• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?

7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?

Minggu, 26 Jan 2020, 21:00 WIB
Membuat film itu memang jauh dari kata gampang, geng! Di sini Jaka akan membahas 7 film dengan proses syuting paling sulit!

Waktu Jaka pertama kali menonton film Star Wars saat kecil, Jaka sempat bingung bagaimana caranya film tersebut bisa direkam di luar angkasa, geng.

Mohon maaf sedikit tapi Jaka memang masih sangat bodoh waktu itu dan belum tahu kalau pesawat luar angkasa yang digunakan di film Star Wars itu dulu hanyalah mainan.

Tapi ini bukan berarti kalau semua film itu memiliki proses syuting yang gampang karena banyak proses syuting film yang menjadi mimpi buruk bagi krunya, geng!

7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit

Bisa dibilang, film itu mirip dengan kerja lapangan karena nggak hanya memiliki latar satu tempat saja seperti orang kantoran, geng.

Nggak sedikit film yang mengambil latar aneh seperti di bawah laut yang ditunjukkan di film Underwater yang baru saja rilis.

Latar film yang nggak mendukung itu biasanya jadi alasan utama mengapa proses syuting film menjadi sulit, geng!

Nah, di sini Jaka akan membahas beberapa film tersebut di daftar 7 film dengan proses syuting paling sulit!

1. The Abyss (1989)

The Abyss 216a6

Sutradara ternama James Cameron dikenal sebagai sosok paling menakutkan di Hollywood tapi bukan karena dia memiliki penampilan seperti pocong, geng!

Cameron mendapat julukan tersebut karena filmnya yang seringkali kelewat ambisius seperti Avatar dan ambisi gila ini juga bisa dilihat di film The Abyss.

Untuk mensimulasikan latar film yang terletak jauh di bawah laut, Cameron memutuskan untuk membuat tangki dengan kapasitas 550.000 liter air.

Semua pemeran film tersebut juga dipaksa untuk belajar menyelam karena Cameron menolak untuk menggunakan pemeran pengganti untuk adegan menyelam di film ini.

Naas, tangki tersebut bocor di hari pertama syuting dan aktris Mary Elizabeth Mastrantonio sampai mengalami mental breakdown setelah menghabiskan waktu 12 jam tiap harinya di dalam air.

2. Titanic (1997)

Titanic Cdf3a

Sesuai reputasi gila Cameron, The Abyss bukan satu-satunya film dari sutradara tersebut yang ada di sini karena film Titanic juga memiliki proses syuting yang sulit.

Untuk mewujudkan ambisinya, Cameron membuat replika kapal Titanic sepanjang 200 meter dan sebuah tangki air dengan kapasitas 64 juta liter air, geng!

Selain itu, dia juga nggak ragu membentak kru dan pemeran film yang banyak jatuh sakit karena terlalu banyak menghabiskan waktu di air membeku.

Aktris utama Kate Winslet juga melancarkan kritik pedas atas sifat perfeksionis dan temperamen Cameron yang sangat buruk di set film.

3. Jaws (1975)

Jaws Cebf5

Memang syuting film yang berkaitan dengan air itu pasti sulit karena selain dua film di atas, ada juga film hiu Jaws dari sutradara Steven Spielberg, geng.

Spielberg kukuh ingin membuat film ini di laut lepas yang ternyata membuat masalah sendiri karena yang namanya alam pasti tidak bisa ditebak.

Banyak perahu lain yang tiba-tiba muncul di adegan dan hiu buatan yang digunakan untuk produksi film sering mengalami kerusakan karena kemasukan air.

Akhirnya, hiu di film ini lebih banyak ditunjukkan siripnya saja tapi justru sirip tersebut malah berhasil membuat film ini menjadi semakin ikonik, geng!

4. Roar (1981)

Roar Cd80a

Berurusan dengan manusia saja sudah sulit apalagi kalau harus berurusan dengan binatang buas. Sayangnya, nasib itulah yang melanda film Roar, geng.

Film dari sutradara Noel Marshall yang juga bertindak sebagai aktor ini menceritakan keluarga Amerika yang tinggal di Tanzania bersama sekawanan binatang buas.

Marshall memaksa untuk syuting film ini bersama binatang asli dan bisa ditebak, niat Marshall berubah menjadi mimpi buruk untuk kru dan pemeran film.

Aktris Melanie Griffith sampai harus operasi rekonstruksi wajah setelah diserang oleh singa dan tangan Marshall sendiri langsung digigit singa, geng!

5. The Shining (1980)

The Shining A6886

Film horor adaptasi novel Stephen King ini sudah menjadi legenda di dunia film dan nggak semuanya karena alasan yang bagus, geng.

Sutradara Stanley Kubrick memang sudah memiliki reputasi sebagai sineas perfeksionis dan perilaku ini sangat terlihat di proses syuting film The Shining.

Adegan ikonik Jack Nicholson menghantam pintu dengan kapak sampai memakan waktu 3 hari dan memaksa kru film untuk membuat 60 pintu yang berbeda, geng!

Jadwal syuting yang seharusnya berjalan 100 hari membengkak sampai 250 hari dan dikabarkan aktris Shelley Duvall sampai rontok rambutnya karena stress.

6. Apocalypse Now (1979)

Apocalypse Now Cc391

Film Apocalypse Now berhasil menunjukkan kegilaan di masa perang tapi film ini juga berhasil menjadi mimpi buruk bagi krunya karena proses syuting yang sangat bermasalah.

Dua minggu setelah syuting dimulai, aktor utama Harvey Keitel dipecat dan digantikan oleh Martin Sheen dan lokasi syuting Filipina juga penuh masalah.

Kru dan pemeran film jatuh sakit karena tidak terbiasa dengan iklim tropis dan Filipina juga waktu itu banyak dilanda badai, geng!

Sheen sendiri sempat menyatakan kalau dia takut kehilangan nyawanya di proses syuting ini dan benar kejadian karena dia terkena serangan jantung di lokasi syuting.

7. The Revenant (2015)

The Revenant 4a7a3

Sekarang, keamanan selama produksi film sudah sangat dianggap serius tapi tetap saja ada film yang syutingnya 'luar biasa' seperti film The Revenant, geng.

Sutradara Alejandro Inarritu memaksa untuk melakukan produksi film di pedalaman Calgary di Kanada di mana temperaturnya berkisah di bawah 0 derajat Celsius.

Selain itu, Inarritu juga memilih untuk menggunakan cahaya alami sebanyak mungkin yang membuat jadwal syuting molor.

Aktor utama Leonardo DiCaprio juga dipaksa untuk melakukan beberapa hal gila di film ini dan dia menyatakan kalau The Revenant adalah film tersulit yang dia pernah bintangi.

Akhir Kata

Itulah, geng, 7 film dengan proses syuting paling sulit di Hollywood. Kerja kantoran memang terkadang membosankan tapi setidaknya Jaka nggak harus takut diserang singa.

Bekerja di dunia film memang kelihatan glamor dari luar tapi seperti yang ditunjukkan di atas, banyak kegilaan yang harus kalian hadapi juga, geng!

Bagaimana pendapat kalian mengenai proses syuting film di atas? Apakah membuat kalian lebih mengapresiasi filmnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 6d137

7 Aktor yang Rela Melakukan Hal Gila Demi Film, Ada yang akan Daging Mentah!

Baner Jadi Lagi 7d009

7 Aktor Hollywood yang Mengubah Total Penampilan Fisiknya Demi Film, Pangling!

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Film Sutradara Berperan Aktor Utama Banner 77247

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

Banner Jadi 7929d

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara Dengan Reputasi Terburuk Di Hollywood No 5 Sutradara Transformers 6949b

7 Sutradara dengan Reputasi Terburuk di Hollywood, No. 5 Sutradara Transformers

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal