalam waktu yang bersamaan, kondisi mentalnya memburuk.

Ketika semua orang mencapnya sebagai aneh dan menghindarinya, ia memutuskan untuk terjun bebas ke kehidupan kriminal dan membuat kekacauan. Hal ini diperparah oleh kebenaran yang ia ketahui tentang ibunya.

Di akhir film, Fleck menerima perannya sebagai Joker dan para pemberontak Gotham memandangnya sebagai seorang martir. Film ini sukses memenangkan dua Oscar untuk Aktor Terbaik dan Skor Asli Terbaik.

6. The Battle of Algiers (1966)

Film Tentang Demo Terbaik Battle Of Algiers 3d18d

The Battle of Algiers adalah film keluaran tahun 1996 yang didasarkan pada peristiwa pemberontak selama Perang Aljazair (1954 1962) melawan pemerintah Prancis di Afrika Utara.

Film Battle of Algiers ini dengan mahir mendemonstrasikan bagaimana kedua belah pihak menggunakan metode ekstrim yang mereka pilih. ALN (Algerian Liberation Front) menggunakan perang gerilya, terorisme dan warga sipil melawan tentara Prancis, sedangkan Prancis menggunakan penyiksaan dan kekerasan terhadap pengunjuk rasa.

Film ini mendapat pujian kritis. Baik kelompok pemberontak dan otoritas negara menganggapnya sebagai film penting yang menggambarkan perang gerilya perkotaan. Film ini menempati posisi ke-48 pada 250 Film Teratas Kritikus berdasarkan poll Sight & Sound 2012.

7. Battleship Potemkin (1925)

Film Tentang Demo Terbaik Battleship Potemkin 87da0

Battleship Potemkin adalah film tahun 1925 yang disutradarai oleh Sergei Esenstein dan diproduksi oleh Mosfilm. Film ini menyajikan pemberontakan yang terjadi pada tahun 1905 ketika awak kapal perang Rusia Potemkin memberontak.

Terinspirasi oleh revolusi komunis di Rusia pada saat itu, para pelaut memberontak melawan komandan mereka memprotes kondisi mengerikan di kapal. Mereka didukung oleh orang-orang di Odessa, yang membuat anak buah Tsar secara brutal menindak warga sipil.

Hal ini mengarah ke urutan Langkah Odessa yang terkenal, sekumpulan tentara berbaris menuju orang-orang yang berkumpul di tangga, meninju mereka dan mulai menembak kerumunan.

Akhir Kata

Karena masa yang sedang kondusif seperti saat ini, sebaiknya kamu di rumah saja ya, geng. Kamu bisa nonton Netflix atau apa aja, yang penting stay safe!

Film-film diatas mencerminkan tentang masyarakat yang menuai aspirasinya lewat demo. Nah, dari deretan film tentang demo terbaik diatas, menurutmu mana yang paling kontroversial?

Yuk, share pendapatmu di kolom komentar bawah ini!

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terbaik Tapi Membosankan, Nontonnya Bikin Ngantuk!

7 Film Terbaik Tapi Membosankan, Nontonnya Bikin Ngantuk!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal