J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Tanpa Peran Antagonis/Penjahat, Tetap Seru dan Menghibur!

7 Film Tanpa Peran Antagonis/Penjahat, Tetap Seru dan Menghibur!

Kamis, 30 Apr 2020, 10:00 WIB
Film tanpa kehadiran penjahat? Apakah masih menghibur? Tentu saja! Simak deretan film-film berikut ini, dijamin membuka pola pikirmu!

Dalam setiap film yang kita jumpai, selalu ada yang namanya tokoh protagonis dan antagonis.

Tokoh protagonis hampir selalu digambarkan sebagai tokoh utama yang memiliki sifat baik. Nah, tokoh antagonis sendiri digambarkan sebagai sosok jahat yang selalu berkonflik dengan protagonis.

Keberadaan 2 tokoh ini seperti menyeimbangkan plot cerita mainstream pada umumnya, di mana protagonis yang baik bakal melawan antagonis yang jahat. Di sinilah sebuah film bakal dikatakan seru dan menarik buat ditonton.

Akan tetapi, apa yang terjadi kalau sebuah film tidak memiliki peran antagonis/penjahat sama sekali? Apakah masih seru dan menghibur? Tentu saja masih bisa, geng. Nggak percaya? Berikut ulasannya!

Film yang Tidak Memiliki Peran Antagonis

Ada beberapa film yang nggak memiliki peran antagonis atau penjahat sama sekali. Meskipun begitu, film-film ini tetap bagus dan menarik, bahkan memiliki pesan moral yang tinggi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut Jaka tampilkan 7 film yang tidak memiliki peran antagonis atau penjahat!

1. Bruce Almighty (2003)

1 Custom F1322

Bruce Almighty ini merupakan salah satu film Jim Carrey terbaik yang wajib buat kamu tonton. Dirilis pada tahun 2003, film ini mengisahkan Bruce (Jim Carrey), seorang reporter TV yang selalu mengalami kesialan dalam hidupnya.

Hal itu membuat ia selalu menggerutu pada Tuhan tiap saat. Tak diduga, Tuhan pun mendatangi Bruce dan menawarkan untuk bertukar posisi, sehingga Bruce bakal jadi Tuhan.

Film ini nggak memiliki karakter antagonis sama sekali. Justru sebaliknya, berkat akting kocak Jim Carrey dalam "bercosplay" menjadi Tuhan bikin kamu tertawa terpingkal-pingkal.

2. Eat Pray Love (2010)

2 Custom 20247

Masih ingat film Julia Roberts yang satu ini? Diadaptasi dari novel yang berjudul sama, film ini diambil dari 3 negara yang berbeda sesuai dengan jalan cerita novel, yakni Italia, India, dan Indonesia.

Pantas saja, film ini sempat populer karena menyelipkan bahasa Indonesia di dalamnya. Nggak hanya itu, film ini juga mengandung nilai moral dan pesan kedamaian yang tinggi banget.

Hal itu sesuai dengan inti cerita film ini yang mengutamakan kedamaian spiritual. Pantas aja nggak ada antagonis sama sekali dalam film ini.

3. While You Were Sleeping (1995)

While You Were Sleeping 461 Custom 085f8

Bagi kamu penggemar setia aktris Sandra Bullock, film ini wajib masuk ke dalam daftar filmmu. Dirilis pada tahun 1995, film ini menceritakan tentang Lucy (Sandra Bullock), seorang penjaga loket sebuah stasiun kecil.

Ia dikenal sebagai sosok wanita yang sederhana. Namun satu hal yang pasti, ia selalu menanti sosok pria tampan yang tiap hari pergi ke stasiun tersebut.

Suatu hari, pria tersebut tiba-tiba pingsan di stasiun. Lucy pun panik dan berusaha memberikan penanganan terbaiknya. Nah, dari sinilah hubungan mereka berdua mulai terjalin.

Film ini nggak punya antagonis samasekali. Malahan, film ini mengajarkan nilai kejujuran dan kekeluargaan yang sangat kental.

4. Mamma Mia! (2008)

4 Custom B7c2d

Bagi kamu yang gemar banget nonton film drama musikal terbaik, film ini harus masuk ke dalam list favoritmu.

Film ini diadaptasi dari drama musikal Mamma Mia! yang membawakan lagu-lagu hits milik kelompok musik pop ABBA. Secara garis besar, film ini mengisahkan pencarian Sophie (Amanda Seyfried) terhadap sosok yang jadi ayah biologisnya.

Pasalnya, sang Ibu, Donna (Meryl Streep) berhubungan dengan 3 pria sekaligus, menyebabkan ia nggak tahu siapa ayahnya yang sesungguhnya. Film ini nggak punya peran antagonis sama sekali. Justru sebaliknya, plot cerita di sini bikin film Mamma Mia! begitu hidup dan berwarna.

5. Forrest Gump (1996)

5 Custom Ead71

Siapa yang nggak tahu dengan film Forrest Gump? Dirilis tahun 1996, Forrest Gump jadi salah satu film inspiratif terbaik yang bisa bikin hidupmu jadi penuh semangat dan energi positif, geng.

Film ini mengisahkan seorang pria dengan IQ rendah bernama Forrest Gump. Banyak yang mengira bahwa ia nggak akan kuat menempuh beratnya kehidupan akibat keterbatasan yang ia punya.

Tapi fakta berkata lain. Ia berhasil turut serta dalam Perang Vietnam. Ia bahkan berhasil memenangkan kejuaraan ping pong dan bertemu langsung dengan Presiden Amerika.

Film ini nggak memiliki peran antagonis karena murni berfokus pada kisah hidup Forrest Gump yang menginspirasi. Pantas aja film ini berhasil memenangkan 6 piala Oscar sekaligus di tahun 1995, termasuk kategori Best Picture.

6. Big (1988)

6 Custom 34814

Dirilis pada tahun 1988, film ini juga dibintangi oleh Tom Hanks. Bedanya, kali ini Tom memerankan karakter Joshua "Josh" Baskin, seorang anak 13 tahun yang bosan jadi anak kecil. Ia ingin cepat tumbuh dewasa sehingga ia bisa melakukan apapun yang bisa dilakukan oleh orang dewasa.

Suatu hari, ia menemukan sebuah mesin permainan ajaib bernama Zoltar Speaks. Ia mengutarakan keinginannya untuk jadi dewasa dalam sekejap. Nggak disangka, sang mesin mengabulkan keinginannya tersebut dan woops, dia jadi dewasa.

Sayangnya, apa yang ia bayangkan bahwa jadi orang dewasa itu menyenangkan nggak sepenuhnya benar. Ia harus merasakan pahit manis kehidupan orang dewasa yang berat.

Memang film ini nggak menyajikan pemeran antagonis, tapi kamu bakal dibikin merenung dengan nilai-nilai kehidupan yang ada dalam film Big.

7. Rent (2005)

7 Custom 80e3d

Film yang dirilis tahun 2005 ini diadaptasi dari drama musikal berjudul sama yang sukses di Amerika. Film ini bisa dikatakan cukup underrated, padahal Rent menyajikan nilai-nilai kehidupan yang tinggi.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan orang-orang yang berada di 1 apartemen yang sama. Mereka semuanya memiliki masalah masing-masing yang cukup berat. Ada yang terkena HIV, ada yang terbelenggu dalam obat-obatan terlarang, ada pula yang menunggak biaya sewa apartemen selama berbulan-bulan.

Karena jalan ceritanya yang sarat dengan konflik serta pencarian akan jati diri, nampaknya masuk akal jika film ini nggak memiliki tokoh antagonis.

Pada akhirnya, yang menjadi protagonis dan antagonis adalah diri sendiri. Mampukah mereka melawan semua hal negatif dalam kehidupan dan membuatnya jadi cerah serta positif?

Akhir Kata

Itulah tadi 7 film yang tidak memiliki karakter antagonis atau penjahat. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

Page 3489c

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

Page Cbfcc

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

Page 63ff4

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Goblinost Custom 97734

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal